home ×
Digilife

Profil Dayana Asembaeva, Dicintai dan Dibenci Netizen Indonesia

19 March 2021 By
Profil Dayana Asembaeva, Dicintai dan Dibenci Netizen Indonesia
Share
Share
Share
Share

Dayana Asembaeva (Foto: Instagram @demi.demik)

Uzone.id - Dayana Asembaeva asal Kazakhstan sempat beberapa kali masuk trending topic Twitter di Indonesia. Terakhir, gadis cantik asal Kazakhstan ini jadi trending topic setelah 'berseteru' dengan Fiki Naki, pria Indonesia yang berjasa menaikkan popularitasnya di Indonesia hingga negeri jiran macam Malaysia dan Thailand.

Banyak netizen yang ikutan baper dengan obrolan 'romantis' antara Fiki dan Dayana lewat platform OmeTV, kemudian diunggah ke YouTube Fiki Naki. 

Sayangnya, setelah Dayana mengungkapkan perasaan kecewa kepada pihak Fiki Naki lewat media sosial, justru jadi bumerang. Netizen Indonesia banyak yang menilai Dayana cuma mendompleng nama Fiki saja untuk meraih popularitas. 

Akun @demi.demik di Instagram, milik Dayana, pun merosot drastis follower-nya dari 2,2 juta tinggal menjadi 1,2 juta saja ketika artikel ini dibuat.

Saking bencinya netizen Indonesia kepada Dayana, video musik Dayana terbaru berjudul Hedo & Demik song yang diunggah di kanal YouTube Demi.Demik mendapat lebih dari 289 ribu dislike.

BACA JUGA: Dayana Lapor Akun TikTok Diblokir Haters Indonesia

Siapa Dayana?

Dayana saat ini berstatus mahasiswi jurusan Hukum di M Narikbayev Kazguu University, Kazakhstan.

Untuk mengetahui jati diri Dayana, dia sempat melakukan Q&A lewat kanal YouTube Demi.Demik, kanal milik Dayana sendiri. 

Gadis yang memelihara rambut panjang ini mengaku lahir pada tanggal 23 September 2002 dan ber-shio Kuda.

Dayana juga ungkap dirinya berasal dari Nur-Sultan, Kazakhstan. Dia meluruskan kalau banyak orang yang berpendapat dirinya berasal dari Rusia gara-gara obrolan lewat video antara dia dengan Fiki Naki di OmeTV pakai bahasa Rusia.

Wajar jika Dayana mengambil kuliah hukum karena dia punya cita-cita menjadi jaksa. Menurutnya, dia akan berjuang keras untuk meraih cita-citanya itu.

Ditanya soal agama, Dayana tidak menyebut secara tegas ketika ditanya oleh netizen Indonesia. Dia mengaku dirinya saat ini tidak sedang fanatik pada suatu keyakinan tertentu. Namun, jika dirinya sudah meyakini suatu hal, dia berjanji tidak akan mengkhianati imannya, bahkan demi orang yang dia cintai.

Dayana Pernah Lumpuh

Dayana (YouTube Institut Chiari & Siringomielia & Escoliosis de Barcelona)

Pada 5 Oktober 2018, Institut Chiari & Siringomielia & Escoliosis de Barcelona menampilkan video YouTube yang memperlihatkan Dayana telah selesai menjalani operasi. 

Situs institutchiaribcn.com juga menjelaskan Dayana Assembayeva mengalami "sindrom neuro-cranio-vertebral. Penyakit filum. Descent of the Tonsil Cerebellar (DCT. Sindrom Arnold-Chiari). Syringomyelia idiopatik. Penyakit multiple disc. Odontoid yang mengalami retrofleksi."

Sindrom Arnold Chiari membuat pasien mengalami masalah mobilitas di ekstremitas bawahnya. Pasien tidak memiliki kekuatan di kakinya untuk berdiri dan menggunakan kursi roda.

Video dibuat pada 27 Juli 2018 atau satu hari setelah Dayana menjalani operasi memperlihatkan dia berada di kursi roda dan melalukan latihan berjalan dengan dipandu dua orang perempuan dan kemudian latihan berjalan sendiri. 

 

Dayana pernah mengalami kelumpuhan pada tahun 2017. Hal ini terungkap ketika netizen menemukan sebuah situs berbahasa Rusia yang menggalang dana untuk biaya operasi Dayana, yang saat itu berusia 15 tahun.

Obozrenie.kz melaporkan jika Dayana mulai sering kehilangan kesadaran pada 2017. Hasil MRI, otak Dayana mengalami Sindrom Arnold Chiari tingkat I.

Sindrom Arnold Chiari ini sifatnya bawaan, di mana bagian bawah otak turun melalui foramen oksipital tengkorak, sehingga mencegah aliran bebas cairan serebrospinal.

Dayana (YouTube Institut Chiari & Siringomielia & Escoliosis de Barcelona)

Menderita anomali otak ini, Dayana tidak bisa berjalan dan membutuhkan operasi yang rumit dan mahal.

Penggalangan dana untuk Dayana pun dibuka. Banyak yang terlibat dalam penggalangan, termasuk sekolah Dayana sendiri.

Kemudian, penggalangan dana ditutup pada 13 Juli 2018. Dayana menjalani operasi di Barcelona, Spanyol pada 26 Juli 2018. 

Dalam sebuah video dalam akun YouTube Institut Chiari & Siringomielia & Escoliosis de Barcelona memperlihatkan detik-detik ketika Dayana selesai menjalani operasi, kemudian latihan berjalan dengan dibantu perawat usai operasi, latihan berjalan sendiri hingga akhirnya Dayana bisa berjalan sendiri dengan lancar.

VIDEO Samsung Galaxy A32 Hands-On Indonesia

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article