icon-category Auto

Pernah Ngalamin Ban Benjol? Ternyata Hal Ini Penyebabnya

  • 02 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pernah melihat ban yang benjol? Atau pernah mengalaminya langsung? Jangan dispelekan, karena ban benjol bisa membahayakan pengendara.

Namun belum banyak yang mengetahui penyebab dari terjadinya ban benjol. Ahli Teknik PT industri Karet Deli, Joni Tanto, yang memproduksi ban Dellium, Deli Tire, dan Swallow pun mencoba menjelaskan.

Joni menyebutkan penyebab ban motor benjol karena adanya kerusakan pada struktur ban. Untuk lebih tepatnya, pada susunan benang atau biasa disebut carcass.

Menurut Joni, ban benjol terjadi karena tekanan udara yang tidak pas. Ban yang kurang tekanan udara saat terbentuk benda keras baik batu, trotoar, atau lubang di jalan akan menyebabkan dinding ban menekuk.alt-img

Dinding ban yang menekuk ini akan terjepit antara pelek dan permukaan jalan secara tiba-tiba. Permukaan yang menekuk ini membuat susunan benang di dalam ban menjadi putus.

"Ini kita namakan separation. Jadi di ban ini ada dua, benang, baru karet. Nah biasanya (ban) benjol itu di posisi itu. Jadi benang itu bergeser dan ada celah," ujar Joni di Jakarta Pusat, Selasa (1/8) kemarin.

Joni menjelaskan, benjolan di dinding ban biasanya tidak langsung muncul, terutama saat ban masih kekurangan tekanan udara.

Namun pada saat tekanan udara ban ditambah, udara akan mengisi rongga pada bagian susunan benang yang rusak. Udara tersebut pun menimbulkan benjolan pada dinding ban.

"Jadi ketika diisi angin dan panas itu menyebabkan benjol," terang Joni.

Joni juga menerangkan, ban benjol bisa disebabkan karena muatan yang berlebih. Mengingat setiap ban memiliki kapasitas maksimal beban yang bisa dibawa.

"Sebenarnya yang menyebabkan kompon dengan benang itu dari kita sendiri. Tapi kalau beban yang kita bawa sesuai, maka akan aman," ucapnya.

Menurutnya ban benjol tidak terjadi dengan mudah, apalagi hanya menghantam lubang atau jalan yang rusak. Ban benjol dapat bermula dari tekanan ban yang terlalu rendah.

"Ya kalau untuk pabrikan sih enggak berharap itu terjadi sebenarnya. Kalau tipsnya, angin sih sebenarnya, kontrol anginnya saja," tutup Joni.

Ban memang komponen yang cukup penting dalam sebuah sepeda motor. Karena ban menjadi satu-satunya komponen yang menyentuh ke permukaan tanah atau aspal, sehingga kondisinya harus tetap dijaga untuk menunjang keselamatan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini