icon-category Gadget

Pilihan Smart TV Murah dari Rp1 Jutaan untuk Siaran TV Digital, Tanpa STB!

Sumber foto: Fierce Video

Uzone.id - Per hari ini (2/11), siaran TV analog akan dihentikan secara bertahap. Berikutnya, masyarakat Indonesia hanya bisa nonton siaran TV digital saja, tentunya menggunakan perangkat yang bisa menangkap sinyal digital.

Ada dua opsi memang untuk bisa menonton siaran TV digital, menggunakan TV model lama tapi dengan tambahan Set Top Box (STB) atau smart TV tanpa perlu memasang STB. 

Biar agak mudah pemasangan dan pengoperasiannya, kami saranin kalian buat menggunakan smart TV saja. Saat ini ada banyak pilihan smart TV harga murah yang bisa menangkap siaran TV digital tanpa harus memasang STB, lantaran perangkat tersebut sudah dibekali fitur DVB-T2.

Nah, berikut tim Uzone.id rangkumkan 10 pilihan smart TV murah untuk nonton siaran TV digital tanpa STB.

Baca juga: Hitung Mundur ASO, Ini Syarat dan Cara Dapatkan STB Gratis

Coocaa 32S3U

Coocaa 32S3U dibanderol dengan harga cuma Rp1,6 jutaan. Smart TV ini punya layar berukuran 32 inci dengan resolusi HD atau 1.366 x 768 piksel). 

Tentunya, smart TV tersebut sudah dibekali dengan DVB-T2 atau digital TV receiver di dalamnya. Seperti TV pintar pada umumnya, kalian pun bisa menghubungkan TV ini ke jaringan WiFi untuk memutar YouTube, install aplikasi via Coocaa Apps Store atau mengakses internet via browser bawaan.

Coocaa 32S7G

Masih dari Coocaa nih gaes, sekarang giliran tipe 32S7G yang dijual dengan harga Rp2 juta di toko online Indonesia. Smart TV ini sudah berjalan di OS Android, tepatnya Android 11.

Bisa juga terhubung ke koneksi WiFi, jadinya kalian bisa nonton YouTube atau sekadar streaming film lewat aplikasi yang mendukung.

Layarnya pun tergolong luas, 32 inci dengan resolusi HD. Pun demikian dengan dukungan DVB-T2 untuk menangkap sinyal TV digital dengan baik.

Baca juga: Siaran TV Analog Disuntik Mati, Apa yang Harus Dipersiapkan?

CHiQ Smart TV G7P

Masih smart TV dengan bentangan layar 32 inci, yakni CHiQ Smart TV G7P. Smart TV ini sudah berjalan di OS Android 11, dan dijual dengan harga Rp1,8 jutaan saja di toko online.

Walau resolusi HD saja, namun smart TV murah ini membawa beberapa fitur unggulan, termasuk koneksi WiFi dan akses langsung ke Google Play Store. Jadi, kalian bisa install aplikasi apapun ke smart TV dengan mudah.

Juga, sudah terpasang aplikasi YouTube dan Netflix langsung. Namun yang terpenting, CHiQ Smart TV G7P disematkan DVB-T2 untuk menayangkan siaran TV digital.

Changhong L32G7N

Changhong L32G7N punya spesifikasi yang mirip-mirip smart TV murah dengan layar 32 inci lainnya. Smart TV tersebut telah berjalan di sistem operasi Android 11 dan dapat terhubung dengan mudah ke internet via koneksi WiFi.

Ada beberapa fitur, seperti dukungan Google Assistant untuk memberikan perintah berbasis suara, sudah mendukung Chromecast juga, bisa terhubung via kabel LAN untuk internet yang lebih stabil, dan pastinya DVB-T2 untuk siaran TV digital.

Soal harga, Changhong L32G7N dijual di toko online dengan harga Rp1,8 jutaan saja. Tertarik?

Baca juga: Jelang Kematian TV Analog, Set Top Box Bakal Langka Seperti Minyak?

Samsung T4500

Giliran Samsung yang punya jagoan di segmen smart TV murah untuk siaran TV digital. Adalah Samsung T4500 yang dijual Rp2,5 jutaan doang.

Beda dari lainnya, smart TV Samsung ini menjalankan sistem operasi Tizen rancangan Samsung sendiri. Tapi tenang, nonton YouTube ataupun Netflix tetap dimungkinkan kok.

Dengan dukungan DVB-T2, jangan khawatir saat tak ada koneksi internet WiFi. Tinggal pindai saja siaran TV digital langsung di perangkat ini, lalu tonton tayangan favorit dengan gambar dan suara yang jernih.

Xiaomi TV A2 32”

Kalau Xiaomi TV A2 dengan layar 43 inci dan 55 inci terasa mahal, ada pilihan lebih murah lainnya dengan layar 32 inci. XIaomi TV A2 32 inci dijual dengan harga Rp2,3 jutaan saja, dan pastinya sudah didukung oleh fitur DVB-T2 yang membuatnya dapat menyiarkan acara TV digital.

Xiaomi TV A2 dengan layar 32 inci sudah berjalan di atas Android TV versi 11. Aplikasi streaming bawaan sudah disematkan di sini, seperti Netflix, Amazon Prime Video, YouTube dan lain sebagainya. Pengguna pun bebas download aplikasi di Google Play Store.

Xiaomi TV A2 32 inci juga mendukung Chromecast built-in dan Miracast, sehingga pengguna bisa menampilkan konten dari smartphone, tablet atau laptop mereka ke TV secara nirkabel.

Baca juga: Kiamat TV Analog Harus Terlaksana, Apa Sih Manfaatnya?

Aqua LE32AQT66006

Dengan harga mulai Rp2,3 jutaan saja, kalian sudah bisa mendapatkan smart TV canggih dengan kualitas visual yang oke. Aqua LE32AQT66006 punya layar 32 inci beresolusi HD, serta dikelilingi oleh bezel yang cukup tipis di kelasnya.

Sistem operasinya juga sudah Android dengan dukungan Google Play Store dan Chromecast built-in. Malah, kalian juga bisa mengoperasikannya melalui perintah suara berkat dukungan Google Assistant.

Sudah pasti, smart TV dengan DVB-T2 ini memungkinkan kalian nonton acara TV digital dengan kualitas visual yang lebih cakep.

Polytron 32AG9953

Pilihan smart TV digital murah yang lainnya ada dari Polytron dengan nomor model 32AG9953 yang dijual dengan harga mulai Rp2,3 jutaan saja. TV dengan ukuran layar 32 inci ini sudah berjalankan OS Mola TV berbasis Android TV.

Beberapa aplikasi bawaan turut dihadirkan, tak terkecuali YouTube hingga Netflix. Tenang, kalian masih bisa download aplikasi lainnya melalui Google Play Store kok, terlebih menggunakan jaringan internet WiFi dan LAN yang sudah didukungnya.

Polytron 32AG9953 juga telah mendukung DVB-T2, sehingga smart TV murah ini bisa menayangkan siaran TV digital tanpa perlu STB.

Baca juga: 25 Juta Orang Indonesia Move On ke TV Buat Nonton YouTube

LG 32LM635BPTB

Brand asal Korea Selatan selain Samsung, LG juga turut menjual smart TV murah di harga Rp2,6 jutaan, yaitu LG 32LM635BPTB. Soal kualitas jangan ditanya deh, apalagi visualnya yang menakjubkan.

Walau ukuran layarnya 32 inci, namun smart TV ini menawarkan teknologi Dynamic Color Enhancer untuk memberikan gambar dengan warna dan detail lebih jernih dan natural.

Sistem operasinya sendiri Web OS 4.0 dengan beberapa aplikasi bawaan, seperti YouTube, Netflix, hingga Disney+ Hotstar. Juga, kalian bisa nonton siaran TV digital berkat dukungan DVB-T2 yang diusungnya.

Toshiba 32E31KP

Rekomendasi smart TV murah lainnya adalah Toshiba 32E31KP yang harga ritelnya Rp2,2 jutaan saja di toko online. Kualitas visual jadi andalan utama dari smart TV murah dari Toshiba ini.

Berlayar 32 inci, Toshiba membekalinya dengan fitur Regza Engine agar tampilan gambar terasa lebih tajam dan berkualitas tinggi. Ada pula fitur Color Re-master, Contrast Booster, sampai Picture Optimizer untuk meningkatkan mutu gambar yang ditayangkan.

Smart TV ini berjalan di sistem operasi VIDAA dengan aplikasi hiburan bawaan seperti Netflix, YouTube dan lainnya. Tak lupa dukungan DVB-T2 juga untuk menayangkan acara TV digital kesayangan kalian.

Itu dia rekomendasi smart TV murah harga mulai Rp1 jutaan dengan fitur DVB-T2 untuk siaran TV digital. Mana nih yang ingin kalian beli? 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini