home ×
Gadget

Review Mi 11 Lite: Desain Unggul, Spesikasi Standar Kelas Menengah

20 July 2021 By
Review Mi 11 Lite: Desain Unggul, Spesikasi Standar Kelas Menengah
Share
Share
Share
Share

Mi 11 Lite. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

Uzone.id - Xiaomi telah resmi meluncurkan Mi 11 Lite ke Indonesia pada pertengahan Juni 2021. Ponsel ini dijual dalam tiga varian memori dan harga:

Mi 11 Lite (6GB+64GB): Rp3,79 juta.
Mi 11 Lite (6GB+128GB): Rp 3,89 juta.
Mi 11 Lite (8GB+128GB): Rp4,9 juta.

Kalau dilihat dari harganya, ponsel ini jelas masuk dalam kelas mid-range, ya. Mi 11 Lite juga pakai prosesor Qualcomm Snapdragon Seri 7, tepatnya Snapdragon 732G. Snapdragon Seri 7 juga banyak dipakai ponsel-ponsel kelas menengah dari merek lain.

Dengan harga di kisaran Rp3 juta sampai Rp5 juta, apakah ponsel ini layak dibeli? Untuk tahu jawabannya, baca tulisan ini sampai selesai, ya.

Bodi tipis dengan desain elegan

Pertama-tama, kita bahas dulu desain ponsel ini. Mi 11 Lite memang memiliki desain yang keren dan elegan. Saat pertama kali menggegam ponsel ini, kalian pasti langsung naksir. Kami kedatangan Mi 11 Lite varian Peach Pink. Warnanya kalem, tidak berlebihan, dan berkilau, sehingga benar-benar memberikan kesan premium.

Baca juga: Wuih, Xiaomi Salip Apple Sebagai Produsen Ponsel Terbesar Kedua di Dunia

Frame yang mengelilingin bodi ponsel ini juga hadir dengan warna senada. Jadi dari segi desain, ini keren.

Bodinya juga tipis dan ringan. Mi 11 Lite ini punya dimensi 160.5 x 75.7 x 6.8 mm dan bobot 157 gram.

Mi 11 Lite. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)

Layar AMOLED

Mi 11 Lite hadir dengan layarnya AMOLED berukuran 6,55 inci. Resolusi layarnya 1080 x 2400 piksel. Di bagian pojok atas layar, Mi 11 Lite mengusung punch hole untuk penempatan kamera selfie.

Soal refresh rate, Mi 11 Lite menghadirkan dua opsi, yaitu 60Hz dan 90Hz. Untuk sensor sidik jari, Mi 11 Lite menghadirkannya di tombol di sisi samping. Tombol ini juga berfungsi sebagai tombol power.

Pakai prosesor yang didesain untuk gaming

Soal performa, Mi 11 Lite didukung Snapdragon 732G. Ini merupakan chipset yang memiliki manufaktur 8nm.

Keterangan G pada Snapdragon 732G juga menunjukkan bahwa chipset ini didesain untuk gaming.

Mi 11 Lite yang ada di tangan kami ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, yaitu RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan konfigurasi ini, Mi 11 Lite dapat bekerja dengan baik untuk bermain game, seperti PUBG Mobile.

Baca juga: Xiaomi Caplok Perusahaan Teknologi Autopilot, Bikin Apaan Nih?

Menariknya, ada pula fitur Game Turbo. Fitur serupa juga sebenarnya sudah di ponsel-ponsel kelas menengah lainya, hanya penamaannya saja yang berbeda, seperti Game Assistant di Mi 11 Lite.

Fitur ini muncul, ketika kami akan bermain game. Sebagai contoh, saat kami masuk ke aplikasi PUBG Mobile, bar Game Turbo langsung muncul. Fitur ini menunjang kalian dalam bermain game, karena ada banyak banget opsi di sini, seperti screenshot, screen recording, dan lainnya.

Kapasitas baterai standar, fast charging juga standar

Mi 11 Lite mengusung kapasitas baterai 4250 mAh dengan fast charging 33W. Kenapa kami bilang standar? Karena ada ponsel mid-range lainnya yang mengusung kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu Oppo Reno5 yang memiliki kapasitas baterai 4310 mAh dengan fast charging 50W.

Balik lagi soal kapasitas baterai Mi 11 Lite, berdasarkan hasil benchmark kami menggunakan PCMark, skor battery life ponsel ini adalah 14 jam 53 menit.

Seperti yang tadi sudah disampaikan, ponsel ini hadir dengan fast charging 33W. Berdasarkan pengalaman kami, butuh waktu hanya sekitar satu jam untuk mengisi baterai dari kosong sampai 100 persen.

Sebagai gambaran soal performa, berikut hasil pengujian kami terhadap Mi 11 Lite menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

(Data Uzone.id)

Fitur kameranya kaya banget

Mi 11 Lite hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari amera belakang 64MP + 8MP + 5MP. Ponsel ini juga memiliki kamera selfie 16MP. Untuk kamera belakangan, ini sebenarnya standar, karena ponsel mid-range lainnya juga mengusung resolusi kamera yang sama.

Sementara itu, resolusi kamera selfie yang 16MP, ini tuh jauh di bawah resolusi kamera selfie di kebanyakan ponsel mid-range. Contohnya, Samsung Galaxy A72 mengusung kamera selfie 32MP. Sementara itu, Oppo Reno5 dan Vivo V20 mengusung kamera selfie yang sama, yakni 44 MP.

Menariknya, Mi 11 Lite juga membawa banyak fitur foto dan video, seperti Night Clone, Dual Video, dan lainnya.

Mi 11 Lite juga menghadirkan fitur ultra steady untuk perekaman video yang lebih stabil.

Sebagai gambaran, berikut hasil foto dan video menggunakan Mi 11 Lite.

Hasil jepretan menggunakan fitur Photo di Mi 11 Lite. (Birgitta Ajeng/Uzone.id)
Hasil jepretan menggunakan fitur Photo Zoom 10x di Mi 11 Lite. (Birgitta Ajeng/Uzone.id)
Hasil foto Macro Mi 11 Lite. (Birgitta Ajeng/Uzone.id)
Hasil foto Portrait Mi 11 Lite. (Birgitta Ajeng/Uzone.id)
Hasil foto Night Mode Mi 11 Lite. (Birgitta Ajeng/Uzone.id)

Kesimpulan

Mi 11 Lite memang unggul dalam hal desain. Dalam acara peluncuran beberapa waktu lalu, Xiaomi juga kerap menekankan bahwa Mi 11 Lite ini adalah ponsel tertipis dan stylist. Untuk desain, Mi 11 Lite memang punya desain yang elegan dan mewah.

Prosesornya juga sudah Snapdragon 732G. Harganya pun lebih ramah dibandingkan ponsel mid-range. Tapi ini pun sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan Mi 11 Lite yang standar-standar aja.

 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article