home ×
Digilife

Rangkuman Hal-hal Menarik di Google I/O 2021

22 May 2021 By
Rangkuman Hal-hal Menarik di Google I/O 2021
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Google I/O 2021/dok. Google

Uzone.id -- Setelah satu tahun absen, Google I/O Developer Conference 2021 kembali diselenggarakan pada 18 Mei hingga 20 Mei 2021 secara virtual. Kali ini, Google hadir dengan beberapa pengumuman penting yang menarik perhatian masyarakat dunia.

Google telah mengumumkan OS terbaru Android 12 serta merilis versi beta dari Android 12 yang sudah bisa dinikmati beberapa jenis ponsel tertentu. Google juga mengumumkan kerjasama mereka dengan Samsung dalam perangkat smartwatch dan perangkat wearable lainnya.

Selain itu, masih ada beberapa pengumuman lain yang juga tak kalah menarik. Berikut beberapa pengumuman yang dibagikan Google pada acara Google I/O tahun 2021.

‘Smart Canvas’, apa itu?
Google mengumumkan “Smart Canvas”, sebuah inisiatif baru untuk software workspace office yang akan mempermudah pekerjaan antar produk. Fitur ini mencakup fitur Smart Chip di mana pengguna bisa menautkan pada aplikasi Workspace lainnya dan dapat memulai video call langsung lewat Google Doc, Sheet, atau Slide.

Baca juga: Mau Kalahkan Apple, Google-Samsung 'Kawinkan' Android dan Tizen

Project Starline, Model 3D Real-Time
Google mendemonstrasikan Project Starline dengan kamera resolusi tinggi dan depth sensor untuk membuat model 3D real-time dari seseorang yang 'duduk' berhadapan untuk menciptakan kembali suasana pertemuan tatap muka.

Kamera lebih akurat dan animasi pada Google Photo
Google sedang mengerjakan peningkatan pada produk kamera serta gambar untuk menciptakan hasil yang lebih akurat sehingga mampu menangkap warna kulit yang lebih akurat dalam gambar. Google Photo juga akan menghadirkan “Cinematic Moment” yang impresif untuk membuat gambar bergerak lewat dua foto yang digabungkan.

Menyimpan foto pada folder terkunci
Google Photos menambahkan fitur untuk menyimpan foto pada folder yang dilindungi kata sandi. Foto-foto ini takkan muncul ketika membuka aplikasi. Fitur ini pertama kali muncul di Google Pixel dan akan hadir di Android di tahun ini.

Baca juga: Google Umumkan Android 12, Ini Fitur-fitur Barunya

Google Maps dengan fitur Live View
Google membuat beberapa perubahan pada Google Maps, termasuk meluncurkan fitur baru untuk alat augmented reality Live View. Google juga menambahkan fitur untuk agar peta lebih informatif, seperti menampilkan berbagai restoran pada waktu yang berbeda, menunjukkan landmark lokal dan menunjukkan seberapa sibuk suatu daerah.

Kunci mobil digital
Google membuat ponsel Pixel dan Samsung Galaxy berfungsi sebagai kunci mobil digital menggunakan Android 12. Fitur tersebut mendukung UWB dan NFC, BMW adalah satu-satunya produsen mobil yang dikonfirmasi untuk mendukung kunci mobil digital Android sejauh ini.

Tool kesehatan terbaru
Google mengumumkan alat kesehatan baru yang diperkirakan akan diluncurkan tahun ini, alat ini dapat mengambil foto area kulit yang bermasalah dan menjawab pertanyaan tentang jenis kulit dan masalah yang dialami, ini dapat membantu pengguna mengidentifikasi kondisi kulit dengan lebih baik.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id