home ×
Startup

Rayakan HUT RI Ke-76, Lima Barang ini Laku Keras di Tokopedia

19 August 2021 By
Rayakan HUT RI Ke-76, Lima Barang ini Laku Keras di Tokopedia
Share
Share
Share
Share

Uzone.id – Tahun ini menjadi kali kedua rakyat Indonesia merayakan HUT RI dalam masa pandemi. Berbagai kegiatan seru dan pesta rakyat terpaksa ditiadakan dan diganti dengan acara-acara virtual.

Meski begitu, hal tersebut tak menyurutkan semangat rakyat Indonesia dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI dengan cara mereka sendiri. Terbukti beberapa barang terjual laris manis di e-commerce seperti Tokopedia.

Baca juga: Hampir 3,8 Juta UMKM Bergabung di Tokopedia Selama Pandemi

Tokopedia kali ini membocorkan tren transaksi selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021. Berikut beberapa barang yang banyak dibeli konsumen menjelang hari kemerdekaan:

Bendera Merah Putih

Meski tak bisa dirayakan bersama-sama, tapi bukan berarti rakyat Indonesia tidak bisa merayakan hari kemerdekaan di rumah masing-masing. Menurut Tokopedia, transaksi bendera merah putih dan dekorasi 17an meningkat 2x lipat.

“Masing-masing meningkat lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, Rabu (18/08).

Kaos Bergambar Indonesia

Penjualan kaos dengan desain nasionalisme meningkat hampir 3 kali lipat pada saat menjelang peringatan kemerdekaan.

Kerupuk

Tidak biasa rasanya jika 17an tidak dirayakan dengan perlombaan seperti lomba makan kerupuk, balap karung dan lainnya. Perlombaan tersebut menjadi alternatif keluarga di rumah untuk merayakan 17an.

Baca juga: Riset UMKM: Tokopedia Berikan Omzet Penjualan Terbesar

Tercatat jumlah transaksi kerupuk meningkat lebih dari 2,5 lipat menjelang puncak 17 Agustus 2021 dibandingkan tahun lalu.

Tumpeng

Nasi tumpeng juga menjadi incaran masyarakat menjelang HUT RI. Menurut data internal Tokopedia, transaksi nasi tumpeng naik hingga 2x lipat dibandingkan tahun lalu.

Jajanan Lokal

Ekhel mengatakan melalui Tokopedia Nyam, camilan lokal seperti pisang goreng madu, bakmi, cokelat serta kacang menjadi beberapa camilan favorit masyarakat menjelang hari kemerdekaan.

tokopedia-ilustrasi-kantor-logo

Meningkatnya transaksi di Tokopedia terus mendorong pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi, apalagi lebih dari 11 juta penjual yang tergabung di Tokopedia saat ini hampir 100 persen merupakan UMKM lokal dan penopang signifikan pendapatan negara, tutup Ekhel.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id