Digilife

15 Startup Terpilih Siap Mengikuti Startup Studio Indonesia Batch 3

  • 27 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi Foto: Startup

    Uzone.id - Kemenkominfo telah mengumumkan 15 Startup terpilih pada program inkubasi dan akselerasi Startup Studio Batch ke-3 yang akan dimulai pada bulan September hingga Desember 2021.

    15 Startup terpilih ini berhasil melalui berbagai tahapan seleksi ketat yang diikuti 5.723 lebih startup pendaftar dari seluruh wilayah di Indonesia. 

    15 Startup tersebut adalah AturKuliner, AyoBlajar, Bicarakan, Bolu, Eateroo, Finku, FishLog, Gajiku, Imajin, Keyta, KreatifHub, Powerbrain, Sgara, Soul Parking, dan Zi.Care.

    Baca juga: Kominfo Buka Gerakan Nasional 1000 Startup 2021

    Italo Gani, Managing Director Partner Impactto.io mengungkapkan jumlah pendaftar startup yang mengikuti SSI Batch ketiga ini meningkat hampir lima kali lipat dibanding batch sebelumnya. 

    Startup-startup yang bersaing di Batch ketiga ini diakui Italo Gani sudah lebih bervariasi, contohnya mulai dari startup peternakan, manufacturing, power management dan lainnya. Tak hanya dari sisi jumlah, dari sisi kualitas pun ikut meningkat.

    Hal ini menunjukkan adanya pertumbuhan startup yang cukup pesat di Indonesia dimana dalam satu dekade terakhir, Indonesia menjadi salah satu kekuatan terbesar dalam pengembangan teknologi dan startup digital di Asia Tenggara.

    Pagelaran SSI Batch Ketiga ini merupakan komitmen dari Kemenkominfo sebagai bentuk dukungan untuk mempercepat transformasi digital. 

    “Kominfo senantiasa berfokus menghadirkan program yang dapat mempercepat transformasi digital. Melalui program digital technopreneur dari Ditjen Aptika, kehadiran startup di Indonesia merupakan salah satu komitmen lanjutan dari Kominfo untuk bahu membahu dan berkolaborasi dalam menghadapi tantangan ekonomi digital Indonesia,” kata Direktur Aptika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers, Senin, (27/09/2021).

    BACA JUGA: Demi PON XX, Pemerintah Bangun Kabel Laut Kedalaman 4 Km di Papua

    Program ini bertujuan untuk memajukan ekosistem startup Indonesia melalui penyediaan fasilitas akses bagi startup dalam mengembangkan bisnisnya. 

    “Pelaksanaan SSI Batch Ketiga ini kian menekankan semangat kolaborasi antar pelaku startup untuk bersama-sama membangun ekosistem ekonomi digital yang tangguh melalui transfer pengetahuan, pembangunan karakter dan kompetisi startup berdaya saing tinggi,” tambah Samuel.

    Bonifasius Wahyu Pudjianto M.Eng, Direktur Pemberdayaan Informatika mengatakan tujuan dari pemerintah dalam mendukung industri startup di Indonesia adalah untuk membangun startup yang lebih massive dan mendorong talenta-talenta yang kuat dan menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

    Dengan adanya program SSI Batch Ketiga ini, Kemenkominfo juga berharap dapat mencetak 150 startup digital hingga tahun 2024 dan di tahun 2025 ekonomi digital dan dunia startup berpotensi meningkat 3x lipat dari situasi saat ini.