icon-category Gadget

Review Infinix Hot 20s: Cuma Rp2 Jutaan, Bisa Main Game dan Nonton Seharian

  • 09 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Infinix Hot 20s varian Tempo Blue (dok. Vina/Uzone.id)

Uzone.id - Kalau kalian sedang mencari smartphone yang awet baterai dan juga RAM yang besar, smartphone ini bisa jadi pilihan kalian. Dengan harga Rp2 jutaan, Infinix Hot 20s sudah memberikan apa yang dibutuhkan para pengguna saat ini.

Mulai dari baterai yang awet hingga berhari-hari, RAM luas yang bikin kinerja smooth, prosesor yang pas buat aktivitas berat seperti main game, layar yang cukup luas dan kamera yang cukup oke apalagi saat malam hari.

Kali ini, kami berkesempatan untuk menggunakan smartphone ini untuk kegiatan sehari-hari seperti bermain game, nonton YouTube dan foto-foto, dan hasilnya tak terlalu mengecewakan.

Nah, untuk mengetahui review Infinix Hot 20s, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Desain dan layar

First impression kami ketika memegang smartphone ini adalah punya bodi yang cukup besar dan tidak terlalu too much untuk bobotnya. Dimensi bodi Infinix Hot 20s ini adalah  168.7 x 76.8 x 8.5 mm dengan bobot 202 gram.

Walaupun agak kewalahan saat digunakan oleh satu tangan, tapi smartphone ini memiliki material yang ringan dan juga ramping jadi gak gampang bikin pegal.

Untuk desainnya, Infinix Hot 20s memiliki wujud seperti ponsel kekinian lainnya, desain bingkai yang bikin tangan gak licin saat memegang ponsel ini dan finishing glossy biar tetap punya kesan mewah.

Efek garis-garis mengkilap yang ada di belakang bodinya juga makin membuat smartphone ini stylish, warna Tempo Blue pun memberikan kesan cheerful dengan warna biru cerah. 

Yang sangat disayangkan, bodi belakang smartphone ini masih meninggalkan jejak sidik jari. Tapi tenang saja karena Infinix sudah menghadirkan case transparan untuk melindungi smartphone ini. 

Karena smartphone ini menyasar para gamer kasual yang biasanya memerlukan earphone untuk main game, Infinix Hot 20s masih menyediakan port audio jack 3.5mm. Tombol power dan volume berada di sebelah kanan. Untuk speaker, port charger dan USB-C ditumpuk di bagian bawah.

Soal desain kamera, Infinix ikut-ikutan tren smartphone lain dengan tonjolan 2 kamera di belakang yang banyak digunakan ponsel kelas menengah saat ini. 

Baca juga: Kenalin Ponselnya Gamer Mobile Legends Nih, Infinix Hot 20S

Nah, sekarang kita bahas soal layarnya nih, guys

Layar Infinix Hot 20s ini memiliki luas sebesar 6,78 inci dengan panel IPS. Salah satu yang bikin kinerja smartphone ini ciamik walau harganya Rp2 jutaan adalah refresh rate yang sudah 120Hz alias mulus untuk scrolling sana-sini.

Selain nyaman buat main game, layarnya juga sudah mengadopsi resolusi sebesar 1080 x 2460 piksel atau FHD+ untuk kenyamanan saat nonton YouTube atau series di layanan streaming. Untuk kamera depan, Infinix Hot 20s ini punya desain punch hole yang tidak terlalu besar di bagian atas tengah layar.

Layarnya juga tidak memberikan delay saat jari menyentuh atau memindahkan menu dari satu aplikasi ke aplikasi lain, termasuk saat bermain Mobile Legends dan Free Fire dalam waktu yang lama.

Sejauh menggunakan smartphone ini, dengan harga yang cukup terjangkau saya sendiri cukup puas dengan kualitas layar yang dimiliki Infinix Hot 20s, walaupun agak gelap dan tak terlalu cerah jika dibuka di luar ruangan.

Performa dan baterai

Infinix Hot 20s didukung dengan prosesor MediaTek Helio G96 dengan kombinasi RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB dan slot MicroSD hingga 1 TB.

RAM seluas 8 GB ini hadir untuk menunjang aktivitas pengguna sehari-hari, apalagi kalian yang suka main game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire dan lainnya, ponsel ini akan memberikan pengalaman main game yang smooth selama berjam-jam.

Untuk performanya, saya mencoba untuk menjalankan beberapa aktivitas ringan seperti mendengarkan musik, menonton video dan membuka media sosial, hasilnya smartphone ini tidak memiliki kendala apapun alias lancar banget. 

Saya juga masih bisa scrolling dengan lancar walaupun saya sedang men-download beberapa game dan aplikasi di latar belakang.

Saat main Mobile Legends, bodinya tak menimbulkan rasa hangat walaupun sudah dipakai seharian. Tak lupa, layarnya tidak memberikan delay pada gerakan tangan pengguna.

Saat bermain Mobile Legends, saya sama sekali tidak merasakan freeze, patah-patah dan hanya memakai 5 persen ketika 1 match (30 menit) berjalan. Salah satu yang membuat saya betah saat main game adalah kontras yang bisa diatur sesuai keinginan dan juga mode game-nya.

Selanjutnya, agar tidak kebablasan bermain game, ada reminder ‘overplay’ jika bermain hingga batas waktu tertentu.

Untuk baterainya, Infinix Hot 20s ini jadi salah satu smartphone yang punya baterai awet sampai seharian . Saat digunakan untuk nonton YouTube selama 3 jam dengan resolusi tertinggi dan stand by semalaman baterai yang terpakai hanya 15 persen.

Baca juga: Perbandingan Kamera 200 MP, 108 MP, 50 MP & 48 MP, Lebih Bagus Mana?

Selanjutnya, saya masih tetap menggunakan smartphone ini tanpa charging kurang lebih selama 1 hari penuh.

Dengan kapasitas baterai 5.000 mAh dan dukungan FlashCharge 18W, smartphone ini bisa mengisi baterai dalam waktu lebih dari 2,5 jam dari 0 persen hingga 100 persen. Cukup lama, tapi tenang saja karena baterainya bisa awet sampai seharian penuh.

Dalam pengujian PCMark, smartphone ini bisa tahan hingga 13 jam 30 menit. Dengan sisa baterai 20 persen, smartphone ini masih tetap bisa digunakan selama 4 jam lebih pemakaian dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Untuk performanya, smartphone ini mencatat skor 9.636 di PCMark.

Kamera

Salah satu yang menjadi keunggulan smartphone ini adalah kamera utama yang sudah memiliki resolusi 50MP, dan 2MP depth serta 2MP macro. Untuk kamera depannya, smartphone ini dibekali kamera beresolusi 8MP.

Karena smartphone ini menargetkan pengguna yang suka main game, kamera Infinix Hot 20s ini tidak terlalu memuaskan bagi saya yang mengedepankan kualitas kamera di perangkat.

Walau begitu, hasil kameranya cukup tajam dan masih worth it untuk digunakan foto-foto. Kamera makronya juga masih bisa membidik dengan cukup tajam dan blur background-nya bisa disesuaikan.

Satu lagi, yang saya sayangkan adalah di beeberapa kesempatan pencahayaan dari kamera ini terkesan too much dan lebih terang dari real-nya.

Untuk fitur Night Mode yang ada di smartphone ini tetap bisa menangkap cahaya dan detail objek dengan baik, bahkan dengan jelas tetapi sekali lagi, hasil kameranya jadi lebih cerah dan warnanya jadi tidak terlalu mirip aslinya.

Berikut adalah hasil jepretan menggunakan Infinix Hot 20s 




Foto-foto malam hari? No worries.

Bagaimana dengan kamera depannya?

Kesimpulannya… smartphone ini worth it!

Dengan harga Rp2.499.000, Infinix Hot 20s dihadirkan untuk  kalian yang suka bermain game dalam waktu yang sangat lama. Kesimpulan, saya saat menggunakan Infinix Hot 20s adalah smartphone ini worth it dan tidak overprice, apalagi sudah dibekali prosesor MediaTek Helio G69 dan juga baterai awet serta kamera utama 50MP.

Soal performa jangan ditanya, Infinix Hot 20s ini termasuk smartphone yang bisa diajak beraktivitas beragam seharian mulai dari gaming, nonton film, foto-foto di malam hari, mendengarkan musik, dan main media sosial tentunya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini