icon-category Gadget

Ponsel Kecemplung tapi Belum Anti Air? Ini Tips Atasinya

Bagikan :
HP masuk ke dalam air (Foto: unsplash/@khiettam)

Uzone.id -- Ponsel kalian terkena air? Bagi yang belum didukung sertifikasi minimal IP67 biasanya bakal panik.

Ketika ponsel jatuh ke kubangan, atau ketumpahan air, pikiran kita bakal ke mana-mana, entah ponselnya bakal langsung rusak dan mikirin harus keluar biaya jika harus sampai diservis segala macam.

Berikut beberapa kiat sederhana yang bisa kita upayakan jika ponsel yang belum anti air milik kita itu kena, atau bahkan tercemplung di air.

  1. Lepaskan baterai, SIM card, dan memory card

Sebaiknya kalian segera lepaskan baterai, SIM card, dan memory card yang terpasang di ponsel untuk mencegah kerusakan lebih lanjut di area-area tersebut.

Selain itu, lepaskan pula cover atau casing yang terpasang untuk membantu mengeringkan ponsel.

Baca Juga: Ponsel Ketupat Nokia 7610 5G Reborn dengan Stylus?

  1. Jangan nyalaka ponsel untuk sementara waktu

Saat ponsel terkena air seperti terjatuh ke dalam genangan air atau terkena tumpahan air kemudian ponsel tersebut mati, jangan langsung dinyalakan.

Berbagai sumber mengatakan, jangan menyalakan ponsel dalam kondisi basah sebab bisa menimbulkan arus pendek dan dapat merusak komponen yang ada di dalamnya. Hal tersebut juga akan memicu kerusakan yang lebih parah bahkan membuat ponsel mati total.

  1. Keringkan ponsel

Selanjutnya, keringkan semua bagian ponsel luar dan dalam. Kalian bisa menggunakan mesin kompresor udara atau penghisap udara.

Kalian juga bisa menjemur ponsel kalian di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Namun pastikan bahwa layarnya membelakangi matahari, sebab layar bisa rusak bila terkena cahaya matahari langsung.

  1. Menguburnya ke dalam beras

Cara lain untuk mengeringkan ponsel adalah menguburnya ke dalam beras. Pasti sering dengar cara satu ini, deh?

Beras bersifat kering dan mudah menyerap air, sehingga air yang ada di dalam ponsel akan hilang dengan sendirinya.

Caranya, ambil satu kantong plastik beras lalu letakan ponsel, baterai, SIM card, memory card, dan komponen lainnya yang sudah dilepas ke dalam beras sehingga air-air yang masih tersisa di dalam ponsel dapat diserap oleh butiran-butiran beras tersebut.

Baca Juga: Membuat Konten Kreatif dengan Samsung Galaxy Z Flip3

  1. Jangan gunakan hair dryer

Jangan pernah gunakan hair dryer untuk mengeringkan ponsel. Kenapa? Karena udara panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat merusak komponen-komponen di dalam ponsel.

Hair dryer akan menembakan uap panas yang bisa merusak komponen luar dan dalam ponsel. Jika masih ada air di dalam komponen ponsel kalian, maka bisa menyebar semakin luas dan menyebabkan kerusakan yang semakin parah.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini