home ×
Digilife

Perusahaan di Indonesia Mulai Melek Keamanan Siber

16 July 2020 By
Perusahaan di Indonesia Mulai Melek Keamanan Siber
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai sadar dan melakukan respons cepat terhadap serangan siber yang kian menjamur. Hal itu sejalan dengan hasil studi dari Palo Alto Networks.

Pemimpin di bidang keamanan siber global itu telah mengumumkan hasil studi terbaru yang mengkaji perilaku dunia bisnis di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Singapura, Filipina, dan Thailand, terhadap keamanan siber.

Dari hasil survei yang dilaksanakan pada awal Februari 2020, sebelum pandemi COVID-19 tereskalasi secara global ini, terlihat adanya konsistensi kenaikan nilai investasi keamanan siber di negara-negara yang menjadi subjek penelitian.

Baca juga: Google Cloud Punya Sistem Keamanan Baru, Bisa Multi-cloud

Indonesia menjadi negara dengan jumlah nilai investasi terbesar di antara negara-negara lainnya yang disurvei.

Meski telah melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan keamanan siber, hampir setengah (44 persen) dari perusahaan yang disurvei mengatakan mereka tetap merasa tidak yakin apakah investasi mereka telah memberikan proteksi yang diperlukan.

Melihat banyaknya upaya pembobolan dan serangan siber yang terjadi di Indonesia pada 2018 dan 2019, tidak mengejutkan apabila temuan dari survei menunjukkan empat dari lima perusahaan (84 persen) menyatakan telah meningkatkan anggaran mereka untuk keamanan siber pada kurun waktu tersebut (sebelum terjadinya pandemi COVID-19).

Persentase tersebut (84 persen) menjadi yang terbesar di antara negara-negara lain yang di survei.

Baca juga: Selama Pandemi, Minat Anak-anak Main Game di Komputer Turun

Faktanya, 44 persen perusahaan yang disurvei menyatakan bahwa mereka telah mendedikasikan lebih dari setengah anggaran TI mereka untuk keamanan siber sebagai bentuk respons atas meningkatnya volume maupun kecanggihan serangan siber.

Fakta ini mencerminkan adanya peningkatan kesadaran perusahaan-perusahaan terhadap perpetaan ancaman keamanan siber di kawasan regional.

“Sangat antusias melihat makin tingginya kesadaran perusahaan-perusahaan di Indonesia terhadap keamanan siber. Mereka makin sadar pentingnya mencegah dan menggagalkan serangan siber yang berpotensi mengganggu bisnis, seperti yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Surung Sinamo, country manager, Indonesia, Palo Alto Networks.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 16 July 2020 | 07:51:06

apaan mulai melek dalam keadaan begini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id