icon-category Gadget

Review Baterai Samsung Galaxy M33 5G: Tangguh, Tapi Ngecasnya Ribet

Samsung Galaxy M33 5G (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Ketika Samsung memperkenalkan Galaxy M33 5G di Indonesia, smartphone ini diklaim punya kelebihan pada sektor baterai yang tangguh dan bisa bertahan hingga seharian penuh. Tapi, benarkah demikian?

Baterai memang menjadi salah satu keunggulan yang dijanjikan oleh smartphone ini, secara Galaxy M Series sendiri memang dikenal memiliki daya tahan baterai tangguh.

Smartphone ini ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh. Teknologi fast charging 25W sudah didukung oleh ponsel tersebut, walau Samsung sudah tak menyertakan adaptornya dalam paket penjualan.

Untuk membuktikan daya tahan baterai Samsung Galaxy M33 5G, kami telah melakukan beberapa pengujian sekaligus menjajal kecepatan charging 25W yang diusung oleh ponsel ini. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A73 5G

Daya Tahan Baterai

Beberapa tes kami lakukan untuk menguji ketangguhan baterai Samsung Galaxy M33 5G, seperti menggunakan aplikasi PCMark versi terbaru, memutar video YouTube tanpa henti, hingga bermain game sampai baterainya habis.

Percobaan pertama kami lakukan dengan fitur Work 2.0 Battery Life di aplikasi PCMark. Fitur ini menjalankan beberapa simulasi, seperti video conference, presentasi, multitasking, editing, dan sebagainya.

Dari tes yang kami coba, baterai Samsung Galaxy M33 5G mencatatkan screen on time (SoT) selama 12 jam 33 menit dengan sisa baterai 19%. Raihan yang tidak terlalu impresif, karena ponsel sekelasnya dengan kapasitas baterai yang sama bisa memperoleh SoT lebih dari 15 jam.

Uji coba dengan aplikasi PCMark

Baca juga: Fitur Kamera Andalan di Samsung Galaxy A73 5G

Uji coba selanjutnya dengan memutar video Full HD di YouTube sampai baterai benar-benar habis. Dibutuhkan waktu hingga 16 jam 6 menit pemutaran video YouTube hingga baterai ponsel mencapai 0%. Adapun untuk layar, kami atur pada intensitas cahaya 50%.

Pengujian daya tahan baterai yang terakhir, kami bermain game hingga baterai mencapai 5%. Game yang kami mainkan adalah Marvel Future Revolution dengan grafis Recommended dan intensitas cahaya layar 50%.

Smartphone ini bisa bertahan hingga 12 jam 55 menit. Raihan yang lumayan baik, melihat game yang kami mainkan tergolong game AAA di Android yang mengusung grafis yang cukup berat dan kompleks.

Test Charging

Samsung Galaxy M33 5G sudah dibekali dengan teknologi fast charging 25W. Sayangnya, Samsung meniadakan adaptor charger dalam paket penjualan.

Bagi pengguna yang sebelumnya memakai ponsel Samsung dengan fitur fast charging serupa, sebenarnya tak ada masalah. Mereka tinggal memakai charger yang sama untuk mengisi baterai Galaxy M33 5G.

Fitur fast charging-nya juga terhitung lumayan cepat. Dari 5% sampai 100% cuma membutuhkan waktu 1 jam 21 menit dengan kondisi ponsel menyala dan terhubung ke jaringan WiFi.

Tapi bagi pengguna non-Samsung, masalah Anda bermula di sini. Fitur fast charging 25W tidak akan aktif saat memakai charger yang bukan bawaan atau tidak memiliki sertifikasi khusus dari Samsung.

Pengisian baterai begitu lama dan menghabiskan banyak waktu. Terhitung, perlu kira-kira 2 jam lebih untuk mengisi ulang baterai sampai 100%.

Baca juga: Isi Boks Samsung Galaxy M33 5G

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G masuk ke segmen ponsel menengah di rentang harga Rp 3 juta sampai 4 jutaan. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 3,9 jutaan untuk model 6/128 GB dan Rp 4,1 jutaan untuk varian tertinggi 8/128 GB.

Ponsel 5G terbaru dari Samsung itu hadir dengan layar TFT LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate layarnya sudah 120Hz sehingga cocok dipakai bermain game.

Galaxy M33 5G ditenagai oleh prosesor terbaru Exynos 1280 buatan Samsung. Prosesor tersebut dirancang dengan arsitektur 5nm dan memiliki kecepatan maksimal hingga 2,4 GHz.

Berpindah ke bagian kamera, smartphone harga Rp 4 jutaan itu mengusung konfigurasi kamera utama dengan sensor 50MP, kamera ultrawide 8MP, dan sepasang kamera 2MP untuk depth dan makro. Sementara di depan, hadir kamera selfie 8MP.

Untuk fitur tambahan lainnya, Galaxy M33 5G ini sudah didukung dengan NFC, pemindai sidik jari di samping, dan juga audio Dolby Atmos. Smartphone ini hadir dalam 3 warna pilihan, yaitu Blue, Green dan Brown.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini