home ×
Gadget

Ponsel Android Dicuri, Ini Cara Melacaknya dengan Find My Device

02 February 2021 By
Ponsel Android Dicuri, Ini Cara Melacaknya dengan Find My Device
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Ponsel sudah menjadi salah satu perangkat yang menyimpan begitu banyak informasi pribadi pemiliknya. Jika benda ini dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab, informasi-informasi sensitif di ponsel kalian bisa saja tersebar atau disalahgunakan.

Kalian memang sudah memproteksi ponsel dengan penguncian layar—baik berupa PIN, fingerprint, maupun face unlock. Jadi, pencuri akan lebih sulit mengakses ponsel Android kalian. Tapi tidak ada salahnya berusaha melacaknya mengunakan aplikasi.

Ketika ingin melacak ponsel Android, kalian bisa menggunakan aplikasi Find My Device yang merupakan bagian dari Google Play Protect. Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh di Google Play Store. Sebagai informasi, aplikasi ini dapat berjalan di ponsel yang menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau yang lebih baru.

Baca juga: Hampir 2 dari 10 Orang Berbagi Berita Sebelum Verifikasi Kebenarannya

Find My Device dapat melacak semua perangkat yang kalian sudah login. Selain melacak, kalian juga dapat mengunci perangkat dan menghapus data dari jarak jauh. Saat mengunci perangkat dari jarak jauh, kalian juga akan mendapatkan opsi untuk menulis pesan ke nomor di perangkat tersebut.

Jika ponsel Android kalian dicuri, ini cara melacaknya menggunakan Find My Device.

  1. Kalian mengunduh aplikasi Find My Device di ponsel yang kalian pakai untuk melacak.
  2. Login menggunakan akun Gmail yang terdaftar pada ponsel Android yang hilang. Kalian bisa memiliki sign in as guest, agar bisa melacak ponsel yang hilang.
  3. Muncul notifikasi soal izin akses lokasi. Kemudian, kalian bisa mengizinkan aplikasi mengakses lokasi perangkat dengan memilih “Allow”. Setelah itu, kalian dapat melacak keberadaan ponsel Android yang hilang.

VIDEO: UNBOXING GOPRO HERO 9 Garansi Resmi Indonesia

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article