home ×
Digilife

Pernah Ramal Pandemi Seperti Corona Akan Terjadi, Ini Saran Bill Gates

20 March 2020 By
Pernah Ramal Pandemi Seperti Corona Akan Terjadi, Ini Saran Bill Gates
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. Twitter Bill Gates)

Uzone.id -- Miliuner yang dikenal sebagai pendiri Microsoft, Bill Gates memanfaatkan forum tanya jawab online di platform Reddit untuk berbagi saran dan prediksi mengenai pandemi corona yang telah mewabah di berbagai negara. Kira-kira dia berbicara tentang apa saja, ya?

Bagi yang belum tahu, Gates diketahui telah memprediksi pandemi global seperti ini sejak beberapa tahun belakangan.

Dalam beberapa kesempatan, Gates berbicara tentang potensi pandemi seperti ini. Bahkan ada video TED Talk Gates dari tahun 2015 yang diberi judul “The next outbreak? We’re not ready” dan telah dibagikan oleh netizen di media sosial.

Melalui forum Reddit, Gates mendorong orang-orang yang bisa bekerja dari rumah, sebaiknya mengikuti imbauan agar berdiam diri di rumah. Dia juga menyinggung soal social-distancing, istilah yang belakangan kerap digaungkan di mana-mana agar orang-orang menjaga jarak sosial untuk pencegahan infeksi COVID-19.

Baca juga: Presiden China Ucapkan Terima Kasih ke Bill Gates

“Metode social-distancing diketahui bisa bermanfaat dengan baik,” ujar Gates.

Nama yang begitu melegenda di industri teknologi, Gates juga memiliki perhatian khusus dan kontribusi nyata di bidang edukasi dan kesehatan melalui yayasan miliknya, Bill & Melinda Gates Foundation.

Tak heran jika Gates mengimbau pemerintah agar segera mengelola upaya untuk cek massal untuk menghindari wabah yang semakin lama.

“Di Amerika Serikat juga belum digelar pengecekan massal. Saya harap dalam beberapa pekan ke depan pemerintah bisa mengatasi ini, minimal memiliki situs yang bisa membantu netizen mencari layanan uji coba yang datang ke rumah dan kios-kios yang menyediakan ini. Banyak hal yang membingungkan saat ini,” lanjut Gates.

Selain itu, Gates tetap mengerti bahwa penerapan di tiap negara bisa berbeda-beda. 

“Pencegahan ini bisa macam-macam tergantung negaranya. Kasus di China sekarang tinggal sedikit karena mereka menjalankan tes massal dan menutup banyak kegiatan, hal ini efektif. Jika negara bisa menjalankan semua metode pencegahan dengan baik, dalam kurun 6 sampai 10 pekan kemudian bisa menekan jumlah kasus,” lanjutnya.

Baca juga: Bill Gates Mundur dari Microsoft, Apa Alasannya?

Selebihnya, Gates berbicara tentang teknis dalam mengembangkan vaksin untuk menyembuhkan virus ini. Dari penjelasannya, ada 6 pendekatan yang digunakan, dan bagi Gates, sektor kesehatan bakal butuh pembangunan banyak manufaktur demi mencoba keenam pendekatan tersebut, karena pasti ada yang gagal.

“Kita semua membutuhkan miliaran vaksin untuk melindungi dunia, vaksin sendiri butuh uji coba agar tahu sifatnya aman dan efektif. Vaksin pertama akan diberikan untuk pekerja kesehatan dan hal ini bisa tercapai sebelum 18 bulan jika semuanya berjalan dengan baik,” tutup Gates.

Seperti yang diketahui, yayasan Bill & Melinda Gates Foundation telah menyumbang USD 100 juta demi mendukung penanggulangan pandemi corona. Tak lama, yayasan filantropi ini kemudian menambah jumlah donasi sebanyak USD 5 juta untuk membantu pemerintah Amerika Serikat dalam menghadapi krisis ini.v

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DHStyle 15 April 2020 | 10:50:15

selalu stay home. jangan keluyuran yaa. jaga kesehatan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article