icon-category Startup

Program Mentoring Indigo Hadirkan Inovasi Baru untuk Startup

  • 22 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Unsplash

    Uzone.id – Indigo, penyelenggara program inkubasi dan akselerasi startup yang dipayungi Telkom Indonesia, selama ini berkomitmen dalam pengembangan digital talent Tanah Air. Salah satunya melalui program Indigo Mentoring.

    Demi menghadirkan rangkaian program lebih signifikan terhadap perkembangan startup binaannya, pada 2022 ini Indigo memfasilitasi mentoring untuk memperbarui metode yang selama ini digunakan dalam program inkubasi dan akselerasi.

    Para startup yang sudah resmi bergabung di Indigo akan dievaluasi terlebih dahulu untuk dipetakan kembali tentang kebutuhannya masing-masing. Setelah itu, mereka baru akan dipasangkan dengan mentor-mentor berkualitas yang dapat membantu menjawab kebutuhan tersebut.

    Sebagai perbandingan, metode mentoring yang sebelumnya diterapkan adalah startup langsung mengikuti berbagai kelas agar mereka dapat langsung dibantu dalam proses pengembangan produk.

    Baca juga: 'Indigo Unlock', Program Startup dari Indigo untuk Validasi Produk

    Dengan inovasi mentoring baru ini, pihak Indigo berharap pemetaan tersebut akan dapat membuat para startup lebih fokus dan terarah sehingga dampak yang ingin dibawa lebih signifikan.

    Tak hanya itu, inovasi baru dari mentoring ini sudah termasuk pembekalan ragam materi yang akan diberikan kepada para startup setiap bulannya oleh mentor-mentor secara online. Materi ini akan disampaikan dalam dua format, yakni Live Town Hall dan 1-on-1 mentoring.

    Dalam kegiatan Live Town Hall, semua startup akan mendapatkan satu materi yang dibawakan oleh satu mentor ahli. Setelah itu, nanti akan dilanjutkan dengan 1-on-1 mentoring yang dibantu oleh dua mentor lain.

    Bisa dibilang, kegiatan 1-on-1 mentoring akan terbagi menjadi tiga sesi untuk mendampingi dua hingga tiga startup di setiap sesinya.

    Pemberian materi pun, dibagi ke dalam beberapa macam mentoring.

    Pertama, Fundamental Mentoring yang mencakup hal-hal fundamental seperti model bisnis, penentuan harga, penjualan, periklanan, pemasaran, hingga branding.

    Kedua, Industrial Mentoring yang memberikan materi terkait tren industri saat ini, regulasi yang perlu dipenuhi, hingga pangsa pasar industri vertikalnya.

    Ketiga, Superstar Mentoring yang dibawakan oleh berbagai tokoh terkemuka dari startup unicorn setiap tiga bulan. Superstar Mentor ini akan memberikan berbagai materi yang dapat mengasah jiwa kewirausahaan para founder startup agar lebih tajam dan memperkuat mental di aspek hustling dalam dunia startup.

    Baca juga: Mengenal Indigo Game, Program Inkubasi untuk Startup Game Lokal

    Keempat, ada Technical Mentoring, tahap yang diberikan kepada founder startup dan didampingi dedicated mentor yang akan membantu mencari solusi atas berbagai permasalahan teknis.

    Pendampingan ini diberikan setidaknya selama dua kali dalam satu bulan, sehingga para founder bisa mengkomunikasikan permasalahan pengembangan produk, perencanaan UI/UX, hingga programming issue lebih intensif.

    Kelima, Global Mentoring yang diperuntukan kepada startup yang berada di tahap market validation setiap tiga bulan. Kegiatan yang digelar dalam format 1-on-1 ini diharapkan dapat membantu para founder startup menjawab tantangan revenue scale up.

    Keenam, Pitching Mentoring yang diberikan sebelum demo-day untuk membantu startup dalam mempersiapkan pitch deck menarik, hingga cara menghadirkannya kepada para undangan.

    Seluruh rangkaian kegiatan mentoring ini akan terus dikembangkan kembali agar startup binaan Indigo dapat memberikan impact yang signifikan dan berkontribusi pada ekonomi digital Indonesia.

    Bagi kalian yang tertarik mengulik lebih jauh tentang mentoring Indigo atau program lainnya, cek langsung akun media sosial Indigo seperti Instagram, Facebook, dan LinkedIn ya!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini