icon-category Gadget

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop Murah yang Bisa Diandalkan

Bagikan :

Uzone.id - Stigma yang melekat pada sebuah laptop murah umumnya berkaitan dengan tampilan yang sederhana serta performa yang rendah. Cap ini mungkin melekat juga pada laptop murah buatan merek lokal, Axioo Hype 5 AMD yang dibanderol dengan harga Rp4,9 jutaan saja.

Harus diakui, saat kami menerima laptop ini untuk diulas lebih lanjut, dua kesan tersebut juga sempat kami lekatkan pada Axioo Hype 5 AMD. Namun, ketika ‘nekat’ menggunakannya sebagai perangkat harian, penilaian tersebut harus dikesampingkan. 

Penasaran bagaimana rasanya pakai Axioo Hype 5 AMD yang harganya kurang dari Rp5 juta ini? Berikut review lengkapnya, Uzoners!

Wajar, bodinya terbuat dari plastik

alt-img

Axioo Hype 5 AMD mengusung desain yang minimalis, bodinya pun terbuat dari plastik sepenuhnya. Sederhana banget tampilan laptop ini, area yang berkilaunya saja hanya logo Axioo ‘X’ di sudut kanan atas pada penampang belakang layar. 

Kualitas plastiknya biasa saja. Di bagian penampang keyboard memang agak tebal, namun lain hal pada penampang belakang layar yang lumayan agak tipis. 

Ada dua opsi warna dari laptop ini, Navy Blue seperti unit yang kami review dan Grey. Keduanya gak bisa dikatakan mewah, tapi juga tak terlihat murahan, standar-standar saja bisa dibilang.

Ada beberapa hal yang kami suka dan tidak pada desain Axioo Hype 5 AMD. Kelebihan terlebih dahulu, laptop ini terbilang ringkas dengan ketebalan 19,4 mm dan bobot 1,4 kg saja. Mudah membawanya kemana-mana, mau kerja mobile di mana saja gak akan merepotkan kalian.

alt-img

Kemudian, warnanya dibikin matte, jadi sidik jari gak mudah menempel pada bodi. Kalaupun ada noda-noda minyak yang menempel, mudah juga untuk membersihkannya. 

Kemudian, engsel laptop ini dapat dibuka sampai 180 derajat. Fitur yang jarang banget ada di laptop harga Rp4 jutaan. Berkat fitur ini, kalian bisa sharing materi presentasi dengan orang lain secara mudah.

alt-img

Kurangnya juga ada beberapa. Pertama, tombol Power yang amat-sangat tidak responsif untuk menyalakan laptop. Tombolnya cenderung mendelep, keras untuk ditekan. 

alt-img

Kemudian, engsel laptop yang tak luwes. Agak mustahil membuka laptop ini dengan satu tangan, perlu menahan bagian keyboard untuk membuka layar laptop sepenuhnya. Tapi secara overall, kami apresiasi langkah Axioo telah merancang laptop yang cukup oke di harga Rp4 jutaan.

Ketersediaan port yang lengkap

alt-img

Pilihan port laptop ini terbilang lengkap di kisaran harganya. Di sisi kiri, ada port DC untuk pengisian daya laptop, kemudian USB-A 3.0, HDMI, sampai USB-C. Menariknya, port USB-C juga bisa dipakai ngecas asalkan pakai adaptor charger dengan teknologi power delivery.

Di kanan, ada slot microSD, dua port USB-C, dan Kensington lock. Untuk laptop harga Rp4,9 jutaan, Axioo Hype 5 AMD menawarkan ketersediaan port yang sangat lengkap.

Laptop ini menawarkan fleksibilitas kepada pengguna. Untuk ngecas saja, gak perlu bawa banyak-banyak adaptor charger, cukup bawa adaptor smartphone dengan power delivery saja untuk mengisi daya laptop ini.

Dan lagi, kehadiran slot microSD serta tiga port USB-A, membuat laptop ini lebih praktis untuk urusan transfer data.

Keyboard plastik yang nyaman buat ngetik

alt-img

Gak nyangka, keyboard laptop semurah Axioo Hype 5 AMD ternyata enak juga buat ngetik. Anggapan ‘don't judge a book by its cover’ sangat relevan pada laptop satu ini.

Kentara banget tampilan keyboard plastik dari Axioo Hype 5 AMD. Ukurannya sih besar dengan jarak antar tombol yang pas. Saat ngetik, barulah terasa kenyamanan tombol laptop ini.

Tombolnya empuk, ngetik minim typo juga lantaran jarak antar keycaps yang pas, serta tersedia backlit dengan kecerahan yang dapat diatur sesuai kebutuhan. 

Kenyamanan ini jadi nilai tambah dari Axioo Hype 5 AMD, mengingat harganya yang murah. Kalau ada kelebihan, pasti ada kekurangannya. Dan letak minus pada keyboard ini ada pada touchpad yang terkesan murahan.

Tekstur plastiknya berasa banget. Respon sentuhannya cukup cepat, tapi kalai ditekan agak keras dan kurang nyaman.

Layar IPS sudah Full HD

alt-img

Layar IPS pada laptop harga Rp4,9 jutaan, menurut kami sebuah fitur yang ‘agak mewah’. Biasanya, laptop di rentang harga segini mengusung panel TN dengan sudut pandang dan kualitas warna yang lebih rendah dari IPS.

Belum lagi, layar IPS pada laptop ini berukuran 14 inci dengan rasio 16:9 yang terasa wide. Resolusi layarnya sudah Full HD atau 1920 x 1080 piksel dengan refresh rate standar 60Hz.

Bagaimanapun, ini adalah laptop murah. Pasti banyak yang dikorting untuk menekan harganya. Bicara warna, cukup hambar rasanya dan kurang akurat. Tingkat kecerahan layarnya standar, agak kurang maksimal saat dipakai di luar ruangan.

Performa standar, baterai tahan 6 jam+

alt-img

Axioo Hype 5 sebenarnya ditenagai dua jenis prosesor. Model termahal ditenagai Intel Core i5-1035G5 dan versi Axioo Hype 5 yang kami review ditenagai AMD Ryzen 5-5500U dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon RX Vega 7.

Performanya dipadukan dengan RAM 8 GB DDR4 3200 MHz. Kalau kalian mau, RAM Axioo Hype 5 AMD bisa ditambah sampai 64 GB. Sementara memori penyimpanannya sudah SSD M.2 NVMe PCIe Gen 3 sebesar 256 GB.

Agak kurang memang kapasitas penyimpanannya. Tapi lagi-lagi, Axioo memberikan kebebasan kepada pengguna untuk meng-upgrade memori laptopnya, tapi kami sarankan untuk mengunjungi service center resmi untuk melakukannya.

Bicara performa, Axioo Hype 5 AMD masih bisa diandalkan untuk menunjang pekerjaan harian. Mau ngetik atau membuka file dokumen, kalian bisa memanfaatkan aplikasi LibreOffice yang sudah terpasang langsung di sistem. 

Membuka beberapa tab di Microsoft Edge, sambil mendengarkan lagu dengan Spotify, dan editing foto, masih bisa di-handle oleh laptop ini. Ada dua kekurangan yang kami alami dari laptop ini, pertama waktu booting yang lumayan lama, cenderung melelahkan menunggu proses booting laptop ini.

alt-img

Kedua, daya tahan baterai yang tidak impresif. Dari pengujian kami untuk pemakaian normal, baterainya sanggup bertahan selama 6 jam 13 menit saja dengan baterai tersisa 15 persen.

alt-img

Sementara pengujian via aplikasi benchmark, kami mengetesnya via aplikasi 3DMark dan PCMark. Berikut rinciannya:

- PCMark10: 4.707 poin

- PCMark 10 Extended: 2.882 poin

- 3DMark fire Strike: 2.080 poin

- 3DMark Time Spy: 855 poin

alt-img

Kesimpulan

alt-img

Laptop murah, tapi gak murahan. Dengan harga Rp4,9 jutaan, Axioo Hype 5 AMD menawarkan sederet kelebihan.

Dari desain, laptop ini enteng dibawa kemanapun. Keyboard-nya pun empuk dengan jarak tombol yang pas. Engselnya juga memungkinkan kami membuka laptop hingga 180 derajat, memudahkan untuk presentasi ke rekan kerja atau orang lain dengan mudah.

Layar IPS Full HD dengan rasio 16:9 juga jadi kelebihan dari Axioo Hype 5 AMD, kualitasnya lebih baik dari TN baik dari sudut pandang sampai kualitas warnanya. 

Yang kami apresiasi, ketersediaan port laptop ini yang super lengkap. Tiga port USB-A, ada USB-C, bahkan slot microSD juga ada di Axioo Hype 5 AMD. 

Performanya untuk kerja harian menurut kami gak ada kendala. AMD Ryzen 5-5500U memberikan kinerja yang oke, membuka banyak tab pada browser sampai beralih antar aplikasi, laptop ini tak mengalami lag.

alt-img

Namanya juga laptop murah, gak mungkin kalau gak ada kekurangan, dan ini juga banyak kami temui pada Axioo Hype 5 AMD. Sebut saja engsel laptop yang tak mudah dibuka dengan satu tangan, hingga tombol Power yang keras dan tak responsif saat ditekan, menjadi kekurangan yang sering kami rasakan.

Touchpad-nya juga terkesan murah. Belum lagi intensitas cahaya layar yang tak maksimal, membuat laptop ini kurang kerasan saat digunakan di luar ruangan.

Dan, kemampuan baterai Axioo Hype 5 AMD yang tidak terlalu impresif. Kerja mobile pakai laptop ini harus selalu bawa adaptor charger, lumayan draining ketika kami bekerja intens.

Tapi lagi-lagi, untuk laptop harga Rp4,9 jutaan, Axioo Hype 5 AMD menjadi laptop yang menarik untuk dibeli. Laptop ini pas digunakan oleh siswa-siswi atau mahasiswa untuk belajar dan ngerjain tugas. Buat pekerja kantoran, Axioo Hype 5 AMD juga cocok berkat kemampuannya yang bisa diandalkan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini