home ×
Gadget

Ponsel Lipat Ini Bisa ‘Disulap’ Jadi Xbox Genggam

25 May 2021 By
Ponsel Lipat Ini Bisa ‘Disulap’ Jadi Xbox Genggam
Share
Share
Share
Share

Foto: Tom Warren/The Verge

Uzone.id -- Xbox yang kita kenal selama ini terdiri dari konsol game dan kontroler. Namun, baru-baru ada ponsel Microsoft yang dapat ‘disulap’ menjadi Xbox versi genggam alias handheld.

Masih ingat dengan Surface Duo? Ponsel layar lipat dari Microsoft ini meski sudah lama dirilis, namun belakangan dapat digunakan untuk bermain game, dalam hal ini fungsinya seperti Xbox.

Microsoft sendiri baru memperbarui aplikasi Xbox Cloud Gaming (xCloud) untuk Android, dan hal ini sudah termasuk dukungan untuk perangkat dengan layar ganda seperti Surface Duo.

Pembaruan aplikasi xCloud tersebut memungkinkan Surface Duo ‘beralih fungsi’ menjadi Xbox genggam. Caranya praktis, pengguna dapat menggunakan gamepad virtual dengan salah satu layar, sedangkan satunya lagi menjadi layar untuk game.

Kurang lebih, seperti Nintendo Ds, bedanya tombol-tombol atau kontroler pada Surface Duo sifatnya virtual, bukan tombol fisik.

Baca juga: 2022, Microsoft Suntik Mati Internet Explorer

Mengutip The Verge, manfaat dari perangkat dengan layar ganda seperti ini untuk menikmati pengalaman gaming adalah pengguna tidak lagi butuh kontroler khusus hanya untuk mengendalikan permainan.

Sejauh ini, Microsoft secara konsisten telah menambahkan Xbox Touch Controls ke lebih dari 50 game selama beberapa bulan belakangan, termasuk ‘Sea of Thieves’, ‘Gears 5’, dan ‘Minecraft Dungeons’.

Sayangnya sampai sekarang belum ada kepastian apakah Surface Duo akan merambah pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id