home ×
Digilife

Proyek Microsoft Hadirkan Aplikasi Android ke Windows 10

02 December 2020 By
Proyek Microsoft Hadirkan Aplikasi Android ke Windows 10
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Microsoft sedang mengerjakan solusi perangkat lunak yang akan memungkinkan pengembang aplikasi untuk membawa aplikasi Android ke Windows 10 dengan sedikit atau tanpa perubahan kode dan mengemasnya sebagai MSIX.

Itu juga memungkinkan pengembang untuk mengirimkannya ke Microsoft Store.

Menurut sumber, proyek ini diberi nama kode "Latte" dan proyek ini bisa muncul paling cepat tahun depan.

Sebelumnya, perusahaan telah bermain-main dengan gagasan membawa aplikasi Android ke Windows 10 melalui proyek berkode Astoria. Namun tak pernah terwujud.

Latte bertujuan untuk memberikan produk serupa, dan kemungkinan besar didukung oleh Subsistem Windows untuk Linux (WSL).

Microsoft perlu menyediakan subsistem Androidnya sendiri agar aplikasi Android benar-benar berjalan.

BACA JUGA: Drama Korea "Start-Up": 5 Pelajaran Hidup dan Bisnis Bagi Milenial

Microsoft telah mengumumkan bahwa WSL akan segera mendapatkan dukungan untuk aplikasi GUI Linux, serta akselerasi GPU yang membantu kinerja aplikasi berjalan lewat WSL.

Latte tidak akan menyertakan dukungan untuk Play Service, karena Google tidak mengizinkan Play Service diinstal apa pun selain perangkat Android asli dan Chrome OS.

Artinya, aplikasi yang memerlukan Play Service API perlu diperbarui untuk menghapus dependensi tersebut sebelum bisa dikirimkan di Windows 10.

Saat ini, pengguna bisa menjalankan aplikasi Android di PC mereka lewat streaming aplikasi pakai aplikasi Your Phone yang ada di dalam Windows 10. Namun, fungsi ini terbatas pada beberapa perangkat Samsung dan tidak selalu dapat diandalkan.

Latte akan memungkinkan pengembang aplikasi untuk membawa aplikasi yang belum punya versi Windows.

Microsoft telah menjelaskan dalam beberapa tahun terakhir bahwa mereka tidak lagi menganggap aplikasi Windows asli sebagai yang terpenting dalam hal pengembangan aplikasi di platform.

Microsoft sekarang menyambut banyak platform aplikasi termasuk PWA, UWP, Win32, Linux (melalui WSL) dan menyusul Android.

Dengan asumsi Microsoft tidak membatalkan rencananya dengan Latte, membawa aplikasi Android ke platform akan membuat Windows 10 menjadi OS yang hampir universal dalam hal dukungan aplikasi.

Microsoft berharap bisa umumkan Latte tahun 2021, dan bisa dikirimkan sebagai bagian dari rilis Windows 10 pada musim gugur 2021, seperti dilansir Uzone.id dari Windows Central.

 

VIDEO Hands On Xiaomi Mi 10 Ultra

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article