icon-category Gadget

Qualcomm Pastikan Prosesor Ngebut Snapdragon 8 Gen 3 Debut Tahun Ini

Qualcomm Pastikan Prosesor Ngebut Snapdragon 8 Gen 3 Debut Tahun Ini

Uzone.id - Kayaknya baru beberapa smartphone saja deh, khususnya di Indonesia yang ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2. Ehh… Qualcomm sudah bersiap untuk merilis seri penerusnya, Snapdragon 8 Gen 3.

Seri yang baru, pastinya punya kekuatan yang lebih powerful. Tapi bukan cuma lebih kencang saja, efisiensi dayanya pun diklaim lebih tinggi dari Snapdragon 8 Gen 2.

Di situs resminya, Qualcomm akan mengumumkan Snapdragon 8 Gen 3 pada acara Snapdragon Summit yang digelar pada 24 sampai 26 Oktober 2023 di Maui, Hawaii.

Memang sih, Qualcomm gak menyebutkan soal Snapdragon 8 Gen 3 ini. Tapi setiap event Snapdragon Summit, perusahaan semikonduktor ini memang selalu mengenalkan seri chipset flagship mereka ke masyarakat dunia.

alt-img

Dikutip dari GSMArena, Snapdragon 8 Gen 3 akan dirancang menggunakan arsitektur N4P 4nm dari TSMC yang lebih efisien dayanya. Konfigurasi CPU-nya benar-benar baru, bukan lagi 1+2+2+3, tapi menjadi 1+5+2. 

SoC (system on chip) tersebut menggunakan 1-core Cortex X4 dengan clock-speed menembus 3,7 GHz, dipasangkan dengan 5-core Cortex A720 dan 2-core Cortex A520. 

Konfigurasi ini menjanjikan performa yang lebih tinggi dari sebelumnya. Apalagi buat gamer, dengan adanya GPU Adreno 750, main game AAA apapun juga bakal lancar jaya. Mungkin sama seperti generasi sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 3 pun membawa dukungan ray tracing.

Dari pembocor ulung di situs Weibo bernama Digital Chat Station, Xiaomi 14 Series, iQOO 12 Series, hingga OnePlus 12 dan Realme GT5 Series mungkin jadi jajaran smartphone pertama yang akan ditenagai Snapdragon 8 Gen 3.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini