Gadget

Q2 2021, Xiaomi Pimpin 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia

  • 11 October 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi Foto: Shiwa/Unsplash

    Uzone.id - Pertumbuhan pasar smartphone di Indonesia sempat mengalami penurunan di tahun 2020 akibat adanya pandemi. 

    Di kuartal II tahun 2021 ini, riset IDC menunjukkan adanya pertumbuhan sebesar 49 persen untuk pasar smartphone di Indonesia dibanding dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

    Persaingan di pasar smartphone Indonesia menjadi hal yang menarik untuk diperhatikan. Menurut laporan terbaru dari firma riset IDC, terdapat beberapa vendor yang masuk dalam 5 besar penguasa pasar smartphone Indonesia pada Q2 2021.

    Baca juga: Waspada, Xiaomi! realme Sedikit Lagi Masuk Top 5 Smartphone di Dunia

    Produsen ponsel asal Tiongkok, Xiaomi berada di peringkat teratas. Dilihat dari grafis yang dirilis IDC, Xiaomi berhasil mencatat lebih dari 25 persen pangsa pasar di Indonesia.

    Beberapa ponsel seperti Redmi 9A dan Redmi 9C menjadi jajaran ponsel Xiaomi yang paling populer di Indonesia, catat IDC. 

    Xiaomi pun menjadi pemimpin untuk ponsel kelas menengah dengan harga ponsel berkisar USD200 hingga USD400 (Rp3 jutaan sampai Rp5,7 jutaan).

    Peringkat kedua, diduduki oleh OPPO yang pada kuartal sebelumnya berada di posisi puncak dengan pangsa pasar mendekati 20 persen di Q2 2021. Namun, OPPO masih menjadi pemimpin untuk ponsel kelas bawah di Indonesia, dengan harga kisaran USD100 (Rp1,5 jutaan) hingga USD200 (Rp3 jutaan).

    Peringkat ketiga ada Vivo yang mengalami peningkatan posisi dari periode sebelumnya, Vivo mencatatkan pangsa pasar lebih dari 15 persen dengan 90 persen pengirimannya berasal dari smartphone kelas bawah milik mereka.

    Baca juga: Xiaomi Vendor Smartphone No.2 Terbesar di Dunia, Kalahkan Apple

    Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung mengalami penurunan penjualan di pasar smartphone Indonesia dan berada di posisi keempat dengan pangsa pasar yang sama dengan Vivo. 

    Menurut IDC, kendala pasokan komponen menjadi salah satu alasan dari penurunan penjualan Samsung, terlebih pada Galaxy A Series yang merupakan salah satu ponsel favorit di pasaran.

    Di posisi kelima ada realme yang memiliki persentase pangsa pasar di atas 10 persen. Ponsel-ponsel dari Seri C menjadi andalan realme, begitupun segmen smartphone 5G murah yang dijual mulai dari Rp3 jutaan.

    Dari laporan yang dirilis IDC tersebut, urutan 5 besar vendor smartphone yang menguasai pangsa pasar Indonesia pada Q2 2021 adalah Xiaomi, OPPO, Vivo, Samsung dan realme.