icon-category Gadget

Redmi A1 jadi Ponsel 4G dengan TKDN Tertinggi di Indonesia

Uzone.id - Xiaomi begitu membanggakan Redmi A1 yang baru diluncurkan di Indonesia. Bukan karena harga ritelnya yang murah saja, Redmi A1 juga menjadi smartphone dengan spesifikasi 4G LTE yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tertinggi di Indonesia.

Redmi A1 memiliki persentase TKDN sebesar 40,3 persen. Persentase tersebut didapatkan berkat aspek manufaktur, pengembangan produk untuk software secara lokal dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal.

Adapun aspek manufaktur yang dilakukan adalah penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, dan penambahan proses SMT untuk perakitan PCB.

Tingginya nilai TKDN dari Redmi A1 diapresiasi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Ia mengatakan, “Pencapaian TKDN yang tertinggi ini merupakan perwujudan komitmen yang sejalan dengan kebijakan kami dan roadmap pendalaman struktur yang telah ditetapkan Kemenperin bagi para pelaku industri seluler.”

“Ke depannya kami berharap agar para pelaku industri juga mulai menerapkan aspek riset dan pengembangan yang dilakukan di Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga: Realme 10 Debut November, Indonesia Kapan?

Spesifikasi Redmi A1 di Indonesia

Redmi A1 merupakan smartphone dengan sistem operasi Android 12 (Go Edition), wajar kalau harga ritelnya cuma Rp1 jutaan saja. Manish Dang selaku Direktur Xiaomi Technology Indonesia mengatakan, smartphone ini memberikan akses bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses teknologi yang dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka.

“Xiaomi meyakini bahwa semua masyarakat di dunia berhak menikmati inovasi teknologi,” katanya.

Redmi A1 mengusung layar berjenis IPS LCD berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+. Xiaomi merancangnya dengan desain kekinian, seperti layar memanjang dengan aspek rasio 20:9 dan dilengkapi dengan notch atau poni di bagian atasnya. 

Poni tersebut menjadi tempat bagi kamera selfie 5MP. Di belakang, ada sepasang kamera yang ditempatkan pada bingkai berukuran besar, yakni 8MP kamera utama dan 0,08MP atau QVGA sebagai kamera sekundernya.

Soal dapur pacu, Redmi A1 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio A22, prosesor 12nm dengan clock-speed 2 GHz. Kemudian dipadukan dengan RAM 2 GB atau 3 GB berjenis LPDDR4X yang bisa ditambah hingga 2 GB melalui RAM Expansion.

Baca juga: FOTO: Realme C33, Smartphone Murah Kameranya Mewah

Fitur ini menggunakan sebagian kecil penyimpanan internal berjenis eMMC 5.1 sebesar 32 GB. Gak usah khawatir kekurangan kapasitas penyimpanan internal, karena memorinya bisa ditambah dengan microSD hingga 1 TB.

Redmi A1 ditopang oleh baterai berkapasitas besar 5.000 mAh, sudah tergolong jumbo. Namun sayangnya, pengguna tak bisa mengisi dayanya dengan lebih cepat, lantaran tak dibekali dukungan fast charging.

Di Indonesia, Redmi A1 dijual dengan harga Rp1.149.000 untuk model 2/32 GB dan Rp1.249.000 untuk tipe 3/32 GB. Smartphone ini akan dijual perdana pada 4 November mendatang secara online dan offline.

Di online, Redmi A1 dipasarkan di Mi.com, Xiaomi Official Store di Tokopedia, Shopee, JD.ID, Blibli dan Akulaku. Sementara offline, konsumen bisa mendapatkan Xiaomi Store, Xiaomi Shop dan Erafone.

Khusus bagi pengguna Redmi 6A, Redmi 7A, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi 9A dan Redmi 10A, mereka dapat membeli Redmi A1 dengan harga Rp999.000 melalui situs Mi.com.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini