home ×
Telco

Profil Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom

20 June 2020 By
Profil Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom
Share
Share
Share

Fajrin Rasyid. (Dok. Bukalapak)

Uzone.id - Salah satu pendiri Bukalapak, Fajrin Rasyid bakal menjabat sebagai Direktur Digital Business Telkom menggantikan Faizal R. Djoemadi. Hal ini ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Telkom pada Jumat, 19 Juni 2020.

Dia memperoleh gelar sarjana di bidang Teknologi Informasi (Summa Cum Laude) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2008. Fajrin mendirikan Bukalapak pada Januari 2010, bersama dengan Ahmad Zaky dan Nugroho Herucahyono. Mereka bertiga adalah teman semasa kuliah di ITB.

Di Bukalapak, Fajrin menjabat sebagai Co-Founder dan President. Sebelumnya, Fajrin bekerja sebagai konsultan di Boston Consulting Group (BCG) dengan pengalaman luas di berbagai industri besar, termasuk layanan public, layanan keuangan, teknologi informasi, otomotif, ritel, dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Baca juga: Jadi Direktur Telkom, Fajrin Rasyid: Saatnya Membantu Indonesia Lebih Maju Lagi

Berdasarkan data dari Bukalapak, Fajrin juga bergabung dengan The Stanford-Endeavour Innovation and Growth Program dari Stanford University pada 2019. Ia pun terlibat dalam program Scaling Entrepreneurial Ventures dari Harvard University pada 2018.

Kesuksesan Fajrin Rasyid, Ahmad Zaky, dan Nugroho Herucahyono terlihat dari Bukalapak yang lahir sebagai sebagai sebuah pasar daring (online marketplace) telah berhasil menjadi perusahaan teknologi unicorn Indonesia.

Bukalapak menjadi tempat bagi lebih dari lima juta UMKM di seluruh Indonesia, 2,5 juta toko kelontong dan agen individual menggantungkan harapan hidupnya. Bukalapak juga dipercaya saat ini oleh lebih dari 70 juta pengguna aktif, lebih dari 5 juta pelapak dan lebih dari 2 juta warung serta agen di seluruh Indonesia.

Pada 2019, Fajrin Rasyid menerim Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia atas baktinya pada bangsa.

Baca juga: Bukalapak Pastikan Fajrin Rasyid Akan Lepas Jabatan Presiden

Terkait penujukkan Fajrin Rasyid sebagai Direktur Digital Business Telkom sesuai penetapan dalam RUPS Tahun Buku 2019, Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020, ia menyatakan jika ia mensyukuri kepercayaan baru yang didapatkan. Dia mengaku berterima kasih atas amanah baru yang diberikan.

"10 tahun ini bersama Bukalapak, kami telah bersama-sama menginspirasi anak-anak muda Indonesia untuk terus bermimpi, berkarya, dan bekerja keras. Sekarang saatnya saya membantu Indonesia lebih maju lagi, dengan fokus untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia, bersama Telkom, Tbk. Saya berharap, pengalaman saya membesarkan bisnis startup hingga menjadi besar seperti sekarang, dapat membawa kontribusi untuk mengembangkan Telkom.” kata Fajrin, dalam keterangan resminya di blog Bukalapak, Jumat, 19 Juni 2020.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 20 June 2020 | 09:43:45

hebat yah itu bisa jadi direkturnya telkom

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id