icon-category Digilife

Resolusi Tahun Baru: Tips Biar Gak Boros Layanan Streaming

  • 02 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Nicolas J Leclercq/Unsplash

Uzone.id – Tahun baru pastinya ada goals atau resolusi baru yang sudah direncanakan. Bagi beberapa orang, goals untuk mengurangi budget layanan streaming mungkin masuk dalam daftar resolusi tahun 2023.

Ya bagaimana pun, memang susah untuk tidak menghabiskan uang untuk Netflix, Disney Plus dkk, apalagi tahun baru biasanya banyak series yang ditunggu-tunggu.

Bahkan, beberapa layanan sudah mengumumkan proyek series atau film besar mereka sepanjang tahun agar pengguna tak minggat dari platform mereka.

Tapi tenang saja, bagi kalian yang punya resolusi untuk menghemat uang apalagi mengurangi budget di layanan streaming, kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Subscribe secara bergantian

Tak setiap saat layanan streaming merilis tayangan baru, kalian bisa menghemat keuangan kalian dengan cara berlangganan bergilir dengan melihat jadwal tayang yang sudah di-share platform streaming.

Dalam satu bulan, kalian bisa berlangganan di satu platform saja sesuai dengan tayangan yang ingin kalian tonton.

Atau kalian bisa ‘menabung’ episode agar bisa ditonton dalam satu periode waktu. Caranya, cari tahu jumlah total episode dan tunggu hingga semuanya tersedia sekaligus di platform.

Baca juga: MAXstream Rilis Teaser ‘Skaya and The Big Boss’, Siap Ramaikan 2023

Sambil menunggu, kalian bisa membatalkan langganan dan diaktifkan kembali ketika ingin menonton.

Dengan ini, kalian hanya perlu membayar langganan untuk waktu satu bulan atau bahkan kurang, tak perlu 12 bulan full hanya untuk menonton satu episode saja.

Walaupun kekurangannya, kalian akan rawan mendapat spoiler dan ketinggalan hype, tapi setidaknya resolusi untuk menghemat uang dari layanan streaming akan tercapai.

2. Batalkan langganan sebelum dikenakan biaya selanjutnya

Bagi kalian yang pelupa dengan tanggal akhir langganan mungkin pernah mengalami hal ini, di saat ingin berniat berhenti langganan, tiba-tiba saldo terpotong karena waktu berlangganan sudah tiba dan kalian lupa menonaktifkannya.

Maka dari itu, tetapkan pengingat kalender untuk siklus penagihan dan jadwal acara TV atau tanggal rilis film yang akan datang. Beri alarm yang cukup untuk memulai atau mengakhiri langganan.

Kalian bisa memanfaatkan Google Calendar, Alarm, atau asisten suara untuk mengingatkan kalian.

3. Jangan sia-siakan promo dan paket bundle

Cara menghemat selanjutnya adalah terus memantau promo yang biasanya disediakan oleh layanan streaming, atau kalian bisa menggunakan free trial di beberapa layanan untuk menonton secara gratis bagi pengguna baru.

Selain itu, paket bundle seperti Disney Bundle juga bisa menjadi alternatif untuk menonton di berbagai platform dengan harga yang lebih murah. Pelanggan Hulu juga bisa mendapat akses ke Disney Plus dengan harga lebih murah apabila memenuhi syarat.


Baca juga: Kaleidoskop 2022: Drama Google Dkk Diblokir, Bjorka hingga Piala Dunia

Operator seluler juga biasanya menghadirkan paket bundle dengan harga lebih murah, lho. Seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat dan lainnya menghadirkan paket bundle dengan platform streaming lokal maupun non lokal.

4. Gunakan satu atau dua layanan primer

Cukup sulit sebenarnya untuk menentukan layanan primer kalian disaat semua layanan menghadirkan tayangan yang worth to watch.

Namun, demi menghemat uang dan memenuhi resolusi di tahun 2023, kalian harus meyakinkan diri dan mengeliminasi layanan streaming yang tidak terlalu kalian gunakan sepanjang  tahun.

Opsi lainnya, kalian bisa menggunakan langganan bulanan untuk layanan streaming yang tidak digunakan full 12 bulan. 

Dengan ini, kalian tak perlu membayar langganan tahunan untuk semua layanan, alih-alih cukup membayar satu atau dua bulan saja ketika ingin marathon di layanan yang tidak terlalu sering di buka.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini