home ×
Digilife

Q2, Samsung Naik ke Peringkat Tiga Penjualan Smartwatch

29 August 2021 By
Q2, Samsung Naik ke Peringkat Tiga Penjualan Smartwatch
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pasar smartwatch mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, menurut laporan terbaru Counterpoint Research, penjualan smartwatch mengalami kenaikan 27 persen di kuartal kedua tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Kenaikan ini disebabkan oleh peningkatan permintaan pada smartwatch terjangkau dengan harga lebih murah dari USD100. Permintaan smartwatch kategori ini mencapai 547 persen dari tahun ke tahun untuk Q2 2021.

Dari laporan tersebut, Samsung berada di peringkat ketiga di belakang Apple dan Huawei. Samsung mengalami peningkatan pengiriman sebesar 43 persen, bahkan melampaui tingkat pertumbuhan rata-ratanya. 

Baca juga: Galaxy Fold3 dan Flip3 Pecahkan Rekor Penjualan Samsung

Peningkatan ini tak lepas dari suksesnya penjualan Galaxy Watch3 dan Galaxy Watch Active2 dibandingkan tahun lalu. 

Garmin melaporkan adanya pertumbuhan 62 persen YoY, mencatat rekor penjualan smartwatch terbanyak selama satu kuartal dalam sejarah penjualan Samsung. 

Smartwatch produksi Samsung banyak diminati oleh para pendaki dan penggemar fitness outdoor karena fitur GPS nya. 

Galaxy Watch Active2 - Samsung Health Monitor & Blood Pressure

Sementara itu, Apple masih menjadi raja dalam pasar perangkat ini dengan pangsa pasar sekitar 28 persen dan pertumbuhan yang cukup stabil. Apple Watch untuk pertama kalinya melampaui angka 100 juta pengguna.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3|Flip3 Dipesan Sampai 800 Ribu Unit, 57 Persen Anak Muda

“AS terus menjadi pasar utama Apple Watch dengan kontribusi lebih dari setengah basis penggunanya, dengan attach rate mendekati 30 persen,” lapor Analis Senior Counterpoint, dilansir dari GSMArena, Jumat, (27/08)

Di saat Apple dan Samsung mengalami kenaikan, Huawei yang berada di posisi kedua justru mengalami penurunan. Hal ini mungkin terjadi karena efek paralel dari bisnis smartphone Huawei yang juga sedang menurun.

Sementara itu, India menjadi negara dengan pertumbuhan pasar smartwatch paling cepat di dunia dari 2 persen menjadi 6 persen, ini tak lepas dari popularitas smartwatch Xiaomi, Realme, Oppo, dan kebangkitan merek lokal India yaitu boAt dan Noise.

VIDEO Jajaran Aplikasi Telemedicine, Berobat Anti Ribet:

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id