icon-category Telco

Reminder! TV Analog di Jabodetabek Akan Dimatikan Besok

  • 01 Nov 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Ming De Dong Huang (donghoangminhde)/Unsplash

Uzone.id - Peralihan TV Analog ke TV Digital atau Analog Switch Off untuk 222 wilayah di Indonesia akan dilaksanakan esok hari, Rabu, (02/11).

Wilayah-wilayah tersebut antara lain kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi serta 222 wilayah lainnya yang tidak disebutkan secara detail oleh Kemenkominfo.

Dalam konferensi pers terkait perkembangan ASO, Senin lalu (24/10), Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa pengalihan dari TV Digital ke TV Analog atau Analog Switch Off di Jabodetabek dan 222 daerah akan dilakukan pada 2 November 2022.

Baca juga: Kiamat TV Analog Harus Terlaksana, Apa Sih Manfaatnya?

”Untuk wilayah-wilayah lainnya, 292 wilayah kabupaten dan kota, akan kami lakukan secara bertahap,” terang Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.

Sementara itu, Menko Polhukam, Mahfud MD mengatakan kalau peralihan dari analog ke digital (ASO) akan dilaksanakan pada bulan November dan akan dimulai secara bertahap. Karena masih ada beberapa hal yang harus disiapkan secara bertahap.

Salah satu yang belum siap adalah penyaluran set top box oleh pemerintah dan swasta baru yang masih harus disempurnakan. Sedangkan infrastruktur multiplex sudah siap dan tersedia.

Baca juga: Kominfo Janji ASO Jabodetabek Tidak Akan Mundur Lagi

Untuk pendistribusian set top box di daerah Jabodetabek, ada sebanyak 359.617 set top box dari pemerintah dan 112.484 set top box dari pihak swasta dengan persentase 76 dari pemerintah dan 24 dari swasta. 

“Saat ini sudah dilakukan pembagian set top box ke 479 ribu keluarga yang dikategorikan miskin. Distribusi ini mencapai 98,44 persen dengan rasio pemerintah menyiapkan sebanyak 359.617 set top box dan 112.484 dari penyelenggara multiplex,” jelas Johnny.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini