icon-category Auto

Ramai-Ramai Ngebahas Bocornya Sosok Avanza-Xenia Terbaru

  • 03 Nov 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id -  Jagat maya diramaikan penampakan sosok Avanza-Xenia terbaru yang sudah terkonfirmasi bakal diluncurkan perdana di dunia pada 10 November 2021.  Netizen pun ramai mengomentari.

    Setidaknya, ada tiga poin menarik yang ramai dibicarakan terkait dengan sosok baru dari Avanza-Xenia yang bukan gak mungkin bakal kembali mendominasi segmen low MPV di Tanah Air dengan sosok barunya ini.

    Pertama dan paling keliatan mata memang, adalah tampangnya. Kalau Veloz yang bocor duluan sebelumnya tampil sangat agresif, Avanza-Xenia lebih kalem namun jelas bikin pangling.

    BACA JUGA: Kawasaki Ninja ZX600 R Jadi Tongkrongan Ahmad Dhani Muda

    Karena setelah belasan tahun, akhirnya Toyota dan Daihatsu serius melakukan rombakan tampang pada low MPV andalan mereka ini. 

    Mata menyipit, grill minimalis dan aliran udara pada bumper yang dibuat besar. Bodi samping dibuat lebih berotot dan bagian belakang yang dirancang untuk gak monoton.

    Intinya, sosok baru Avanza_Xenia ini jelas terlalu mencolok sehinga membuat banyak orang langsung membicarakan—tentu dengan opininya masing-masing.

    Ubahan kedua yang juga ramai dibicarakan adalah soal penggunaan platform baru Daihatsu New Global Arshitecthure (DNGA) yang memungkinkan secara radikal low MPV yang tadinya identik dengan penggerak belakang, berpindah ke sepasang roda depan.

    Kemudian masih dari rumor yang beredar, penggunaan platform dan berpindahnya sistem penggerak tersebut, juga turut dilengkapi dengan sodoran transmisi baru, CVT, bukan lagi 4 speed konvensional.

    Membicarakan sistem penggerak depan (FWD) dan belakang (RWD) untuk low MPV di Indonesia itu ibarat membicarakan antara IOS dan Android. Dua-duanya punya plus minus dan punya fanboy garis keras.

    Namun, yang menggelitik kami terkait langkah Toyota-Daihatsu akhirnya memindahkan sistem penggerak belakang ke depan adalah, apa iya berarti selama ini, penggerak depan lebih efisien dan diterima pasar? yang membuat dua raksasa Jepang ini akhirnya mengikuti maunya pasar.

    Tapi apapun itu, pastinya ubahan di sektor ini terbilang radikal untuk mobil yang sudah berusia belasan tahun di Indonesia dan masih laku dijual sampai sekarang.

    Terakhir adalah usungan ‘gimmick’ fitur barunya, dimana ada rumor kalau Avanza-Xenia akan mengusung fitur canggih kekinian, Toyota Safety Sense (TSS) dan Advance Driver Assistant (ADAS).

    Kalau benar kedua fitur ini dipasang di Avanza dan Xenia terbaru nantinya, menurut kami jelas ini bakal jadi pukulan berat untuk para pesaingnya.

    Yess, sekali lagi, segmen low MPV adalah segmen yang paling keras persaingannya. Dan kali ini Toyota dan Daihatsu seolah gak mau kecolongan lagi dan berusaha keras untuk membangun nilai lebih pada produk kembarnya itu.

    Karena seperti yang sudah jadi rahasia umum, gak hanya Toyota dan Daihatsu saja yang sedang menyiapkan low MPV baru. Mitsubishi dan Suzuki, diduga keras juga sudah menyiapkan model barunya dan hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir di pasaran.

    Hanya tersisa Honda dengan Mobilio-nya yang belum terdeteksi apakah juga akan dihadirkan model terbarunya. 

    Jadi, siapkan budget kalian, karena di akhir tahun ini, segmen low MPV bakal kembali memanas dengan gelontoran produk-produk baru dari para pabrikan raksasa.

    VIDEO Ngegas Toyota GR Yaris:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini