home ×
Auto

Perbandingan MG ZS vs Honda HR-V, Desain, Dimensi dan Mesin

09 April 2020 By
Perbandingan MG ZS vs Honda HR-V, Desain, Dimensi dan Mesin
Share
Share
Share

Uzone.id - Segmen SUV kompak sebenernya masuk kategori segmen yang seru, karena para pesaingnya berlimpah dan terdiri dari berbagai merek. Gak hanya didominasi Jepang, pendatang baru dari China pun sedikit banyak punya potensi ancaman untuk menganggu.

Seperti halnya dengan kedatangan MG ZS, pabrikan Inggris rasa China yang langsung memposisikan dirinya disegmen SUV kompak dan berani bersaing langsung dengan Honda HR-V yang selama ini mendominasi.

Kedua mobil ini memang bisa dianggap sekelas. Sama-sama SUV kompak, sama-sama pakai mesin 1.500cc non turbo dan juga punya sejumlah fitur yang layak dipertimbangkan.

Baca juga: DP Cicilan Mobil Naik Setelah Marak Covid-19

Tentu kalau mau yang mainstream, Honda HR-V layak dijadikan pilihan, tapi apakah MG ZS hanya sekedar pelengkap segmen SUV kompak yang jadi pilihan kesekian untuk dipilih?

Nah, mending kalian simak 5 perbandingan kedua SUV kompak ini, MG ZS vs Honda HR-V:

Desain

Urusan desain sebenernya lebih kepada selera masing-masing. Namun, kalau mau membandingkan, desain MG ZS dan HR-V sebenernya sama-sama mengusung sebuah SUV yang menjurus ke sporty.

Tapi menurut gue, sebenernya MG ZS lebih kental nuansa elegannya ketimbang sporty dan desainnya lebih terkesan sederhana dan main aman. Sementara Honda HR-V sudah sejak dilahirkan punya DNA karakter sporti pada tampilannya.

Kalau kalian menganggap desain mobil-mobil Mazda itu indah, mungkin sedikit ekstraknya bisa kalian temukan pada MG ZS yang wajahnya mirip banget sama Mazda.

Tapi kalau mau yang lebih mainstream dan sudah teruji secara visual, Honda HR-V lah pilihannya.


Dimensi

Secara dimensi, MG ZS tampil dengan panjang 4.314 mm, memiliki lebar 1.809 mm, punya tinggi 1.624 mm, dengan ground clearance 165 mm. Sementara Honda HR-V dimensi panjang 4.294 mm, lebarnya 1.772 mm dan tingginya 1.580 mm dan ground clearence 210 mm.

Berdasarkan dimensi diatas, terlihat kalau Honda HR-V sedikit lebih kecil ukurannya, baik dari panjang, lebar sampai tingginya. So, MG ZS bakal keliatan sedikit lebih bongsor.

Menariknya, meski keduanya mengklaim sebagai sebuah SUV, MG ZS punya ground clearence yang terbilang pendek untuk sebuah SUV, padahal kedua mobil ini sudah sama-sama pakai pelek berukuran 17 inci.

Fleksibiltas terhadap berbagai medan jalan di Indonesia, diatas kertas, seharusnya HR-V bakal lebih unggul ketimbang MG ZS yang lebih rendah. Namun untuk urusan handling, bisa jadi MG ZS malah lebih stabil ketimbang HR-V.


Mesin

MG ZS dipersenjatai mesin berkode 15S4 1.498 cc 4 silinder VTi-TECH, mesin tersebut mampu memproduksi tenaga 112 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm, dan memiliki torsi sebesar 150 Nm di 4.500 rpm.

Sebuah mesin yang biasa saja, disaat banyak SUV China yang mengusung kapasitas mesin 1.500cc namun disokong turbo. MG berani menghadirkan mesin natularry aspirated.

Begitu juga dengan Honda HR-V yang mesinnya berkode L15Z1 SOHC i-VTEC berkapasitas 1.497cc yang punya tenaga sebesar 118 Hp pada 6.600 rpm dan torsinya 145 Nm pada 4.600 rpm.

Nah, dari sisi tenaga, MG ZS kalah 6 hp dari Honda HR-V, sebuah perbedaan yang terlihat tipis di atas kertas, tapi bakal berasa ketika dijalanan.

Namun untuk torsi, terlihat kalau MG ZS unggul 5 Nm ketimbang Honda HR-V. Meski begitu, karena dimensi MG ZS lebih besar, power to weight rationya kalah ketimbang HR-V dan di jalanan, tenaganya bisa setara.

(Bersambung ke bagian 2)

VIDEO Komparasi MG ZS vs Honda HR-V:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

7 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 09 August 2020 | 16:57:57

Jadi pilih yang mana nih, kerena dua-duanya memikat hati

DimasHardstyle 16 April 2020 | 11:32:52

Jelas pembeli mobil akan bingung. dikarenakan 2 Mobil ini fiturnya bagus bagus. tetapi soal harga berbeda

DHStyle 15 April 2020 | 06:00:06

kalau kayak begitu mah jadi bingung mau membeli yang mana

Miskin aman 13 April 2020 | 18:30:08

yang manapun semuanya bagus dah pokonya

Satria Kelana 13 April 2020 | 10:59:24

kalau begitu kita jadi bingung mau pilih yang mana

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article