icon-category Auto

Pesaing Baru Wuling EV Resmi meluncur, Harga Rp70 Jutaan

  • 05 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    BAW Yunbao (Foto: BAW)

    Uzone.id - Satu lagi pesaing Wuling EV (nama mobil listrik mini untuk pasar Indonesia) telah meluncur di China. BAW Yuanbao namanya, dengan dimensi yang terlihat mirip dengan beberapa mobil listrik mini yang sudah meluncur lebih dulu.

    BAW Yunbao rupanya berusaha keras untuk meniru para kompetitornya, seperti Wuling Hongguang Mini EV, Cherry QQ Ice Cream dan Dongfeng (DFSK) FengGuang Mini EV.

    Selain itu, warna-warna cerah yang dibawa mobil listrik ini berusaha memikat pembeli wanita yang memang target utama untuk segmen mobil ini.

    BACA JUGA: Polisi Kini 'Dipersenjatai' Ponsel untuk Tilang Pelanggar Lalu Lintas

    BAW Yunbao (Foto: BAW)

    Car News China melaporkan bahwa nama Yuanbao mewakili jenis batangan emas dan perak yang dipakai di kekaisaran China, untuk melambangkan kekayaan dan kekuatan.

    BAW Yunbao memiliki dimensi panjang 3.162 mm x lebar 1.498 mm x tinggi 1.585 mm, dengan jarak sumbu roda 2.050 mm.

    Kemudian terdapat layar ganda 10,25 inci dalam satu panel, fitur kamera 360 derajat, sensor parkir, ABS dan hill-start assist. Untuk fitur airbag cuma diberikan untuk varian tertinggi.

    BACA JUGA: Ada Mobil Listrik Mini DFSK dan K-Upgrade, Apa Kata Wuling?

    Mobil ini memang kecil, namun menyediakan kursi untuk 4 penumpang dewasa.

    BAW Yunbao mendapat motor listrik yang dipasang di belakang dengan tenaga 27 hp dan torsi 85 Nm, yang memungkinkan meraih kecepatan tertinggi 100 km/jam.

    Ada dua varian yang menawarkan baterai kapasitas 9,6 kWh dan 13,6 kWh. Masing-masing bisa menjangkau 120 km dan 170 km.

    BAW Yunbao (Foto: BAW)

    Selain model tiga pintu, BAW juga akan meluncurkan varian Yunbao lima pintu dengan bodi lebih panjang.

    Dulunya, BAW (Beijing Auto Works) merupakan anak perusahaan BAIC (Beijing Auto Industry Corporation), namun sekarang menjadi merek yang berdiri sendiri.

    Di China, BAW Yuanbao dibanderol antara 33.900 hingga 49.900 yuan atau sekitar Rp76 jutaan hingga Rp112 jutaan (kurs Rp2.243 per 1 yuan). Harga tersebut sangat mirip dengan kompetitornya.

    Pesaing Wuling EV di Indonesia

    Untuk pasar Indonesia sendiri sudah mulai diramaikan kemunculan mobil EV berukuran mini. Wuling sudah bersiap-siap meluncurkan Wuling EV, yang mengambil platform GSEV, tahun ini.

    Meskipun, pihak Wuling belum mengumumkan secara resmi mengenai waktu peluncuran Wuling EV.

    Brian Gomgon, Public Relations Manager PT SGMW Motor Indonesia, juga tak mengiyakan ketika ditanya Uzone.id bahwa kemungkinan Wuling EV resmi meluncur di GIIAS 2022.

    "Pokoknya tahun ini (Wuling EV meluncur di Indonesia)," kata Brian di acara Coaching Clinic II yang melibatkan Wuling dan Komunitas Fotografer TelkomGroup (KFT).

    Belum juga diluncurkan, Wuling EV sudah mendapat rival yang cukup sepadan. PT Kurnia telah mendatangkan mini EV bernama K-Upgrade dengan harga Rp75 juta per unit.

    K-Upgrade yang fasia depan mirip model Range Rover itu sudah bisa dipesan dengan inden maksimal 180 hari kerja.

    Selain itu, DFSK juga sudah melakukan uji coba mini EV-nya di jalanan Indonesia. Gambar hasil spy shot yang beredar di media sosial mirip dengan DFSK FenGuang Mini EV yang sudah dijual di China.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini