icon-category Gadget

Rasanya Ngecas Super Singkat di Realme GT5 240W

Uzone.id - Teknologi fast charging pada smartphone makin ‘menggila’ saja. Sudah lumrah lah ya, smartphone yang daya ngecasnya di atas 60W keluaran. Tapi sekarang ada smartphone yang mengusung fast charging 240W, Realme GT5 buktinya.

Beberapa dari kalian mungkin bakal bertanya-tanya, seberapa singkat ngecas di Realme GT5? Atau seberapa besar adaptor charger-nya? Atau aman atau tidak ngecas dengan daya sebesar itu?

Tim Uzone.id punya jawabannya. Kebetulan, kami dikirimkan Realme GT5 oleh Realme Indonesia untuk diuji. Bukan-bukan, ponsel ini gak bakal masuk Indonesia, tapi kami tetap diizinkan untuk melakukan serangkaian pengujian pakai ponsel flagship ini.

Seberapa cepat ngecas Realme GT5?

Saat kami menggunakan ponsel ini, fokus kami bukan buru-buru ingin benchmark ponsel ini, lantaran ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, tapi nyobain langsung sensasi ngecas singkat pakai adaptor 240W.

Kami sudah terbiasa dengan fast charging di atas 60W, kebanyakan dari Xiaomi, Oppo dan Vivo. Pakai Samsung apalagi, harus sabar-sabar mentok di 45W saja. Tapi ini? Beneran di luar nalar.

Mengisi baterai berkapasitas 4.600 mAh sekitar 50 persen, cuma butuh beberapa menit saja. Untuk full charge? Gak sampai 15 menit, Realme GT5 sudah bisa kalian gunakan dengan kondisi baterai penuh 100 persen.

Kecepatan ngecasnya tak full 240W hingga penuh. Dari pantauan tim Uzone.id, kecepatannya bakal menurun ketika kapasitas baterai mencapai 85 persen.

Seberapa besar adaptor 240W?

alt-img

Lantaran mengusung daya yang besar, ukuran adaptor charger Realme GT5 punya form factor yang mirip-mirip dengan adaptor dari ultrabook. Besar buat sebuah smartphone, tapi masih enak lah buat dibawa kemana-mana.

Namun, karena ini unit keluaran China, maka soketnya berbentuk pipih, bukan bulat seperti di Indonesia. Adapun untuk power yang disemburkan oleh charger ini adalah 20V/12A atau 240W.

Untungnya, walau ukurannya besar, charger ini gak cuma untuk ngecas smartphone saja. Berkat dukungan Power Delivery 3.0, charger 240W Realme GT5 juga kompatibel untuk ngecas tablet atau laptop yang mendukung teknologi serupa.

Aman?

Gak sekadar cepat saja, tapi juga aman dan gak bikin baterai cepat ngedrop. Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memperpanjang usia baterai, juga mencegah ponsel mengalami overcharge.

Misal, Optimized Charging di bagian Battery Health. Fitur ini akan ‘mempelajari’ kebiasaan pengguna saat memakai ponselnya, termasuk ketika ngecas ponsel mereka.

alt-img

Dari situ, sistem akan secara otomatis membatasi kapasitas baterai hingga 80 persen ketika misalnya pengguna ngecas ponsel di malam hari untuk mencegah overcharge

Proses charging akan dilanjutkan sampai 100 persen saat sistem memprediksi pengguna telah bangun tidur atau saat mereka menggunakan smartphone-nya. 

Biar saat ngecas, ponsel tak mengalami overheat juga, Realme GT5 sudah mengusung sistem pendingin berupa vapor chamber seluas 20.827mm².

alt-img

Fitur lainnya, ada Smart Rapid Charging yang akan meningkatkan kecepatan charging sesuai aplikasi atau kegiatan yang dilakukan pengguna. Pengguna bisa mengatur aplikasi melalui Manage Apps. 

Namun, Realme sudah mengingatkan kalau fitur ini mungkin membuat ponsel sedikit hangat, tapi tidak sampai overheat.  Sejauh pengujian kami, ngecas Realme GT5 dengan fitur Smart Rapid Charging yang aktif, suhu ponsel masih normal di bawah 38 derajat Celcius.

Spesifikasi Realme GT5

Realme GT5 adalah smartphone flagship yang baru meluncur resmi di China. Ada dua varian yang tersedia, dibedakan dari kecepatan fast charging-nya, yaitu 150W dan 240W. 

Untuk model 150W, dibanderol mulai CNY3.000 atau setara dengan Rp6,5 jutaan, sementara untuk Realme GT5 240W dijual CNY3.800 atau Rp8,2 jutaan.

Untuk spesifikasinya, Realme GT5 membawa layar AMOLED seluas 6,74 inci dengan resolusi 2,7K. Layar ini sudah mendukung refresh rate 144Hz, memberikan sensasi scrolling atau gaming yang begitu mulus.

Apalagi, ponsel ini ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 yang ngebut. Ditambah, RAM LPDDR5X dengan kapasitas sampai 24 GB dan ruang penyimpanan UFS 4.0 sebesar 1 TB. 

Buat kamera, ada lensa utama 50 MP dengan sensor Sony IMX890 yang sudah mendukung optical image stabilization (OIS). Kemudian ada kamera makro 2 MP dan kamera ultrawide 8 MP. Sementara di depan, tersedia kamera 16 MP.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini