icon-category Startup

Platform Podcast NOICE Dapat Kucuran Dana Rp316 Miliar

  • 20 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: dok. NOICE

    Uzone.id – Ada kabar baik datang dari platform konten audio lokal NOICE. Platform podcast ini mengumumkan perolehan putaran pendanaan Seri-A senilai USD22 juta atau setara dengan Rp316 miliar.

    Pendanaan Seri-A tersebut dipimpin oleh Northstar dan diikuti oleh para investor sebelumnya, yaitu Alpha JWC, Go-Ventures, dan Kinesys.

    Perolehan pendanaan terbaru ini akan diklaim dapat mendukung ambisi NOICE untuk menjadi platform audio terbesar di Indonesia melalui percepatan akuisisi konten serta pengembangan platform teknologi audio bagi pengguna dan kreator.

    Selama ini NOICE memang memiliki visi menjadi jembatan bagi kesenjangan besar antara supply konten audio lokal yang saat ini lebih didominasi oleh konten musik.

    Baca juga: Mengenal NOICE, Startup Podcast yang Disuntik Dana oleh RANS Entertainment

    “Investasi ini akan kami gunakan untuk mengembangkan komunitas kreator, platform teknologi, dan memperluas cakupan konten audio series untuk menghadirkan cerita-cerita terbaik Indonesia dari komunitas penulis/storytellers lokal dan mengadaptasinya ke dalam format audio,” tutur CEO NOICE, Rado Ardian dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id, Rabu (20/4).

    Ia melanjutkan, “kami telah menguji coba format baru ini dan melihat hasil interaksi dan retensi yang sangat menjanjikan. Ini benar-benar ruang baru yang menarik untuk dijelajahi dan memiliki banyak sekali potensi.”

    NOICE selama ini dikenal oleh anak-anak muda berkat konten podcastnya lewat kolaborasi dengan berbagai public figure dan influencer seperti Raffi Ahmad, Arief Muhammad, Jerome Polin, Vincent, Desta, dan Andre Taulany.

    Demi mendorong lebih banyak kreator dalam membangun konten, NOICE pun meluncurkan program pengembangan kreator melalui platform khusus berbasis SaaS (Software as a Service) agar bisa mempermudah akses untuk mengembangkan konten.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Playlist Podcast Ramadan untuk Ngabuburit

    “Kami menghadirkan Noicemaker Club Program (NCP), sebuah program terintegrasi untuk mendukung dan mengembangkan kreator baru maupun kreator yang sudah lama berkecimpung dan terus berkembang di platform ini,” sambung Co-Founder & CBO NOICE, Niken Sasmaya.

    Ia menyambung, “agar setiap kreator bisa menjadi bagian dari ekosistem kami, kami juga meluncurkan Noicemaker Studio sebagai ruang digital untuk memudahkan para konten kreator mendistribusikan karya podcast mereka dengan sekali klik, serta akses ke metrik performa melalui personal dashboard.”

    Diketahui, hingga saat ini NOICE telah memiliki lebih dari 2 juta pengguna, pertumbuhan yang meningkat 4x lipat sejak tahun sebelumnya. Sedangkan waktu yang dihabiskan pendengar setiap harinya di aplikasi NOICE mencapai lebih dari 80 menit.

    NOICE fokus pada produksi dan kurasi konten audio lokal di berbagai vertikal dengan menghadirkan lebih dari 40.000 konten di aplikasinya. Baru-baru ini, NOICE juga berkolaborasi dengan komunitas penulis lokal Indonesia untuk meluncurkan konten terbaru dalam format audio drama series.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini