home ×
Gadget

Produk Mirip, AirTags Buatan Apple Diprotes Tile

22 April 2021 By
Produk Mirip, AirTags Buatan Apple Diprotes Tile
Share
Share
Share
Share

Tile (Foto: Instagram @tile)

Uzone.id - Tile telah mengkritik kehadiran AirTags, produk Apple terbaru yang telah diperkenalkan di ajang Apple Event, Selasa (20/4/2021).

CEO Tile merilis pernyataan yang menyebut praktik kompetitif Apple tidak adil. Tile sendiri terkenal dengan produk pelacak Bluetooth dengan fungsi yang mirip dengan AirTags.

Tile akan bersaksi di sidang antitrust Senat pada Rabu terkait dengan persaingan di toko aplikasi, namun CEO CJ Prober tidak ingin menunggu sampai saat itu untuk memberikan reaksi terhadap AirTag.

"Kami menyambut baik persaingan, selama itu persaingan yang adil," kata Prober.

BACA JUGA: Tak Lagi PHP, Apple Akhirnya Rilis AirTag Buat Orang Pelupa

Dia menambahkan, "Sayangnya, mengingat sejarah Apple yang terdokumentasi dengan baik dalam menggunakan keunggulan platformnya untuk membatasi persaingan secara tidak adil untuk produknya, kami skeptis."

AirTags akan menggunakan aplikasi Find My Apple - yang baru-baru ini dibuka oleh Apple untuk pihak ketiga - untuk melacak barang yang hilang seperti kunci dan dompet apa pun yang kamu pasang pelacak.

Pelacak buatan Tile pun fungsinya mirip. Keluhan Tile berasal dari keharusan membayar komisi kepada Apple agar pelanggan menggunakan aplikasi Tile, sementara Apple membuat produk yang kompetitif.

Selama sidang Senat pada tahun 2020, Tile bersaksi tentang apa yang dikatakan sebagai praktik tidak adil di balik aplikasi tersebut.

Apple sendiri telah menolak pernyataan Prober. "Kami selalu merangkul persaingan sebagai cara terbaik untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan kami," kata perwakilan Apple dalam email.

Dia menambahkan,"Kami telah bekerja keras untuk membangun platform di iOS yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk berkembang."

Aplikasi Find My telah ada sejak 2010, sebelum Tile. Apple mencatat bahwa Tile telah diundang untuk menggunakan aplikasi tersebut. (CNET)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article