icon-category Gadget

Rekomendasi Smartphone Terbaik dan Termurah untuk Main Game

Ilustrasi bermain game pakai smartphone murah dan terbaik (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Game mobile sekarang kebanyakan memiliki grafis yang edan. Otomatis, smartphone dengan performa yang terbaik pun menjadi idaman bagi para gamer agar bebas memainkan judul game apapun yang ada.

Hanya saja, ponsel dengan spesifikasi tinggi berbanding lurus dengan harganya yang lumayan menguras dompet. Namun jangan khawatir, gamer dengan "bujet cekak" pun berhak bahagia.

Kali ini, kami sudah merangkum 10 smartphone terbaik dan termurah untuk main game mobile. Termurah di sini, kami batasi di bawah Rp4 juta saja.

Adapun untuk membuat daftar ini, kami tak cuma melihat prosesornya saja tapi spesifikasi dan fitur secara keseluruhan. Berikut daftar lengkapnya:

Poco X3 Pro

Poco X3 Pro

Ya masa gak memasukkan ponsel Poco satu ini ke dalam daftar? Poco X3 Pro bisa dibilang sebagai smartphone harga Rp 3 juta yang paling worth it saat ini.

Prosesornya saja sudah Snapdragon 800 Series, tepatnya Snapdragon 860. Walau belum 5G, tapi semburan clock speed hingga 2,96 GHz membuat game Android apapun yang Anda mainkan bisa diset ke grafis "rata kanan".

Tak cukup, smartphone ini mengusung layar seluas 6,67 inci dengan dukungan refresh rate 120Hz. Kecepatan refresh ini bukan sekadar gimmick belaka, karena memang ditopang oleh kencangnya Snapdragon 860.

Bermain game yang mendukung refresh rate tinggi semestinya amat sangat lancar di ponsel satu ini. Kendati begitu, panel IPS LCD memang harus dihiraukan oleh Anda. Panel ini menyuguhkan warna dan detail yang biasa saja. But, performanya sungguh menakjubkan.

Baca juga: Ini Dia Smartphone Pertama Hasil Kolaborasi Xiaomi & Leica

Belum lagi dengan adanya baterai berkapasitas 5.160 mAh yang tangguh. Main game lama (asal mata kuat), tak perlu lagi mengkhawatirkan baterai yang boros.

Mengisi dayanya pun bisa dilakukan dalam waktu yang singkat berkat fitur fast charging 33W yang disertai dengan adaptor charger dalam paket penjualan.

Perihal harga, saat ini di Tokopedia ponsel tersebut dibanderol dengan harga berkisar Rp 3,4 juta sampai Rp 3,9 juta tergantung variannya.

iPhone X

iPhone X (Foto: Apple Insider)

Mau punya iPhone yang proper buat ngegame dengan harga ramah dompet? iPhone X jawabannya. Harganya saat ini di toko online mulai dari Rp 3 jutaan. Memang barang second sih, tapi banyak kok yang kondisinya masih bagus.

iPhone X sendiri adalah cikal bakal desain iPhone seperti sekarang. Jadi meskipun bekas, bentuknya gak malu-maluin juga

Soal spesifikasi, tentu saja andal buat main game di iOS. Layarnya terbilang cukup luas berukuran 5,8 inci dengan resolusi yang lumayan tinggi juga.

Apalagi, jenisnya sudah Super Retina OLED dengan dukungan HDR10 serta Dolby Vision. Berkat ukurannya, ponsel ini juga nyaman untuk dipakai ngegame berformat portrait atau landscape.

Adapun untuk mesinnya, iPhone X menggunakan Apple Bionic A11 yang dipadukan dengan RAM 3 GB yang terhitung masih powerful.

Hanya saja, Anda harus sabar dengan kapasitas baterainya yang kecil 2.716 mAh saja. Kami sarankan, Anda juga harus melihat battery health sebelum memutuskan untuk membelinya.

iPhone XS

iPhone XS (Foto: Cult of Mac)

Sedikit naik kelas nih dari iPhone X, ada iPhone XS yang juga dijual dengan harga mulai Rp 3 jutaan di Tokopedia. Harga ini tergantung dengan variasi memori dan kondisinya tentu saja.

iPhone XS punya desain dan layar yang kurang lebih sama dengan iPhone X. Yang bikin berbeda, tentu saja spesifikasi dapur pacu dari smartphone ini.

Apple Bionic A12 yang dibuat dengan arsitektur 7nm. Game iOS apapun bisa dimainkan di sini, apalagi prosesor tersebut memiliki kartu grafis yang baru dan lebih kencang dari sebelumnya.

Sayang, kapasitas baterainya malah mengecil menjadi 2.658 mAh. Oiya sebelum membeli iPhone XS bekas, Anda harus jeli melihat battery health-nya.

Karena kinerjanya masih tinggi, wajar rasanya Apple tetap memberikan pembaruan ke iOS 15 terbaru pada ponsel ini.

Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro

 

Wait, kenapa gak Redmi Note 11 Pro sekalian? Ada beberapa alasannya, paling utama sih karena price to performance yang lebih masuk akal.

Harga baru dari Redmi Note 10 Pro cuma Rp 3,4 jutaan saja, lebih murah ketimbang Note 11 Pro. Tapi, spesifikasi yang ditawarkannya terasa lebih menarik.

Ponsel ini pas buat Anda yang suka main game MOBA atau battle royale yang menawarkan grafis kompleks dengan area yang luas.

Redmi Note 10 Pro memiliki layar berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ berpanel Super AMOLED. Ukurannya sama dengan Note 11 Pro, bahkan hingga intensitas cahaya (peak) pun sama mencapai 1.200 nits.

Baca juga: Perbedaan Redmi Note 10 dan Note 10 Pro

Adapun untuk refresh rate, sudah mencapai 120Hz. Asalkan Anda bermain game yang support, semestinya jauh lebih smooth dimainkan di ponsel ini.

Yang membedakannya, dapur pacu yang dijejalkan di dalamnya. Redmi Note 10 Pro ditenagai Snapdragon 732G dengan arsitektur 8nm dan berkecepatan maksimal 2,3 GHz.

Cukup mengherankan sih kenapa Note 11 Pro justru menggunakan Mediatek Helio G96 dengan fabrikasi 12nm dan memiliki clock speed 2,05 GHz.

Main game pun terasa nyaman karena topangan baterai 5.020 mAh yang menjamin Anda untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Realme Narzo 50 5G

Realme Narzo 50 5G

 

Ponsel terbaru dari Realme dengan harga mulai Rp 2,9 juta sampai Rp 3,2 jutaan di toko online. Murah memang, tapi kualitasnya tak murahan lho.

Smartphone ini menampilkan layar berukuran 6,6 inci, luas yang standar di jagat ponsel menengah terbaru saat ini. Meski berjenis IPS LCD, tapi dukungan refresh rate-nya sudah 90Hz.

Main game Mobile Legends, AoV, Free Fire, dan sejenisnya, sudah pasti lancar dengan Realme Narzo 50 5G berkat prosesor Mediatek Dimensity 810 5G yang digunakannya.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 50 5G

Didukung dengan ragam fitur game yang hadir di Realme UI 3.0 berbasis Android 12, gamer tak akan menemui kendala saat bermain game favoritnya.

Main berbagai judul game dalam waktu yang lama juga bisa. Berbekal baterai 5.000 mAh, seenggaknya bisa membuat Anda main selama berjam-jam. Baterainya habis? Tenang ada fitur fast charging 33W lengkap dengan adaptornya untuk mengisi daya dalam waktu yang singkat.

Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G

 

Smartphone generasi baru dari Samsung yang saat ini dijual Rp 3,6 jutaan di toko online. Smartphone ini memiliki performa yang menarik untuk dilirik, apalagi bagi gamer dengan dana terbatas.

Meski harganya tergolong murah untuk sebuah smartphone terbaru Samsung, jangan sekali-kali remehkan spesifikasi yang ditawarkannya.

Samsung Galaxy M23 5G punya layar dengan dukungan kecepatan refresh 120Hz. Walau masih TFT LCD, ukuran layar 6,6 inci dan beresolusi Full HD+ sudah lebih dari cukup buat Anda yang ingin bermain game MOBA dengan lancar tanpa kendala.

Dengan adanya prosesor Snapdragon 750G, main game FPS dengan grafis tinggi pun seharusnya dimungkinkan. Walau, grafisnya diatur tak terlalu tinggi atau menengah saja.

Prosesor Snapdragon terbaru ini dibuat dengan arsitektur 8nm yang punya efisiensi daya cukup tinggi. Dikombinasikan dengan baterai 5.000 mAh, Anda sebagai gamer dapat bermain judul game apapun dalam waktu yang lama tanpa cemas kehabisan daya.

Samsung Galaxy M33 5G

Daftar selanjutnya adalah smartphone terbaru Samsung Galaxy M33 5G. Sebelumnya, kami telah membandingkan lebih baik mana antara ponsel ini dengan Samsung Galaxy M53 5G, dan jawabannya adalah Galaxy M33 5G.

Dengan harga mulai Rp 3,7 jutaan untuk model terendah 6/128 GB, smartphone ini menawarkan kinerja gaming yang cukup mumpuni. Bermain game seperti Real Racing, PUBG, Mobile Legends, dan sebagainya, lancar tanpa kendala yang berarti.

Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy M53 5G dan Galaxy M33 5G

Berterima kasihlah kepada prosesor terbaru Exynos 1280 buatan Samsung. Prosesor itu dibuat dengan arsitektur 5nm yang efisien dayanya, ditambah dengan core tertingginya yang berkekuatan 2,4 Ghz.

Luasnya layar Galaxy M33 5G pun sangat pas untuk bermain game battle royale yang terkenal kompleks. Belum lagi kehadiran refresh rate 120Hz yang smooth yang menambah pengalaman gaming Anda.

Gak perlu cemas lagi kehabisan daya baterai di tengah-tengah permainan, baterai berkapasitas 5.000 mAh pada ponsel ini bisa tahan hingga berjam-jam untuk bermain game tanpa henti.

Vivo T1 5G

Vivo T1 5G

 

Berikutnya, ada Vivo T1 5G yang lagi-lagi mengusung panel layar berkecepatan 120Hz. Refresh rate ini bukan cuma bikin scrolling medsos makin lancar, tapi membuat experience gaming kian meningkat.

Layarnya pun tergolong luas, walau jenisnya masih IPS LCD. Berukuran 6,58 inci dengan resolusi Full HD+, seharusnya sudah lebih dari cukup untuk bermain game berformat portrait atau landscape.

Berbicara tentang dapur pacunya, Vivo T1 5G ditenagai oleh prosesor terbaru Snapdragon 695 5G yang dibuat dengan arsitektur 6nm. Prosesor ini tergolong kencang di kelasnya dengan clock speed tertinggi mencapai 2,2 GHz.

Dipadukan dengan RAM dan memori penyimpanan yang besar, serta kapasitas baterai 5.000 mAh, membuat Vivo T1 5G dapat mendukung aktivitas gaming Anda dengan baik.

Soal harga, di toko online Vivo T1 5G dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 2,8 juta sampai Rp 3,3 jutaan tergantung variasi RAM dan memori penyimpanannya.

Infinix Note 12

Infinix Note 12

Smartphone yang baru saja hadir di Indonesia, Infinix Note 12. Dijajakan dengan harga mulai Rp 2,7 jutaan, smartphone ini juga sangat proper buat dipakai bermain game ber-genre apapun yang tersedia di Android.

Main game battle royale, sangat memuaskan berkat panel AMOLED berukuran 6,7 inci yang beresolusi Full HD+. Meski tak mendukung refresh rate tinggi, layar seluas itu mampu menyuguhkan kualitas warna dan detail yang tinggi.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Infinix Note 12

Main game FPS, MOBA, sepak bola, hingga balapan, bisa. Berbekal MediaTek Helio G96 dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan sampai 256 GB, Anda bisa menyimpan dan bermain game Android apapun di smartphone ini.

Infinix pun dikenal dengan ponselnya yang punya baterai berkapasitas besar. Begitu juga dengan Note 12 yang memiliki baterai 5.000 mAh yang tahan lama dan sudah didukung fast charging 33W yang cukup ngebut untuk ngecas.

Realme 9 Pro

Realme 9 Pro

Pilihan terakhir jatuh kepada Realme 9 Pro. Kelasnya sama nih dengan Vivo T1 5G, mulai dari layar yang sama-sama 120Hz, prosesor Snapdragon 695 5G, dan harganya yang sama-sama terjangkau dan menarik bagi gamer “bujet cekak”.

Realme 9 Pro menawarkan pengalaman visual yang luas dengan layar 6,6 inci yang dikelilingi oleh bezel yang cukup ramping. Visualisasi game terasa semakin mantap dengan hadirnya beberapa fitur gaming yang tersedia pada Realme UI 3.0 berbasis Android 12.

Baca juga: Kelebihan Realme 9 Pro

Kombinasi Snapdragon 695 5G dan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 33W membuat permainan yang Anda jajal bisa berjalan dengan maksimal tanpa kendala apapun.

Perihal harga, Realme 9 Pro dipasarkan dengan harga mulai Rp 3,2 jutaan di toko online. Grab it fast!

Itu tadi rekomendasi smartphone terbaik dan termurah yang bisa digunakan untuk bermain game mobile apapun dengan lancar. Mana pilihan Anda?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini