home ×
Gadget

Q1 2021, Pasar PC Kembali Menggeliat Naik 53 Persen

05 May 2021 By
Q1 2021, Pasar PC Kembali Menggeliat Naik 53 Persen
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Perusahaan analis pasar, Canalys melaporkan adanya peningkatan kembali di pasar PC dunia, termasuk tablet. Bahkan dalam kuartal pertama tahun ini, kenaikan pasar PC diprediksi sampai 53,1 persen, atau tembus 122,1 juta unit.

Dilansir melalui Neowin, Rabu, 5 Mei 2021, Canalys menyebut jika pasar PC tahun ini paling banyak didominasi oleh kategori Chromebooks. Kontribusi Chromebooks diperkirakan mencapai 274,6 persen atau mencapai 39,7 juta unit. Sedangkan di bawahnya ada kategori tablet dengan pangsa pasar 51,7 persen atau 12 juta unit.

Baca juga: Profil Vitalik Buterin, Pencipta Ethereum di Usia 19 Tahun

"Chromebook kini telah menjadi perangkat komputer mainstream. Sedangkan sektor pendidikan masih jadi penyumbang pasar terbesar. HP dan Lenovo mendominasi pasar Chromebook, memungkinkan vendor seperti Acer dan Samsung untuk ikut terjun ke pasar PC dengan melayani permintaan Chromebook secara khusus," ujar analis riset Canalys, Brian Lynch.

Dalam laporan tersebut terlihat jelas jika HP memimpin pasar Chromebook dengan pangsa pasar pengiriman sebesar 36,4 persen. Di posisi kedua ada Lenovo dengan pangsa pasar 25,9 persen. Sedangkan Acer harus puas dengan marketshare 11,9 persen. Selanjutnya ada Samsung dengan 10 persen saja. Dell juga masuk lima besar dengan market share 8,4 persen. Sisanya ada brand lain-lain sebesar 7,3 persen.

Meski ada di posisi ke empat, Samsung diketahui memiliki pertumbuhan per tahun yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain yang ada dalam daftar tersebut.

Dalam pasar tablet, Apple masih memimpin pasar dengan market share sebesar 38,2 persen. Sedangkan Samsung menduduki posisi kedua dengan 20,1 persen. Nama lain adalah Amazon dengan tablet Fire-nya di posisi ke empat sebesar 8,7 persen dan Lenovo punya 9,5 persen pangsa pasar.

Menurut analis, pasar PC biasanya akan tumbuh tinggi saat musim liburan, Namun pandemi yang terus berlanjut membuat semua orang tak peduli kapan harus membeli PC karena perangkat itu mereka butuhkan untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Canalys percaya jika di pasar PC, kategori tablet akan tetap menunjukkan pertumbuhan yang baik dalam beberapa tahun ke depan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article