home ×
Digilife

Reverse Google Image, Fungsi dan Cara Memanfaatkannya

29 March 2021 By
Reverse Google Image, Fungsi dan Cara Memanfaatkannya
Share
Share
Share
Share

UZone.Id – Foto terkadang memiliki banyak kegunaan di internet. Penipu dapat mencuri foto yang anda publikasikan di media sosial dan menggunakannya sebagai identitas palsu di internet.

Seorang provokator juga dapat memasukkan foto dari sebuah berita menjadi sebuah lelucon, dan membuat kebingungan seputar berita.

Fenomena ini dapat menjadi sulit untuk dibedakan dan dideteksi tanpa keahlian atau alat khusus. Alat yang dapat mempermudah hal ini adalah Reverse Google Image.

Penggunaan mesin pencarian ini dapat membantu anda mendeteksi penipuan, mencari informasi, dan mencari tahu apabila foto anda disalahgunakan.

Berikut beberapa cara menggunakan pencarian Google Reverse Image:

Buka Google Image di Safari, Firefox, atau Chrome anda. Opsi 1: Klik gambar dan tekan, kemudian tarik gambar tersebut ke halaman Google Images yang anda buka di jendela browser lainnya.

Opsi 2: Screenshot (tangkap layar) gambar yang ingin anda cari dan unggah filenya ke kolom pencarian Google Images.

Opsi 3: Klik kanan gambar anda lalu tekan opsi Buka Gambar di Jendela lain atau Open Image in another window. Salin link yang disediakan kemudian tempel pada kolom pencarian Google Images.

Opsi 4: Apabila anda menggunakan Chrome, klik kanan gambar dan pilih Search Google for image.

Jadi, seberapa penting sih sampai harus repot-repot menggunakan fitur pencarian Google Reverse Image?

Pertama, anda dapat menggunakan pencarian ini untuk menghindari penipuan. Penipu bisa saja menggunakan foto orang lain dan berpura-pura menjadi orang tersebut saat menghubungi anda.

Kasus lain adalah ketika anda sedang ingin membeli suatu produk dari internet, anda dapat mengetahui apakah foto barang tersebut pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya.

Kedua, anda dapat melihat apabila orang lain menggunakan foto anda tanpa izin. Orang lain bisa saja mengklaim foto anda sebagai miliknya pribadi dan meraih keuntungan dari klaim tersebut. Tentu saja anda tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan?

Terakhir, anda dapat mengetahui sebuah fakta yang sebenarnya melalui pencarian Google Reverse Image.

Teman anda mungkin membagikan sebuah foto yang dibubuhi oleh narasi yang terdengar tidak masuk akal, dari foto tersebut anda bisa berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mendapatkan fakta yang sebenarnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article