home ×
Startup

Prediksi Startup Indonesia 2021, Tumbuh Meski Tidak Sebagus 2019

30 October 2020 By
Prediksi Startup Indonesia 2021, Tumbuh Meski Tidak Sebagus 2019
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Penghujung tahun 2020 sudah di depan mata, tapi tidak ada yang tahu kapan pandemi virus corona (Covid-19) berakhir. Di tengah kondisi seperti ini, startup di sektor tertentu, seperti travel, terus tergerus perlahan.

Bahkan, banyak startup luar negeri di sektor tersebut yang menutup layanannya di Indonesia. Lantas, bagaimana prediksi para pakar terkait startup di Indonesia pada 2021?

Dalam wawancara khusus dengan Uzone.id beberapa waktu lalu, Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Start Up Indonesia (Amvesindo), Jefri R Sirait menyatakan akan ada pertumbuhan.

Baca juga: Pamitnya Startup Asing dari Indonesia, Antara Bertahan atau Mati

“Kalau kita melihat sampai di half 2021, saya yakin bahwa akan mengalami pertumbuhan yang baik, walaupun mungkin tidak seperti kondisi tahun, kita the best kemarin 2019, 2018-2019 itu the best Indonesia,” ujar Jefri dalam wawancara via telepon.

Jefri menyatakan bahwa pada paruh pertama 2020, startup-startup di Tanah Air berhasil meraih transaksi lebih dari USD 2,3 billion (sekitar Rp33,9 triliun).

“Jadi pertumbuhan itu menunjukkan bahwa we believe that innovation yang dibawa para startup. Ingat, startup itu adalah company yang membawa suatu inovasi berbasis teknologi dan bisa di-scale up,” ujar Jefri.

Sementara itu, dalam wawancara khusus dengan Uzone.id di kesempatan berbeda, Head of Investments, MDI Ventures, Winston Adi juga memprediksi startup pada 2021 akan mengalami pertumbuhan.

Baca juga: Meski Pandemi, Oyo Optimis dengan Industri Perhotelan Indonesia

Ia memperkirakan bahwa setelah vaksin Covid-19 beredar, ekonomi akan bertumbuh lebih besar dibandingan biasanya.

"Berharapnya akan menyusuli proyeksi sebelum pandemi. Karena ada beberapa perusahaan yang gulung tikar, maka terdapat peluang yang dapat dicari untuk memenuhi posisi mereka sebelumnya dengan inovasi,” imbuhnya.

Di samping itu, Jefri menyatakan bahwa dibandingkan dengan negara lain, Indonesia akan mengalami pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP).

“Karena kita sedang bertumbuh dengan yang namanya inovasi atau teknologi apapun, gampang dan lebih mudah di-absorb dalam competition dan ini menjadi salah satu ukuran investor melirik bahwa dari pilihan-pilihan yang ada, Indonesia adalah salah satu yang baik untuk dilakukan investment,” tutur Jefri.

VIDEO: Dere R9 Pro Review, Harga Murah Tapi Beneran Pro?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article