home ×
Digilife

Platform Telkom Pijar Mahir Siap Dukung Program Kartu Prakerja untuk Anak Muda

21 March 2020 By
Platform Telkom Pijar Mahir Siap Dukung Program Kartu Prakerja untuk Anak Muda
Uzone

(Ilustrasi. Foto: Helloquence / Unsplash)

Uzone.id -- Ada kolaborasi baru yang diracik oleh pemerintah dengan sektor swasta yang berkaitan dengan bantuan biaya pelatihan dan keterampilan untuk masyarakat. Program ini diberi nama Kartu Prakerja.

Mendengar inisiatifnya, tentu menarik. Sebagai sebuah program, Kartu Prakerja ini dibikin sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat yang mau mengembangkan keterampilannya dan ditujukan untuk WNI yang berusia 18 tahun ke atas, baik yang sedang mencari pekerjaan, maupun para buruh, karyawan, dan pegawai.

Uniknya, program Kartu Prakerja ini menggandeng platform digital learning milik Telkom, yaitu Pijar Mahir.

Baca juga: Jajal Ruangguru Pakai Paket Gratisan Telkomsel

Platform Pijar Mahir ini tak cuma menyediakan layanan pembelajaran digital, namun juga pelatihan bersertifikasi untuk pendidikan vokasi dan profesi. 

Fokus Pijar Mahir sebenarnya lebih ke aspek telekomunikasi, informasi, dan digital (TID), tak lupa dukungan keterampilan lainnya yang sangat erat kaitannya dengan lingkup digitalisasi.

Demi memaksimalkan Pijar Mahir, Telkom sendiri telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 20 lembaga pelatihan dan menyediakan lebih dari 2.000 kursus dengan tema entrepreneurship, bahasa, sampai hal yang paling dianggap penting di era sekarang, literasi digital.

(Proses penandatangan MoU antara pemerintah, Pijar Mahir melalui Telkom, dan Karu Prakerja/Foto: dok. Telkom)

Baca juga: Call Center Baru Covid-19 di 117, Ada Chatbot WhatsApp Juga

Tujuan dari Kartu Prakerja ini di antaranya untuk membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan, mengurangi biaya untuk mencari informasi tentang pelatihan, dan menjadi pelengkap dari pendidikan formal. 

Melalui platform digital learning Pijar Mahir, para peserta Kartu Prakerja tentunya diharapkan dapat menyerap semua pembelajaran yang diberikan dan memanfaatkan tools semaksimal mungkin.

Kartu Prakerja ini turut merangkul beberapa kerja sama dengan pihak lain seperti e-commerce dan pembayaran digital, salah satunya LinkAja.

LinkAja turut berperan sebagai mitra pembayaran resmi yang nantinya diharapkan akan memberikan kemudahan transaksi nontunai para pemegang Kartu Prakerja, mulai dari pembayaran berbagai moda transportasi seperti KRL dan transportasi online ke lokasi pelatihan, membeli pulsa, dan pembayaran bahan bakar kendaraan umum.

Bagi yang tertarik, Kartu Prakerja ini akan dibuka pendaftarannya pada awal April 2020. Untuk informasi lebih lanjut, calon pelamar dapat mengakses ke situs www.prakerja.go.id, sementara pelatihan yang tersedia juga bisa diakses melalui delapan platform digital milik mitra resmi pemerintah.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 21 March 2020 | 22:07:12

jadi tidak ada yang menganggur lagi dah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article