icon-category Gadget

Ponsel Nokia ‘Made in Semarang’ Segera Dijual Resmi

Uzone.id - Feature phone Nokia buatan Semarang segera dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Erajaya dan HMD Indonesia baru saja mengumumkan kolaborasi strategis untuk memproduksi ponsel fitur atau feature phone di fasilitas manufaktur milik PT Bangga Teknologi Indonesia yang terletak di Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah.

Sekadar informasi, feature phone merupakan jenis ponsel dengan beberapa fitur tambahan selain untuk mengirim pesan teks dan panggilan telepon. Namun, fiturnya belum sebanyak smartphone yang memiliki sistem operasi lebih canggih dan memberikan user experience yang lebih baik.

Hasan Aula selaku Deputy CEO Erajaya Group mengatakan, produksi feature phone Nokia di Indonesia merupakan bentuk dukungan perusahaan pada upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri dan mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan impor.

Baca juga: 15 Tahun yang Lalu, iPhone Lahir dan Mengubah Lanskap Smartphone

Fasilitas produksi feature phone Nokia di Semarang

“Kami merasa terhormat dapat bekerjasama dengan HMD Indonesia di level kolaborasi yang lebih tinggi dalam menghadirkan ponsel besutan anak negeri. Kami harapkan inisiatif ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat luas, khususnya di Semarang,” jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima tim Uzone.id.

“Kerja sama ini diharapkan dapat membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan juga membantu mengentaskan kemiskinan serta perbaikan dalam bidang pendidikan,” sambungnya.

Kendati begitu, baik Erajaya dan HMD selaku pemegang lisensi resmi Nokia belum mengumumkan tipe ponsel fitur apa yang akan diproduksi di fasilitas pabrik di Semarang tersebut. 

Namun dari foto rilis yang kami dapatkan, Nokia 105 menjadi salah satu feature phone yang bakal dijual resmi di Indonesia. Nokia 105 diklaim sebagai ponsel yang tahan banting dan mampu memberikan waktu bicara dan hiburan selama berjam-jam.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Murah untuk Gaming

Ponsel ini memiliki RAM 4 MB dan penyimpanan internal dengan kapasitas yang sama. Nokia 105 pun mendukung dual-SIM dan memiliki dua pilihan warna, biru serta hitam. 

Fitur lainnya, ponsel ini mendukung FM radio nirkabel yang bisa aktif tanpa harus menggunakan headset. Game Snake pun turut dihadirkan di sini untuk menghibur pengguna saat suntuk.

Di toko online, Nokia 105 dijual Rp200 ribuan di Indonesia, membuatnya jadi salah satu feature phone murah yang beredar resmi di tanah air.

“Proyek strategis seperti ini juga akan memfasilitasi transfer teknologi praktis dan tepat guna, yang pada gilirannya diharapkan berdampak positif kepada pengembangan industri ponsel di Indonesia,” tandas Hasan.

Baca juga: Trio Ponsel Jadul Nokia is Back! Sudah 4G dan Bisa Ngecas TWS

Nokia sendiri menjadi salah satu brand global yang rutin menghadirkan feature phone. Beberapa waktu lalu, pabrikan asal Finlandia ini menghadirkan Nokia 8210 4G, Nokia 2660 Flip dan Nokia 5710 XpressAudio.

Tentu dengan kerja sama Erajaya dan HMD Indonesia, diharapkan tak cuma feature phone dengan fitur terbatas saja yang dibawa ke tanah air. Namun seri-seri baru yang dirilis HMD Global pun turut dibawa ke Indonesia.

Feature phone Nokia dari Erajaya Group akan tersedia di jaringan ritel Erajaya Group dalam waktu dekat,” pungkas Hasan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini