Gadget

Pertimbangkan Ini Sebelum Beli Redmi 9T

  • 04 March 2021
  • Bagikan :

    Redmi 9T (Foto: Uzone.id)

    Uzone.id - Hingga saat ini, banyak yang masih keliru seputar Xiaomi dengan Redmi. Perlu kamu tahu nih, Redmi merupakan sebuah sub-brand milik Xiaomi. Meski begitu, Redmi berdiri sendiri dari Xiaomi.

    Adapun, brand Redmi pertama kali diumumkan pada bulan Juli 2013. Lantas, Redmi menjadi sebuah sub-brand terpisah pada tanggal 10 Januari 2019.

    Saat itu, Redmi memisahkan diri agar lebih fokus dalam klasifikasi produknya. Jadi Redmi memang berfokus pada segmen smartphone kelas menengah ke bawah, sedangkan Xiaomi mulai difokuskan untuk memproduksi smartphone kelas menengah ke atas.

    Selain itu, pemecahan sub brand itu sendiri memiliki alasan bahwa jenis Redmi sudah mampu dikembangkan dengan mandiri.

    Baca juga: Adu Spesifikasi Redmi 9 dan Redmi 9 T

    Sejak awal, ponsel Redmi diketahui menggunakan sistem operasi Android berbasis MIUI. Seri ini sebelumnya bernama HongMi. Model yang termasuk seri ini adalah Redmi 1, Redmi 1S, Redmi Note dan Redmi 2, kemudian Redmi 2 Prime, Redmi Note 2 dan 3.

    Adapun, ponsel Redmi telah dijual di China, Hong Kong, Taiwan, Singapura, India, Malaysia dan Indonesia.

    Perbedaan paling mendasar dari smartphone Xiaomi standar adalah harga komponennya yang lebih murah dan lebih terjangkau konsumen. Bagaimanapun, Redmi 1S dan Redmi Note (edisi 4G) sama-sama menggunakan chipset kelas menengah berseri Snapdragon 400.

    Pada 8 Januari 2021, Redmi meluncurkan versi baru dari smarphone nya yakni 9T. Smartphone Redmi 9T sendiri sudah tersedia di Eropa. Sebagai informasi, smartphone Redmi 9T dijual mulai dari 159 euro atau setara Rp2,7 juta) untuk model 4/64GB dan naik menjadi 189 euro atau  setara Rp3,2 juta untuk model 4/128GB.

    Sebelum mendarat di tanah air, Xiaomi mengumumkan Redmi 9T bersamaan dengan Redmi Note 9T 5G yang dirilis untuk pasar global di Januari 2021 lalu. Seperti biasa, ponsel ini hadir dengan harga yang sangat kompetitif.

    Pada 22 Februari 2021 lalu, Xiaomi akhirnya mengumumkan perilisan smartphone Redmi 9T ini di Indonesia. Saat pengumuman peluncuran di Indonesia, Xiaomi menyebut smartphone Redmi 9T sebagai Jawaranya Baterai Jumbo atau berukuran besar. Sebutan ini disematkan sebab smartphone Redmi 9T saat hadir dengan kapasitas daya sebesar 6000 mAh.

    Adapun, kehadiran smartphone Redmi 9T menyempurnakan keluarga Redmi 9 yang sangat diminati di kelas entry level dan bahkan menjadi salah satu backbone penjualan Xiaomi di Indonesia Untuk series ini, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menyebut tidak ada arti khusus dalam Huruf T. Huruf T adalah sebutan Xiaomi untuk “facelift” atau upgrade minim dan bukan upgrade yang besar.

    Baca juga: Redmi 9T Rilis di Indonesia, Harga Mulai Rp1,99 Juta

    “Redmi 9T menghadirkan sejumlah peningkatan dalam hal gaya, kamera, performa, dan pengalaman, untuk menjadi jawara yang baru untuk kelas entry-level," ujar Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse beberapa waktu lalu.

    Redmi 9T ini diketahui menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi MIUI 12. Namun sayang, smartphone Redmi 9T versi Indonesia tidak memiliki teknologi NFC (Near Field Communication) seperti varian global. NFC biasanya digunakan untuk pembayaran transaksi digital dengan kartu seperti mengecek saldo e-toll atau Commuter Line (KRL).

    Xiaomi memiliki beberapa pertimbangan jika menghadirkan fitur NFC ke smartphone Redmi 9T. Namun alasan paling utama yang disebutkan adalah harga.

    ”Kami menganggap NFC lebih cocok untuk ponsel kelas menengah. Jika diberikan ke smartphone entry-level, maka harganya akan mahal. Selain itu, NFC juga bukan fitur penting bagi pengguna ponsel entry level,” jelas Alvin.

    Lebih lanjut, smartphone Redmi 9T memiliki dua speaker yang terletak di bagian atas dan bawah ponsel. Xiaomi diketahui sudah membekali smartphone Redmi 9T dengan fitur fast charging 18W.

    Namun, dalam paket penjualan, charger yang disertakan pada smartphone Redmi 9T sudah mendukung fast charging 22,5W. Konektor USB-C terpatri di sisi bawah smartphone Redmi 9T untuk mengisi daya. Smartphone Redmi 9T dilengkapi dengan beberapa fitur lain yakni jack audio 3,5mm, IR Blaster.

    Selain itu, smartphone Redmi 9T juga didukung 18W fast charging dan reverse wired charging, dikutip Gadgets NDTV. Di sisi chipset, kinerja smartphone Redmi 9T didukung Qualcomm Snapdragon dengan RAM 4GB dan 6GB. Sedangkan di internal storage pada smartphone Redmi 9T terdapat dua pilihan 64GB serta 128GB, ada tambahan slot MicroSD yang bisa diisi hingga 512GB.

    Spesifikasi lainnya ada konektivitas 4G LTe, Wi-fi, Bluetooth 5.0, GPS/A-GPS, FM radio, IR blaster, dan NFC. Selain itu juga terdapat USB Type-C dan 3,5mm headphone jack.

    Redmi 9T memiliki layar berbentang 6,53 inci dengan resolusi full HD Plus yang turut dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Di bagian atas smartphone Redmi 9T terdapat poni mungil sebagai rumah kamera depan beresolusi 8MP (f/2.0). Sementara di bagian belakang smartphone Redmi 9T ada empat kamera. Kamera utamanya beresolusi 48 MP (f/1.8), kamera wide 8MP, kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

    Dengan spesifikasi kamera yang besar tersebut, smartphone Redmi 9T bagus dalam hal pengambilan gambar dari kamera depan maupun belakang. Jika menimbang dengan harga 2 juta kamu dapat mendapatkan itu semua, tidak salahnya memasukan Redmi 9T kedalam list kamu.

    Untuk sektor dapur pacu, smartphone Redmi 9T ditenagai chipset Snapdragon 662. Ada dua opsi memori yang tersedia pada smartphone Redmi 9T yakni RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, serta RAM 6 GB dan internal 128 GB. Kapasitas penyimpanan internal pada smartphone Redmi 9T  ini bisa diperluas hingga 512 GB melalui microSD.

    Sebagai smartphone yang lebih umum digunakan, Redmi 9T tidak akan membuat kamu memainkan semua gim seluler terbaru pada pengaturan maksimal. Namun, Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 dan baterai 6000 mAh pada smartphone Redmi 9T akan membantu kamu melalui banyak gim paling populer, Jadi kamu tidak akan ketinggalan dengan gim terbaru.

    Dalam melakukan percobaan dengan salah satu gim kompetitif terpopuler saat ini, League of Legends Wild Rift. Game ini berjalan dengan sangat baik pada pengaturan Medium, tidak pernah turun kinerja bahkan selama pertarungan tim yang paling sembrono. Hal yang sama tidak dapat dikatakan pada setelan Tinggi, karena game akan mulai mengalami pelambatan, dengan smartphone juga memanas.

    Lalu melakukan percobaan dengan gim yang lain, seperti PUBG Mobile serta Call of Duty Mobile, namun hasilnya sama tidak ada penurunan kinerja pada smartphone Redmi 9T. Jadi, sepertinya smartphone Redmi 9T ini tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan ponsel gaming khusus mana pun.

    Pikirkan kemampuan untuk memainkan semua game favorit kamu sebagai fitur sampingan yang luar biasa dalam rangkaian opsi jack-of-all-trade pada smartphone Redmi 9T.

    Namun, baterai smartphone Redmi 9T benar-benar bersinar dalam sesi permainan, karena baterai hanya turun sekitar 10 persen setelah sesi Wild Rift 40 menit.

    Salah satu masalah besar dengan smartphone adalah kecenderungan untuk tampil dewasa. Banyak smartphone yang hampir tidak menyukai warna-warna yang cenderung cerah, karena takut hal itu akan berdampak buruk pada produk mereka. Smartphone Redmi 9T tidak menghindar dari warna-warna cerah, melainkan merangkulnya.

    Smartphone Redmi 9T menghadirkan empat pilihan warna yaitu Carbon Gray, Twilight Blue, Sunrise Orange dan Ocean Green. Saat diluncurkan lalu, smartphone Redmi 9T dijual dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan dan memiliki tiga pilihan RAM dan ROM.

    Smartphone Redmi 9T dijual dengan harga normal Rp 1.999.000 untuk varian RAM 4 GB/64 GB dan Rp 2.399.000 untuk varian 6 GB/128 GB. Sementara untuk harga perkenalan online, smartphone Redmi 9T dijual dengan harga Rp 1.899.000 untuk varian 4 GB/64 GB dan Rp 2.299.000 untuk varian 6 GB/128 GB.

    Redmi 9T

     

    Saat pertama kali diluncurkan secara global pada bulan Januari lalu, smartphone Redmi 9T hadir dengan varian warna Carbon Gray, Twilight Blue, Sunrise Orange, Ocean Green. Namun di Indonesia, smartphone Redmi 9T diluncurkan dengan hanya tiga varian warna, yakni Carbon Gray, Twilight Blue, serta Ocean Green.

    Menurut Alvin, dihapusnya varian warna Sunrise Orange ini agar para konsumen di Indonesia tidak bingung dalam memilih warna. Berdasarkan riset internal Xiaomi, 50 persen konsumen justru menyukai opsi warna hitam.

    "Faktanya, 50 persen konsumen lebih menyukai warna hitam. Sementara 30 persen menyukai warna biru dan 20 persen menyukai warna hijau. Tapi, kami terbuka jika Mi Fans menginginkan warna lain, akan kami sediakan," terang Alvin.

    Satu hal yang benar-benar perlu dipuji dari smartphone Redmi 9T adalah seberapa banyak yang dibuat untuk bertahan di malam hari. Bagian belakang smartphone Redmi 9T tahan noda dan anti percikan berkat lapisan khusus, yang berarti lebih dari cukup untuk menahan pelanggaran sesekali. Selain itu, warna-warna cerah tidak dalam bahaya memudar dengan penggunaan yang lama, yang merupakan nilai tambah.

    Tentu saja, hanya karena bagus untuk keluar malam, bukan berarti tidak bagus untuk malam hari. Smartphone Redmi 9T ini memiliki layar FHD 6,533, lengkap dengan rasio layar-ke-tubuh 83,4 persen.

    Ini sangat bagus untuk menonton acara favorit kamu di tempat tidur, terutama saat hari Sabtu dan Minggu yang merupakan hari malas karena kamu tidak perlu khawatir melakukan apapun pada hari itu. Kamu dapat menghabiskan waktu dengan menonton dan bermain gim.

    Selain itu, layar pada smartphone Redmi 9T telah mendukung resolusi 1080 x 2340, yang sangat bagus untuk ponsel sebesar ini. Gambar terlihat sangat tajam dan jelas, dan ukuran smartphone Redmi 9T yang lebih kecil berarti kamu tidak perlu khawatir tentang penglihatanmu akan rusak selama menonton berbagai film yang bagus.

    Berat pada smartphone Redmi 9T diketahui hanya 198g, yang sangat bagus untuk menonton saat malas di tempat tidur. Perlu diingat, Tidak semua smartphone yang hadir sekarang menawarkan anggaran yang disukai secara universal seperti smartphone Redmi 9T.

    Ada nilai dalam memenuhi kebutuhan dan minat tertentu, seperti tren baterai jumbo saat ini, sambil tetap berpegang pada anggaran yang ketat. Plus, selain spesifikasinya, Redmi 9T berhasil menghadirkan pengalaman smartphone modern yang lengkap dan kompeten.

    Itulah pembahasan seputar smartphone Redmi 9T yang baru dirilis beberapa waktu lalu di tahun 2021 ini. Jadi, apakah kamu tertarik membelinya?

    VIDEO UNBOXING REDMI 9T: