icon-category Auto

Persiapan Arus Balik, Lakukan Ini Buat Kendaraan Kalian

  • 05 May 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Berkaca dari arus mudik minggu lalu, dimana jalur mudik semuanya padat, maka jelang arus balik kita tentunya perlu persiapan matang juga sebelum memutuskan pulang ke rumah.

    Ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan:

    Ketahui informasi mengenai kebijakan rute perjalanan

    Adanya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dikhususkan untuk menghindari kemacetan total di jalanan, seperti adanya jadwal ganjil genap, pemberlakuan satu arah, hingga mengadakan jalur alternatif. 

    Pastikan kembali kebijakan arus mudik yang berlaku, kenali kondisi jalan yang akan dilalui, ketahui lokasi pengisian bahan bakar dan juga tempat peristirahatan yang akan dilalui.

    Posisi pos siaga dan bengkel siaga serta terakhir yang terpenting adalah pastikan berkendara dengan aman dengan jaga jarak dan mentaati rambu lalu lintas.

    BACA JUGA: Tinggalkan Motor saat Mudik, Ini 6 Tips Aman dari Karat Hingga Kebakaran

    Persiapkan surat-surat penting & peralatan darurat

    SIM, STNK, dan KTP adalah tiga surat penting yang wajib dibawa saat berkendara. Adapun kelengkapan surat-surat ini membuktikan legalitas administratif diri dan kendaraan, serta bukti bahwa pengemudi sudah memenuhi syarat untuk mengendarai mobil atau motor yang digunakan saat mudik. 

    Selain itu lengkapi juga kendaraan Anda dengan peralatan darurat seperti tool kit, ban cadangan untuk pengguna mobil, jas hujan dan helm SNI untuk pengguna motor.

    Perhatikan kondisi kendaraan

    Sebelum memutuskan untuk mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan berfungsi normal. Seperti rem, wiper, lampu, hingga ban.

    Selanjutnya, sebagai pengguna kendaraan juga wajib untuk menjaga muatan baik untuk jumlah orang maupun barang yang akan dibawa.

    Sehingga selain dapat membuat nyaman saat perjalanan, hal tersebut juga tentunya dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

    BACA JUGA: Mobil Ditinggal Lama Mudik, Simak 8 Tips Biar Tetap 'Kinclong'

    Perhatikan kondisi fisik

    Tubuh fit dan prima juga tidak boleh diabaikan saat ingin berkendara apalagi dengan jarak yang jauh dan waktu tempuh yang lama. Jangan memaksakan diri apabila dirasa mengantuk ataupun lelah.

    Istirahat terlebih dahulu di tempat peristirahatan demi keamanan diri sendiri dan juga pengemudi lainnya.

    Selain itu, meskipun kini yang diperbolehkan mudik sudah melakukan vaksin booster Covid-19, kita masih tetap wajib untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, hingga mengurangi kontak fisik.

    Simpan nomor telepon darurat

    Perlu diingat bahwa yang namanya risiko akan selalu ada tanpa bisa diduga seperti ban kempes, mobil mogok, kehabisan bahan bakar saat di jalan, kunci mobil tertinggal di dalam mobil, hingga kecelakaan.

    Simpanlah nomor telpon yang dapat membantu di saat darurat tersebut seperti nomor telepon polisi, nomor telepon jasa jalan tol atau nomor telepon layanan darurat untuk jalan yang dilalui.

    Selain itu, alangkah lebih baiknya perjalanan mudik ini dilengkapi dengan asuransi perlindungan kendaraan yang dapat diandalkan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini