home ×
Gadget

Ponsel Android Lawas Siap-siap Susah Browsing di 2021

10 November 2020 By
Ponsel Android Lawas Siap-siap Susah <i>Browsing</i> di 2021
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi foto: Matam Jaswanth / Unsplash)

Uzone.id -- Kalau kalian masih pakai ponsel Android yang stuck di sistem operasi lebih lawas dari Android Nougat harus siap-siap terancam sulit membuka berbagai macam situs pada 2021.

Dari temuan Android Police, banyak situs aman yang tidak akan bisa dibuka di perangkat yang berjalan di OS Android di bawah versi 7.1.1 Nougat.

Berawal dari organisasi sertifikasi nirlaba Let’s Encrypt yang mengumumkan bahwa kerja samanya dengan otoritas sertifikasi IdenTrust akan berakhir pada 1 September 2021. Tanpa ada rencana untuk memperbarui, Let’s Encrypt merencanakan beralih sepenuhnya ke sertifikat akarnya sendiri dan menyetop pensinyalan silang untuk IdenTrust pada 11 Januari mendatang.

Baca juga: 21 Aplikasi di Android Ini Mengandung Malware, Segera Hapus!

Keputusan tersebut memiliki arti bahwa akan banyak situs-situs aman dan terpercaya tidak akan bisa kompatibel, alias tidak bisa dibuka oleh Android versi lawas.

Dari apa yang dicatat oleh Let’s Encrypt, sebanyak 33,8 persen perangkat Android masih berjalan di OS versi lawas, atau di bawah Android Nougat 7.1.1.

Hal yang perlu dicatat, ponsel dengan Android lawas ini nantinya akan mengalami sertifikat eror ketika akan mengunjungi situs-situs di internet mulai 2021.

Baca juga: 5 Fitur di iPhone 12 yang Harusnya Ada Juga di Android

Maka dari itu, jika kalian masih menggunakan ponsel Android yang berjalan di OS lawas di bawah Nougat, mungkin sekarang ini waktu yang tepat jika ingin melakukan upgrade perangkat.

Tapi, jika kalian masih betah menggunakan ponsel tersebut, ada opsi lain. Let’s Encrypt merekomendasikan para pengguna agar mengunduh Firefox dan menggunakan mesin peramban tersebut untuk berselancar di internet.

Namun, itu baru solusi yang ditawarkan untuk saat ini, karena tidak ada jaminan jika ke depannya pengguna tetap mengalami kendala saat browsing internet jika tetap menggunakan ponsel Android lawas.

 

VIDEO: Samsung Galaxy M51 Review, Plus Minus Seminggu Dipakai

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article