home ×
Gadget

Resmi! Samsung Buat Sensor Kamera Ponsel dengan Resolusi Tertinggi di Dunia: 200MP

03 September 2021 By
Resmi! Samsung Buat Sensor Kamera Ponsel dengan Resolusi Tertinggi di Dunia: 200MP
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Eno/Uzone.id)

Uzone.id - Isocell HP1 adalah sensor kamera terbaru dengan teknologi super milik Samsung yang memiliki sensor 200 megapiksel. Tertinggi di kelas kamera ponsel saat ini.

Dengan resolusi 200 megapiksel dari sensor kamera Isocell HP1 itu, Jika kalian menyimpan gambar dari itu pada resolusi penuh, kalian akan mendapatkan kualitas  gambar 16.384 × 12.288.

Sekadar informasi ya, angka megapiksel itu bukan menjadi satu-satunya menghasilkan foto atau gambar tajam—  karena piksel yang lebih besar dengan sensor yang lebih besar menangkap lebih banyak cahaya.

Baca juga: Samsung Rilis Exynos 2100

Samsung mencoba untuk menghadirkan kedua basis itu dengan pixel binning, yang menggabungkan beberapa piksel menjadi piksel yang lebih besar untuk situasi cahaya rendah.

Seperti dikutip Uzone.id dari Ars Technica, Jumat (3/9), untuk tetap muat di smartphone berarti ukuran pixelnya harus sangat kecil, Samsung membuatnya menjadi 0.64μm saja.

HP1 memiliki teknologi pixel-binning yang disebut "ChameleonCell," yang memungkinkan sensor bin pada 2 × 2 atau 4 × 4, tergantung pada jumlah cahaya.

Dengan tetra cell 2x2, sensor menjadi 50MP untuk mengambil video 8K tanpa perlu crop atau resize. Untuk foto low-light, sensor menjadi 12.5MP dengan binning 4x4.

 Baca juga: Penampakan Warna Warni Galaxy S21


Sensor berukuran super Samsung yang saat ini tengah beredar di pasaran adalah GN2, yang muncul di Xiaomi Mi 11 Ultra.

GN2 ‘hanya’ menawarkan sensorkamera  50MP, tetapi dengan binning quad-pixel, itu akan mencapai ukuran piksel 2,8 m. Intinya, GN2 adalah sensor keseluruhan yang lebih besar dengan piksel yang lebih besar, jadi di atas kertas, seharusnya masih mampu memotret dengan lebih baik.

Samsung mengatakan bahwa sensor kamera Isocell Hp1 akan segera dirilis untuk vendor ponsel Android. Sebagai langkah awal mungkin flagship premium.


VIDEO REVIEW SAMSUNG GALAXY Z FLIP3:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id