home ×
Gadget

Refresh Rate Pada Ponsel, Apakah Penting?

06 April 2021 By
Refresh Rate Pada Ponsel, Apakah Penting?
Share
Share
Share
Share

Foto: Uzone.id

Uzone.id - Apabila kalian harus memilih: apakah kalian akan memilih layar smartphone yang dapat menampilkan hal dengan lebih tajam, atau lebih mulus?

Pertanyaan ini mungkin banyak beredar akibat perilisan banyak smartphone dengan refresh rate yang lebih tinggi, seperti Samsung Galaxy F12 dan M12 dengan refresh rate 90Hz, namun dengan resolusi layar 720p saja. Resolusi layar tersebut sama seperti Galaxy Nexus yang rilis di tahun 2011.

Baca juga: Bocoroan Spesifikasi Vivo Nex 5

Refresh rate mengacu pada seberapa cepat sebuah ponsel akan menampilkan sesuatu di layar yang diukur dengan satuan Hertz (Hz). Sebagai contoh, layar dengan 60Hz berarti akan menampilkan refresh sebanyak 60 kali dalam satu detik. Hal ini berlaku juga dengan ukuran 90Hz dan 120Hz.

Apabila dibandingkan dengan iPhone, jumlah piksel yang dihadirkan ponsel tersebut ternilai sedikit. Sejak iPhone 4 rilis saja pada tahun 2010, setiap handset Apple telah menawarkan setidaknya 326 piksel per inci (PPI). PPI merujuk pada kepadatan piksel yang ada di layar perangkat kalian.

Apabila semakin tinggi maka kalian tidak dapat melihat piksel secara individu dengan mata telanjang (atau sering disebut sebagai Retina Display).

Namun Apple tidak terlalu menawarkan iPhone dengan refresh rate yang lebih tinggi, berbeda dengan ponsel keluaran merk lain yang mengutamakan fitur.

Baca juga: Vivo Dirikan Pusat Riset Baru, Konsisten Kembangkan Teknologi Fotografi

Semakin tinggi refresh rate maka penggunaan dan tampilan layar di ponsel terasa jauh lebih halus. Apabila kalian sering bermain game, tentu game akan terlihat lebih lancar walau akan menggunakan daya baterai yang lebih tinggi.

Sekarang sudah banyak pilihan ponsel dengan harga bersaing namun memiliki kemampuan yang tidak kalah seperti seri flagship, contohnya OnePlus Nord N10 5G, Samsung Galaxy F12 dan M12, hingga Moto G50.

Mengenai penting atau tidaknya, tentu saja semua kembali ke opini masing-masing. Banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah ponsel karena kontras, warna gamut, temperatur warna, dan resolusi layar memiliki porsi yang sama besarnya dalam mempengaruhi kualitas layar ponsel kalian.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id