icon-category Auto

Review Motor Listrik Alva Cervo: Bisa Diandalkan, Tapi Beneran Irit?

  • 02 Apr 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Alva Cervo menjadi produk kedua yang diluncurkan oleh PT Ilectra Motor Group selaku pemegang mereknya. Dengan harga jual yang cukup fantastis mencapai Rp35,7 jutaan, ternyata terdapat beberapa hal yang harus diketahui sebelum membelinya.

Performa fun to ride

Secara performa, Alva Cervo menjadi motor listrik yang dibekali spesifikasi yang sangat mumpuni. Motor listrik ini dibekali penggerak mid drive berkekuatan 9,8 kW dan torsi 53,5 nm yang didukung oleh baterai lithium 73,8 V 24 Ah.

Dengan dua komponen di atas, Alva Cervo bisa melaju hingga kecepatan 103 km/jam dengan jarak tempuh hingga 125 kilometer. Sementara untuk mengisi baterainya membutuhkan waktu hingga 4 jam dari 0-100 persen.

alt-img

Dari segi impresi, Alva Cervo terasa cukup menyenangkan untuk dikendarai sehari-hari. Terlebih tiga mode berkendaranya ditambah dengan mode boost, memberikan semua kebutuhan pengendara di dalam kota.

Mulai dari mode Eco, menariknya di mode ini ternyata masih cukup digunakan meskipun di jalan yang besar. Torsinya yang terbilang masih memumpuni ditambah dengan kecepatannya yang mampu mencapai 70 km/jam, dirasa masih bisa selap-selip di dalam kota.

Di mode ini Alva Cervo juga memiliki regeneratif braking ketika menurunkan kecepatan dengan menggunakan rem. Hal ini terlihat dengan munculnya ikon pengecasan di sebelah indikator baterai pada saat melakukan pengereman.

Sementara pada mode Urban, Alva Cervo mampu memberikan akselerasi yang lebih besar dari mode Eco dengan kecepatan tertingginya mampu mencapai 80 km/jam. Mode ini sangat cocok saat digunakan di dalam kota karena memiliki tenaga instan untuk mendahului kendaraan di depan.

Sementara mode Sport, membuat Alva Cervo bisa melaju hingga 103 km/jam, mode ini sangat bisa diandalkan ketika menemukan jalanan yang kosong sehingga bisa lebih cepat untuk sampai tujuan. Akselerasi pada mode ini juga terasa sangat kuat sehingga cukup mengagetkan bagi pengendara motor listrik pemula.

Hanya saja, pada mode sport sangat menguras daya baterai dari Alva Cervo sehingga tidak cocok jika digunakan untuk jarak yang jauh. Bahkan mode ini sudah tidak bisa digunakan ketika baterai sudah berada di bawah 60 persen.

Untuk jarak tempuhnya, Alva Cervo ternyata tidak bisa sepenuhnya menembus 125 kilometer. Jarak tersebut hanya dapat diraih jika menggunakan mode Eco dengan kecepatan konstan pada 30 km/jam saja.

Sementara jika menggunakan mode Eco namun digunakan lebih dari 30 km/jam, jarak tempuhnya masih dapat menembus 100 kilometer.

Sayangnya untuk mengganti mode berkendara ini, memiliki tombol yang terbilang kurang presisi. Berdasarkan pengalaman kami, sedikit getaran saja, bisa mengubah mode berkendara yang membuat pengendara was-was.

Perihal pengendaliannya, Alva Cervo memiliki kaki-kaki depan yang terbilang cukup empuk. Hanya saja, suspensi belakang terasa cukup keras, sehingga cukup mengganggu kenyamanan ketika melintasi jalan rusak atau speed bump.

Karena kaki belakang yang cukup keras itu, membuat body-body Alva Cervo mengeluarkan bunyi seperti berbenturan.

alt-img

Posisi berkendara santai

Alva Cervo menawarkan posisi berkendara yang cukup santai, hal ini didasari dengan dek yang panjang hingga ke depan sehingga kaki pengendara dapat berselonjor yang bikin nyaman.

Di bagian jok, motor listrik baru ini memiliki sadel yang cukup lebar. Tapi kurangnya, batas antara pengendara ke penumpang cukup sempit. Kalau mengikuti batasan tersebut, posisi pengendara malah lebih dekat ke setang kemudi.

alt-img

Pengecasan yang cukup cepat

Baterai dari Alva Cervo memang 73,8 V 24 Ah atau setara 1,8 kWh, sementara untuk pengisian dayanya memiliki kekuatan 1 kW. Pihak Alva mengklaim membutuhkan waktu 4 jam untuk mengisi penuh kedua baterainya.

Namun saat dicoba untuk pengecasan, terasa cukup cepat untuk mengisi kembali baterai tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi baterai tidak pernah mencapai di bawah 20 persen.

Berdasarkan hasil pengetesan butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengisi dari kondisi 40 persen pada kedua baterainya hingga menjadi 100 persen.

Kesimpulan

Alva Cervo menjadi motor listrik yang dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan bisa dibilang motor listrik ini sudah dapat menggantikan motor bensin mengingat jarak tempuh dan kecepatannya sangat memumpuni.

Bahkan dari segi pengecasan dan biaya pengisian daya yang cukup murah membuat motor ini cukup layak untuk dimiliki.

Hanya saja dari segi kualitas, masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki. Meskipun cukup minor, namun motor listrik yang dijual seharga Rp35,7 jutaan tentunya diharapkan memiliki kualitas yang oke.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini