Sponsored
Home
/
Digilife

Perempuan vs Laki-laki, Siapa Lebih Boros Saat Belanja Online?

Perempuan vs Laki-laki, Siapa Lebih Boros Saat Belanja Online?
Preview
Vina Insyani13 July 2023
Bagikan :

Uzone.id – Ada yang menarik dalam riset terbaru Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia edisi 2023 yang dibagikan oleh Kredivo kali ini, dimana konsumen laki-laki lebih banyak berbelanja online dibanding perempuan.

Total nilai transaksi laki-laki di tahun 2022 mencapai 59,5 persen dibandingkan perempuan yang menyentuh angka 40,5 persen. Hal ini sejalan dengan jumlah uang yang dihabiskan, dimana laki-laki lebih banyak mengeluarkan uang ketika berbelanja online.

Dari hasil temuan ini, konsumen laki-laki cenderung lebih banyak mengeluarkan uang ketika berbelanja online dengan menyumbang sebesar 60,5 persen terhadap total nilai transaksi di tahun 2022, sementara konsumen perempuan hanya sebesar 39,5 persen.

Sementara untuk rata-rata jumlah transaksi dan jumlah produk yang dibeli oleh konsumen laki-laki dan perempuan hampir sama, yaitu sekitar 36 dan 37 kali.

Konsumen laki-laki rata-rata mengeluarkan uang lebih besar setiap kali bertransaksi di e-commerce, yaitu Rp346.438, lebih besar dibandingkan perempuan yang menghabiskan rata-rata Rp331.814.

Ada beberapa hal yang jadi alasan kenapa laki-laki lebih boros dibanding perempuan. Pertama, faktor jenis produk yang dibeli.

Konsumen laki-laki lebih sering membeli produk yang nilainya tinggi seperti peralatan rumah tangga, gadget dan aksesorisnya, olahraga dan hobi, otomotif dan elektronik.

Sementara perempuan membeli barang-barang seperti fashion dan aksesorisnya, produk kesehatan dan kecantikan, makanan, peralatan kantor dan belajar, serta produk anak dan bayi.

Namun, dalam hal nilai atau besaran uang yang dihabiskan, beberapa produk seperti gadget, komputer, serta elektronik, rata-rata nilai transaksi konsumen perempuan lebih tinggi dibandingkan konsumen laki-laki.

Tren ini relatif konsisten dibanding tahun sebelumnya, dimana perempuan menghabiskan sekitar Rp1.626.763 sedangkan konsumen laki-laki menghabiskan sekitar Rp1.288.126 untuk kebutuhan gadget dan aksesorisnya.

Hasil riset ini juga mencatat kalau nilai transaksi di tahun 2022 antara konsumen laki-laki maupun perempuan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

populerRelated Article