home ×
Gadget

Tak Lagi PHP, Apple Akhirnya Rilis AirTag Buat Orang Pelupa

21 April 2021 By
Tak Lagi PHP, Apple Akhirnya Rilis AirTag Buat Orang Pelupa
Share
Share
Share
Share

AirTag Apple (Foto: Apple/GSMArena)

Uzone.id -- Setelah lebih dari setahun hanya jadi rumor belaka, Apple akhirnya merilis perangkat pelacak barang yang diberi nama AirTag pada Apple Event, Selasa (20/04) waktu setempat.

Desas-desus perangkat mungil Apple ini sudah berhembus semenjak beberapa tahun belakangan, namun tak kunjung diumumkan oleh perusahaan asal Cupertino, California tersebut. Hingga akhirnya sekarang pengguna sudah bisa membeli perangkat penemu barang ini.

Memiliki fungsi yang mirip dengan perangkat Samsung SmartTag, AirTag Apple memiliki style seperti kepingan kecil dan bisa membantu pengguna menemukan barang yang hilang.

Baca juga: iPhone XR Terbakar di Pesawat British Airways

Bagi orang-orang pelupa, mungkin AirTag bisa jadi solusi ketika barang-barang yang dicari tak kunjung ditemukan. Apalagi dalam keadaan buru-buru, barang yang dibutuhkan cenderung lebih susah ditemukan, baik itu karena tertumpuk ataupun terselip di suatu tempat.

Pelacak AirTag bisa menemukan barang-barang seperti kunci, tas, dan barang-barang lainnya lewat aplikasi Find My di perangkat Apple. Fitur ini disebut sebagai Precision Finding yang berguna untuk membantu pengguna menemukan barang yang hilang.

dok. Apple

Saat mencari benda yang hilang, aplikasi Find Me akan memutar bunyi pada pelacaknya. Kemudian Precision Finding menggunakan input data dari kamera, akselerometer, dan giroskop, lalu menggabungkan umpan balik visual, haptik, serta audio untuk memandu pengguna pada saat pelacakan.

Baca juga: iMac Baru Apple, Warna-warni dengan Chipset M1

AirTag juga sangat aman karena tidak menyimpan data ataupun lokasi dalam perangkat fisik mereka. Apple pun mengklaim bahwa mereka menggunakan enkripsi end-to-end antara AirTag dan aplikasi Find My.

Mengutip The Verge, Apple juga menjelaskan jika pelacak ini akan bertahan setidaknya hingga satu tahun masa baterainya, dan pengguna dapat menggunakan ketukan NFC untuk mengaktifkan mode hilang.

AirTag sudah bisa dibeli pada tanggal 30 April dengan harga USD29 atau Rp420 ribuan. Apple juga menyediakan paket yang berisi empat perangkat seharga USD99 atau setara dengan Rp1,4 Jutaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article