home ×
Gadget

Review OPPO Reno6: Hasilkan Gambar Mirip Film Hollywood

20 July 2021 By
Review OPPO Reno6: Hasilkan Gambar Mirip Film Hollywood
Share
Share
Share
Share

OPPO Reno6 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - OPPO Reno6 telah resmi dijual di Indonesia mulai 15 Juli 2021 dengan harga Rp5,19 juta. Reno Series ini masih mengandalkan kualitas gambar pada video dan foto.

Dibandingkan dengan Reno5, terdapat fitur baru di Reno6 yakni Bokeh Flare Portrait yang menghasilkan video bokeh dengan gambar sinematik sehingga memungkinkan pengguna membuat gambar bak film Hollywood.

Selain itu, kamera OPPO Reno6 juga punya fitur Portrait Beatification Video dan Bokeh Flare Portrait yang bisa menangkap emosi manusia.

OPPO Reno6 pakai fitur Bokeh Flare Video Portrait (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Ada juga fitur yang saya suka di Reno6 ini bisa foto selfie dalam kondisi gelap gulita.

Banyak juga komentar netizen yang mengatakan kalau Reno6 ini hampir sama dengan Reno5, itu tidak salahnya juga sih.

BACA JUGA: Selebgram Herlin Kanza, Si Barbie Aceh yang Bikin Heboh

Memang, dilihat dari tampilan depan maupun belakang, sepintas mereka memang mirip. Perbedaan yang paling menonjol adalah penempatan lampu blitz, untuk Reno6 posisinya digeser ke atas.

OPPO Reno6 pakai Bokeh Flare Portrait (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

OPPO Reno6 memakai RAM 8GB dan memori internal 128GB dengan pilihan dua warna, yakni Ungu Aurora dan Stellar Black.

Bagian boks dibalut sampul warna toska yang mencirikan anak muda. Ketika dibuka sampulnya, boks diberi warna hitam dengan bahan kertas yang konturnya mirip beludru.

Meskipun Reno6 ini masuk ponsel mid-range atau kelas menengah, namun boksnya mencirikan ponsel flagship.

Di dalam boks Reno6, terdapat earphone, pengisi daya fast charging 50W, dan kabel Type-C. Konsumen juga mendapat bonus softcase dan screen protector.

Chipset

Bicara chipset, tidak ada peningkatan pada OPPO Reno6 dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk pasar Indonesia masih memakai Snapdragon 720G dari Qualcomm.

Kemudian, Reno6 memiliki tebal 7,8 mm dan berat cuma 173 gram. Jadi, lebih bongsor sedikit dibandingkan Reno5.

Bodi Reno6 ini lebih bongsor karena memakai teknik pewarnaan Reno Glow, yakni teknik pewarnaan yang jadi ciri khas oppo untuk membuat efek kilauan pada punggung ponsel agar terlihat lebih halus

Teknik ini juga bisa mencegah timbulnya bekas sidik jari di bodi bagian belakang.

Layar

OPPO Reno6 pakai layar dengan diagonal 6.4 inci AMOLED Display dengan rasio ke bingkai 91,7  persen, dengan Refresh Rate 90Hz, sespon sentuhan hingga 180Hz.

Selain itu, resolusi layarnya 2400 x 1080 FHD+, dan mendapat sSertifikasi SGS Eye Care Display.

Bodi

Di bagian sisi bawah OPPO Reno6 terdapat lubang speaker, lubang colokan Type-C. lubang mikrofon dan jack audio 3.5 mm.

Untuk bagian sisi kanan terdapat tombol power, sisi bagian kiri tombol volume dan card slot.

Masih sama dengan generasi sebelumnya, Reno6 pakai kamera selfie 44MP. Begitu juga empat kamera di bagian belakang pakai konfigurasi kamera utama 64MP, wide angle 8MP, Makro 2MP dan Mono 2MP.

Fitur

Kamera Reno6 terdapat fitur Ultra Steady yang tentunya jadi andalah pembuat konten untuk mengambil gambar bergerak, namun kamera tetap stabil.

fitur ini menggunakan stabilisasi gambar guna mempermudah pengguna menangkap video yang stabil saat merekam gambar saat berjalan, berlari, atau bersepeda.

Sebetulnya, fitur Ultra Steady bukan barang baru karena sudah ada sejak kemunculan Reno2.

Ada juga fitur AI yang bisa dinonaktifkan. Kemudian, terdapat settingan bokeh sesuai keinginan pengguna.

Pada Reno6 ini, kamu juga bisa setting pengambilan gambar video di pilihan 720 piksel, 1080 piksel atau 4K serta pilihan frame rate 60 fps atau 30 fps. Untuk settingan kualitas gambar 4K tidak bisa memakai 60 fps.

Ponsel ini juga punya fitur unik Dual View Video dengan tiga model layout, yaitu 50:50 atau split, round dan rectangle .

Fitur Dual Video (Foto:Tomi Tresnady / Uzone.id)

Baterai

Kemudian, OPPO Reno6 pakai baterai 4310mAh sama dengan Reno5.

Ketika mencoba pengambilan gambar video kualitas tinggi dalam beberapa menit, baterai terlihat agak boros. Selain itu, bodi ponsel juga terasa sedikit panas. Padahal, Reno6 sudah menanamkan fitur pendingin khusus di mesinnya.

Kepala charger 50W sangat membantu ketika kita ingin cepat-cepat menggunakan Reno6. Ponsel ini bisa diisi dari 0 hingga 100 persen dalam waktu sekitar 45 menit.

Kemudian, untuk mengisi baterai dalam waktu 5 menit bisa memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video.

Sistem Operasi

Beberapa sistem operasi yang saya suka di OPPO Reno6 ini ada yang namanya O Relax, yang merupakan sistem operasi bawaannya OPPO.

Kalau kita ingin mendapatkan suasana tenang dan nyaman karena dituntut berada di rumah terus, kita bisa mendengarkan nyanyian  alam melalui O Relax.

Selain itu, Reno6 juga masih terdapat Air Gesture. Saya bisa menggulirkan dari jauh ke atas dan ke bawah pada aplikasi media sosial atau video.

Saya, juga bisa menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh ponsel.

Sselanjutnya ada fitur adaptive sleep di mana kamera depan 44MP Reno6 dilengkapi dengan algoritma penginderaan cerdas AI yang bisa mendeteksi keberadaan pengguna dan memastikan layar tidak akan meredup atau tertidur saat pengguna masih menatap layar.

Ada juga fitur anti-peeping for notifications di mana algoritma penginderaan cerdas berbasis AI secara otomatis mendeteksi jika orang lain mengintip ponsel pengguna.

Saat diaktifkan, konten pemberitahuan berupa pop-up notification akan disembunyikan untuk mencegah orang lain memata-matai layar.

VIDEO: Oppo Reno 6 Andalkan Video Bokeh, Harga Rp5,199 Juta!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id