icon-category Digilife

Reels dan Stiker Add Yours Jadi Primadona Gen Z Indonesia

  • 06 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Instagram Stories (Georgia de Lotz/Unsplash)

Uzone.id - Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang populer di kalangan Gen Z atau remaja berusia 18 hingga 24 tahun. Apalagi fitur-fitur yang dirilis oleh Instagram saat ini cukup relevan dan mendukung aktivitas Gen Z untuk eksis di ruang digital.

Sebut saja Reels dan Stories yang memiliki ragam fitur yang sangat diminati para remaja-remaja kalangan Gen Z. 

Popularitas video pendek masih terus meningkat di kalangan remaja. Instagram Reels yang sudah dirilis semenjak 2020 lalu masih tetap jadi favorit dengan pengguna Gen Z di Indonesia mencapai 73 persen.

“Gen Z berusia 13-24 tahun melihat Facebook dan Instagram sebagai platform untuk menonton konten hiburan sambil tetap terhubung dengan orang lain melalui DM dan komentar,” ujar Revie Sylviana, Director, Creator Partnerships APAC, Selasa, (06/12).

Foto: Konferensi Pers #MetaID2023 dan Peluncuran Gen Z Trend Report 2022 (Vina/Uzone.id)

Revie menambahkan bahwa mereka bahwa pengguna di kalangan Gen Z ini mencoba terhubung dengan sirkel mereka, baik itu keluarga maupun teman dengan cara saling berbagi konten, salah satunya lewat DM.

Baca juga: Pertarungan 16 Besar, Ini Cara Cek Top Scorer Piala Dunia 2022

Instagram Stories juga masih disukai para generasi Z karena bisa menjalin hubungan yang bermakna bersama orang-orang yang penting dari mereka.

Terlebih sekarang Instagram Stories memiliki berbagai fitur seperti stiker, GIF, dan lainnya. Salah satu fitur yang paling disukai anak remaja Indonesia adalah stiker Add Yours.

Semenjak stiker ini dirilis, Gen Z banyak menggunakan Add Yours yang memiliki topik relate dengan keseharian mereka. 

Add Yours yang paling digemari oleh mereka adalah stiker ‘Dump Bulanan’, contohnya November Dump, Desember Dump dan lainnya. 

Instagram menemukan bahwa 1 dari 8 Gen Z di Indonesia menjadikan Dump sebagai tren favorit mereka.

Selanjutnya, ada Add Yours ‘Apapun Ketika Kamu Mahasiswa’ yang juga menjadi tren yang banyak diikuti oleh pengguna muda Instagram. 

Sekolah atau kuliah online selama 2 tahun membuat kenangan saat di bangku sekolah atau kuliah menjadi konten favorit Gen Z. Add Yours ketiga adalah konten random seperti ‘Video/Foto Screenshot Random dari Galeri’.

Baca juga: Cegah Bullying di Medsos, Instagram Luncurkan 3 Fitur Keamanan Baru

Revie mengatakan kalau konten-konten random ini banyak diminati karena lebih gampang untuk dibagikan, cepat dan juga otentik.

Gen Z di Indonesia juga turut menggemari fitur Avatar yang dihadirkan Instagram sebagai karakter digital yang bisa dipersonalisasi. 65 persen gen Z di Indonesia juga mengharapkan lebih banyak fitur realitas virtual di Instagram.

Selanjutnya, Gen Z juga banyak menjadikan influencer atau konten kreator sebagai inspirasi mereka. Ada 4 topik yang paling banyak dicari dan diikuti oleh Gen Z yaitu komedi, fashion, makanan dan juga gaya hidup sehat.

Gen Z di Indonesia juga mengajak orang lain untuk aware dengan isu-isu sosial. Mereka percaya kalau mereka bisa mengubah dunia menjadi lebih baik dengan mengatasi kesenjangan sosial.

Isu sosial yang banyak diangkat oleh anak-anak generasi Z di Indonesia adalah isu lingkungan, otentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas dan juga kesehatan mental.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini