icon-category Gadget

Ponsel Murah Redmi A3 Meluncur di India, Sudah Lolos TKDN Indonesia

Bagikan :

Uzone.id - Sempat bocor beberapa waktu lalu, akhirnya smartphone Android murah Redmi A3 meluncur ke pasaran. India jadi negara pertama yang disambangi oleh ponsel harga Rp1 jutaan ini. Bagaimana spesifikasinya?

Sesuai bocoran yang beredar, desain Redmi A3 dirombak habis-habisan oleh Xiaomi, sehingga terlihat jauh berbeda dibanding Redmi A2. Bentuk kamera belakangnya dibuat melingkar, Xiaomi menyebutnya sebagai ‘Premium Halo’ yang sekilas mirip Xiaomi 13 Ultra.

Ada dua kamera yang disematkan, yakni kamera utama 8 MP dan auxiliary sensor, plus LED flash tepat di sampingnya. 

alt-img

Terdapat tiga opsi warna yang diberikan untuk Redmi A3, yakni Olive Green, Midnight Black, dan Lake Blue. Khusus warna Olive Green, bodi belakangnya punya tekstur seperti kulit, sehingga ponsel akan tampil lebih berkelas walau dibanderol dengan harga terjangkau.

alt-img

Di depan, Xiaomi membenamkan panel LCD seluas 6,71 inci dengan resolusi HD+. Layarnya sudah mendukung refresh rate 90Hz, kemudian dilapisi oleh kaca Gorilla Glass 3.

Kalau bodi belakangnya terlihat kekinian, beda hal dengan tampilan depannya yang cenderung ketinggalan. Bingkai layarnya lumayan tebal, serta masih terdapat waterdrop notch sebagai tempat bagi kamera selfie 5 MP.

alt-img

Spesifikasi low-end diusung oleh Redmi A3. Smartphone ini ditenagai prosesor MediaTek Helio G36 yang masih sama seperti Redmi A2. Kapasitas RAM-nya meningkat, sekarang tersedia sampai 6 GB dibanding sebelumnya yang hanya 4 GB.

RAM-nya bisa di-upgrade dua kali lipat menggunakan fitur Memory Expansion, lalu memori penyimpanannya pun lebih besar menjadi 128 GB.

Menariknya, Redmi A3 berjalan di Android 14 non Go Edition. Sebelumnya, Redmi A2 menjalankan Android 13 Go Edition dengan tampilan lebih minimalis dan fitur-fitur yang dikurangi untuk menghemat ruang penyimpanan.

Redmi A3 ditopang baterai dengan kapasitas 5.000 mAh tanpa dukungan fast charging. Kendati begitu, Xiaomi tetap menyematkan port USB-C dengan daya maksimal 10W. Fitur lainnya, ada sensor sidik jari pada tombol Power di samping dan jack audio 3,5 mm.

alt-img

Redmi A3 di India dibanderol dengan harga INR7.299 atau setara dengan Rp1,3 jutaan untuk model 3/64 GB, INR8.299 atau sekitar Rp1,5 jutaan untuk varian 4/128 GB, dan INR9.299 atau sekira Rp1,7 jutaan untuk model tertinggi 6/128 GB. 

Kabar baiknya, Redmi A3 tinggal selangkah lagi meluncur resmi di Indonesia. Dari pantauan tim Uzone.id di situs TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, muncul ponsel dengan nomor model Redmi 23129RN51X yang mengantongi sertifikasi dengan takaran TKDN 37,50 persen.

alt-img

Dari penelusuran, kode tersebut merujuk pada Redmi A3. Belum diketahui kapan smartphone ini akan melenggang resmi. Sebelumnya, Redmi A2 pertama kali rilis di Indonesia pada Mei 2023 lalu.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini