icon-category Auto

Rasanya Libur Lebaran Pakai Campervan, No Hotel No Problem!

  • 04 May 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id -  No hotel no problem. Kesimpulan tersebut bisa kami dapatkan setelah beneran mencoba liburan lebaran tanpa mengandalkan hotel sama sekali. Padahal, perjalanan yang kami gak dekat, yakni dari Jakarta ke Lampung.

    Memang pandemi belum berakhir, meski sudah dianggap mulai membaik. Namun, pandemi juga yang mengajarkan banyak hal baru pada kita, termasuk dalam urusan liburan lebaran. 

    Rasa penasaran kami bagaimana rasanya melakukan trip menggunakan Campervan dan bahkan kami benar-benar memutuskan untuk gak menyewa hotel, yang artinya beneran tidur di mobil.

    Sebuah Hiace lansiran tahun 2017 yang kami pilih untuk menjadi andalan kami selama perjalanan yang memakan waktu 3 hari 2 malam. 

    BACA JUGA: Tinggalkan Motor saat Mudik, Ini 6 Tips Aman dari Karat Hingga Kebakaran

    Di pasaran mobil bekas, kalau kalian beneran niat mau membeli Hiace untuk dijadikan Campervan, tahun 2017 banderolnya rata-rata Rp300 jutaan.

    Selain bodi bongsornya yang bisa menampung sampai 16 orang, secara kenyamanan dan redaman suspensinya terbilang baik. Apalagi Hiace menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Kijang Innova.

    Sebuah mesin diesel berkode 2KD-FTV ini sudah mengadopsi teknologi common-rail. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 102 Hp dan torsi 265 Nm, berpadu dengan transmisi manual 5 speed.

    Lalu bagaimana ketika mobil yang identik dengan mobil travel ini di modifikasi menjadi Campervan?

    Nah, unit yang kami gunakan ini tergolong lengkap dan punya kabin yang mewah. Beneran kayak hotel berjalan.

    Pada bagian eksteriornya tidak ada ubahan dan masih seperti Hiace standar lainnya. Bedanya, pada bagian atas, sudah dilengkapi Roof Tent dengan kapasitas 2-3 orang.

    Terlipat rapih, portable sekali, mudah di buka dan pastinya gak membuat tinggi mobil jadi berlebihan. Kami masih bisa melewati hampir semua pintu tol.

    Karena sudah di modifikasi jadi Campervan, leganya ruang kabin Hiace jadi berasa banget dan bisa dioptimalkan untuk mengembangkan ruang kabin yang hommy.

    Pertama, tersedia karpet yang cukup tebal dan punya tekstur yang nyaman ketika diinjak tanpa alas kaki. Jadi sayang, kalau masuk ke mobil ini menggunakan sendal atau sepatu, mending nyeker aja deh!

    Kapasitas duduk bisa 6-8 orang. Namun, jok tersebut punya beberapa konfigurasi yang bisa diseting sesuai kebutuhan dan bahkan bisa menjadi tempat tidur yang nyaman untuk 2-3 orang.

    Pokoknya urusan kenyamanan saat duduk dan tidur sudah terobati dengan sodoran jok multifungsi di dalam kabin Hiace ini.

    Tapi namanya Campervan, kurang lengkap kalau gak ada fasilitas lain yang setidaknya bisa menyamai sebuah hotel. Jadi apapun aktifitas kita di dalam kabin, bisa terakomodasi dengan baik.

    Storage misalnya, tersedia banyak sekali dan besar-besar. Jadi semua barang bawaan kita bisa dimasukkan ke dalam, tentunya bikin lebih rapih. Bahkan, sebuah genset portable pun tersedia untuk asupan listrik saat mobil berhenti.

    BACA JUGA: Mobil Ditinggal Lama Mudik, Simak 8 Tips Biar Tetap 'Kinclong'

    Kemudian ada wastafel dan toilet portable dan sebuah awning lengkap dengan sepasang kursi portable, yang bisa di gelar kapanpun dimanapun ketika kita mau beristirahat, asal jangan di tengah jalan raya ya.

    Sebagai penunjang hiburan, gak lupa tersedia juga monitor besar yang bisa mirrorring dengan bawaan headunit mobil, lengkap dengan microphone dan pastinya koneksi Wi-fi. Kurang apalagi coba?

    Dan ketika kalian berhenti di satu destinasi misalnya, seperti kami di pantai, mesin mobil gak harus menyala untuk sekedar menghidupkan AC dan juga menyuplai listrik.

    Karena ada dua opsi Hiace ini mendapat suplai listrik selain dari aki, yakni dari colokan yang tersedia di fasilitas setempat atau menggunakan genset.

    Rasanya saat berjalan juga cukup nyaman karena redaman suspensi Hiace yang empuk. Pun begitu dengan peredaman kabinnya yang cukup baik meminimalisir suara mesin diesel yang biasanya berisik.

    Rasanya, liburan menggunakan Campervan ini benar-benar jadi sensasi baru buat kami dan mungkin juga kalian. No hotel no problem..

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini