home ×
Digilife

Selama Pandemi, Minat Anak-anak Main Game di Komputer Turun

14 July 2020 By
Selama Pandemi, Minat Anak-anak Main Game di Komputer Turun
Share
Share
Share

Uzone.id - Masa pandemi ternyata juga telah memengaruhi kebiasaan anak-anak secara online. Penelitian Kaspersky menunjukan penurunan minat anak-anak terhadap game di komputer selama lima bulan terakhir.

Walaupun minat terhadap permainan game di komputer menurun, ternyata beralih ke cara yang signifikan anak-anak di Indonesia selama periode Januari hingga Mei ini, yaitu komunikasi di internet.

Baca juga: Serangan DDos Meningkat di Tahun 2020

Ini didasarkan pada data anonim yang dikumpulkan oleh Kaspersky Security Network (KSN) dari pengguna Kaspersky Safe Kids di platform Windows dan macOS di Indonesia.

2020

Indonesia

Jan

Feb

Mar

Apr

May

Internet Communication Media

21.94%

31.55%

27.59%

17.77%

22.74%



Kategori media komunikasi di Internet yaitu mencakup percakapan online dan situs web yang mempromosikan, mendistribusikan, dan mendukung aplikasi untuk bertukar pesan instan (komunikasi waktu nyata), forum dan blog, jejaring sosial, layanan kencan online, serta web mail: halaman otorisasi layanan email dan halaman kotak surat yang berisi e-mail dan data terkait (misalnya, kontak pribadi).

Kategori ini tidak termasuk halaman lain dari situs web penyedia layanan email.

Dapat dicatat bahwa ketika mayoritas persekolahan di Indonesia kini beralih menggunakan pendidikan online, komunikasi melalui platform media sosial juga digunakan untuk tujuan pendidikan.

Baca juga: Kaspersky Ingin Garap Sistem Keamanan di Mobil

“Pandemi saat ini menunjukkan bahwa terdapat banyak peluang yang dimiliki oleh internet, yang juga memungkinkan kita untuk melanjutkan kehidupan serta pekerjaan dengan nyaman di rumah kita,” tulis Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

Dari data Kaspersky terjadi kenaikan signifikan secara presentase untuk komunikasi di media sosial ini di kalangan anak-anak di Indonesia.

Dengan sebanyak 91 persen dari pengguna internet di Indonesia adalah anak-anak terutama berusia 15-19, sangat penting bagi orang tua untuk membimbing dengan serius, mulai dari usia muda, tentang bagaimana mereka dapat belajar, berkomunikasi, dan bersenang-senang di platform online dengan aman.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Dwi Erna Astutik Erna 15 July 2020 | 00:26:33

dikomputer turun tapi di smart phone full klo diijinin

firnanda dyo 14 July 2020 | 20:10:38

tapi bukan berarti tidak ada komentar link ke posting ini siapa ya

Meri 14 July 2020 | 18:25:10

mungkin udah pada bosen disamping itu kan emang dalam pengawasan orangtua dirumah

oki puntoro 14 July 2020 | 14:43:26

bukanya malahan naik ya kalo lagi sekarnng

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id