home ×
Gadget

Produksi 3,1 Juta Komponen Chip, Samsung Lampaui TSMC

22 February 2021 By
Produksi 3,1 Juta Komponen Chip, Samsung Lampaui TSMC
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - TSMC diklaim sebagai produsen chip semikonduktor terbesar di dunia. Namun belakangan, posisinya terancam oleh Samsung. Akhir tahun lalu, jumlah produksi komponen chip (wafer) Samsung telah lampaui TSMC.

Dilansir melalui Techspot, Senin, 22 Februari 2021, laporan dari IC Insights menunjukkan ada lima perusahaan yang masuk dalam posisi teratas pabrikan wafer dunia. Posisi pertama tidak diduduki oleh TSMC melainkan Samsung.

Baca juga: Trio Galaxy S21 Gak Punya Slot MicroSD?

Wafer adalah bahan dasar dari komponen microsystem. Wafer biasanya berbentuk lempengan tipis berbentuk lingkaran dengan garis disalah satu sisinya. Pada umumnya wafer terbuat dari kristal silikon. Sebuah chip umumnya terbuat dari silikon wafer.

samsung wafer

Menurut laporan tersebut, setiap bulannya Samsung mampu memproduksi sekitar 3,1 juta wafer sedangkan TSMC hanya mampu sampai 2,7 juta unit. Ini menunjukkan kapasitas pasar wafer Samsung bisa sampai 14,7 persen, terpaut 1,6 persen dibanding TSMC yang hanya 13,1 persen.

Dari lima produsen wafer tersebut terlihat adanya peningkatan kapasitas di Desember 2020 secara global menjadi 54 persen. Jumlah produksi wafer TSMC terpaut 400 ribu unit dari Samsung, walau klien TSMC lebih banyak, termasuk Apple, AMD, Qualcomm dan Broadcom.

Bisnis memori Samsung yang menguntungkan tidak diragukan lagi memiliki peran besar dalam mengklaim posisi nomor satu, sementara Nvidia menggunakan versi kustom dari proses 8nm Samsung untuk lini Ampere konsumennya, tetap menggunakan TSMC dan proses FinFET 7nm untuk akselerator A100.

Di bawah TSMC, dengan jumlah produksi terbesar ketiga adalah Micron Technology yang memiliki kapasitas produksi 1,9 juta per bulan. SK Hynix di urutan keempat dengan sekitar 1,85 juta unit produksi.
Kemudian ada pemasok IC memori bernama Kioxia di urutan kelima dengan 1,6 juta unit. Sedangkan Intel harus puas di posisi enam dengan 884 ribu produksi wafer per bulan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id